Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

Tutorial PengenalanBazaar

Bazaar (disingkat menjadi bzr) adalah salah satu aplikasi Version Control System (VCS) seperti halnya Subversion (svn), CVS, dan git. Berbeda dengan Subversion atau CVS yang bersifat terpusat, Bazaar memiliki sifat terdisitribusi seperti halnya git. Karena bersifat terdistribusi, maka tidak diperlukan satu buah server utama yang berisi informasi seluruh revisi yang pernah dilakukan. Seluruh informasi revisi akan selalu ada pada salinan repositori yang dibuat.

Menggunakan Bazaar

Operasi-operasi dasar

  1. Membuat repositori (init)
  2. Menambahkan berkas atau direktori (add)
  3. Menyimpan perubahan pada repositori (commit)
  4. Menyalin sebuah repositori ke repositori lokal (branch)
  5. Mengirim perubahan pada repositori lokal ke repositori lain (push) Operasi tambahan
  6. Membuat tag
  7. Mengecek status berkas
  8. Mengatur nama dan email
  9. Melihat perubahan antar revisi

    Membuat Repositori

    Untuk menggunakan Bazaar, diperlukan adanya repositori kode sumber yang akan menampung seluruh perubahan yang dilakukan. Pembuatan repositori ini dilakukan dengan cara. $ bzr init Perintah tersebut akan membuat repositori pada direktori kerja yang aktif. Repositori dapat dikenali dengan adanya direktori .bzr. Direktori repositori ini berisi informasi bagi seluruh berkas pada direktori dan seluruh sub direktori kerja. Seluruh informasi terdapat dalam satu buah direktori ini dan tidak tersebar di seluruh direktori yang ada seperti halnya pada Subversion. Jika ingin menggunakan fasilitas tagging, tambahkan opsi –dirstate-tags pada saat membuat repositori. $ bzr init –dirstate-tags Dengan mengizinkan pembuatan tag, setiap revisi dapat diberi tanda khusus berupa nama yang mudah diingat. Sehingga tidak hanya berupa nomor revisi saja. Repositori Bazaar yang digunakan untuk menampung berkas-berkas paket untuk BlankOn menggunakan jenis repositori dengan fasilitas tagging seperti ini.

    Menambahkan Berkas

    Berkas maupun direktori yang ada di dalam direktori kerja tidak serta-merta menjadi berkas/direktori yang tercatat dan tersimpan di dalam repositori. Agar berkas/direktori tersebut dapat tersimpan di dalam repositori, maka berkas/ direktori tersebut harus ditandai terlebih dahulu. Untuk menandai berkas/direktori agar dapat disimpan di dalam repositori, dapat digunakan perintah berikut. $ bzr add berkas1 berkas2 direktori1 direktori2 … Pemanggilan perintah di atas hanya bertujuan untuk menandai saja. Tidak bertujuan untuk benar-benar menyimpan berkas ke dalam repositori. Untuk menyimpannya, silakan baca bagian berikutnya.

    Menyimpan Perubahan

    Setiap berkas yang sudah ditandai akan dipantau. Jika berkas tersebut mengalami perubahan, maka perubahan akan disimpan ke dalam repositori. Untuk menyimpan perubahan, gunakan perintah berikut. $ bzr commit Sebuah editor teks akan terbuka dan Anda diberi kesempatan untuk menuliskan catatan perubahan yang Anda lakukan. Tulis catatan dengan baik dan jelas sehingga rekan kerja Anda dapat memahami perubahan yang Anda lakukan. Jika Anda ingin melakukan penyimpanan dan penulisan catatan dalam satu langkah, gunakan perintah berikut. $ bzr commit -m “Catatan perubahan yang terjadi”

    Menyalin Repositori

    Karena Bazaar bersifat terdistribusi, maka setiap operasi penyalinan akan menyalin seluruh repositori yang ada. Hal ini berarti Anda juga akan mendapatkan seluruh informasi revisi yang pernah dilakukan sebelumnya. Untuk menyalin repositori, gunakan perintah berikut. $ bzr branch url://menuju/repositori Contoh: $ bzr branch http://bazaar.launchpad.net/~blankon-pemaket/blankon/blankon- artwork Dengan melakukan perintah di atas, repositori blankon-artwork di launchpad.net akan disalin ke komputer Anda.

    Mengirim Perubahan

    Ada kalanya Anda ingin mengirim perubahan yang telah Anda simpan dalam repositori lokal ke sebuah repositori lain. Sebagai contoh, Anda ingin mengirim perubahan yang Anda lakukan ke repositori Bazaar yang ada di launchpad.net. Untuk melakukan hal tersebut, perintah berikut dapat digunakan. $ bzr push url://menuju/repositori Contoh: $ bzr push bzr+ssh://bazaar.launchpad.net/~blankon-pemaket/blankon/blankon- artwork/

    Membuat Tag

    Jika Anda menggunakan jenis repositori yang mendukung pembuatan tag, maka Anda dapat memberi nama pada setiap revisi yang ada. Perintah untuk melakukan hal tersebut adalah sebagai berikut. $ bzr tag nama-tag Tag yang dibuat akan diberikan kepada revisi terakhir yang ada. Jadi, jika Anda ingin memberi tag pada perubahan yang telah Anda lakukan, pastikan Anda melakukan operasi commit terlebih dahulu.

    Mengecek Status

    Untuk melihat status dari setiap berkas atau direktori yang ada pada direktori kerja, Anda dapat menggunakan perintah berikut. $ bzr status Jika ada berkas atau direktori yang tidak aktual mengikuti revisi terakhir, maka berkas/direktori tersebut akan diberi keterangan status, seperti removed, modified, added, dan unknown. * removed berarti berkas/direktori tersebut tidak ditemukan dalam direktori kerja. Jika Anda melakukan operasi commit, maka berkas/direktori tersebut juga akan dihapus pada revisi terakhir (namun tetap ada pada revisi- revisi sebelumnya) * modified berarti berkas tersebut sudah mengalami perubahan * added berarti berkas/direktori tersebut adalah berkas/direktori baru yang belum pernah ada di dalam repositori dan akan dimasukkan ke dalam repositori * unknown berarti berkas/direktori tersebut tidak ditemukan di dalam repositori dan tidak akan dimasukkan ke dalam repositori pada saat melakukan operasi commit.

    Mengatur Nama dan Email

    Setiap revisi yang ada akan mengandung informasi pengguna yang membuat revisi tersebut. Untuk mengaturnya, gunakan perintah berikut. $ bzr whoami “Nama Anda email@anda.id” Untuk mengecek nama yang sedang digunakan, jalankan perintah berikut. $ bzr whoami Untuk membuka bzr yang sedang terkunci, jalankan perintah berikut. $ bzr break-lock bzr+ssh

    Melihat Perubahan

    Untuk melihat perubahan yang terjadi antara revisi terakhir yang tersimpan dan revisi yang masih ada dalam direktori kerja Anda, perintah berikut dapat digunakan. $ bzr diff Sebuah informasi perubahan dengan format diff akan ditampilkan. Jika Anda ingin membandingkan dua revisi spesifik, gunakan perintah berikut. $ bzr diff -rX..Y Nilai X dan Y menunjuk ke nomor revisi dari revisi yang ingin Anda bandingkan. KategoriPemaket Last_modified 7 months ago Last modified on 09/28/2016 01:39:58 PM ####


Konten ini dilisensikan di bawah CC-BY. [ sunting ]



Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri