Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

Tutorial Mencari Nama Aplikasi

Kadangkala ada beberapa aplikasi yang perlu disesuaikan, Namun proses penyesuaian aplikasi tersebut harus mengetahui nama paket dari aplikasi tersebut. untuk mencari tahu nama aplikasi dan nama paket bisa dilakukan dengan banyak cara, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Melalui Peluncur

Contoh kali ini akan mencari nama paket dari aplikasi “Aplikasi Pilihan” yang ada di Sistem -> Preferensi -> Aplikasi Pilihan, langkahnya sebagai berikut : * Klik menu Sistem -> Preferensi * Klik kanan pada “Aplikasi Pilihan” * Pilih menu “Tambahkan peluncur ini ke desktop” * Setelah peluncur berada di desktop, klik kanan ikon peluncur tersebut. * Pilih menu Properti * Lihat pada bagian perintah * Jalankan Terminal * ketik dpkg -S * Muncul hasil yang akan menginformasikan nama paket dari aplikasi tersebut.

Melalui Nama Proses

Masih tetap menggunakan “Aplikasi Pilihan” sebagai contoh, kali ini kita akan mencari tahu nama paket dari sebuah aplikasi, menggunakan nama proses yang berjalan, dari nama proses tersebut bisa dijalankan perintah untuk mencari nama paket yang membawa aplikasi tersebut. berikut ini langkah - langkahnya : * Jalankan aplikasi “Aplikasi Pilihan” dari menu Sistem -> Preferensi * Buka Terminal * Dari terminal ketikan perintah : xprop | grep _NET_WM_PID * Kursor akan berubah menjadi tanda tambah (+) * Klik pada jendela “Aplikasi Pilihan” * Pada terminal akan muncul id proses dari apliksi yang di klik tersebut. * Langkah selanjutnya adalah mencari tau nama proses dari id proses tersebut. * Dari terminal ketikan : ps aux | grep * Sampai sini kita sudah mendapatkan nama proses nya. * Jalankan dari terminal : dpkg -S * \0/ Nama paket berhasil kita dapatkan. == Ditulis oleh Somat dibimbing oleh Mohammad Dhani Anwari Mohammad Taib (mdamt). Last modified on 04/28/2010 04:28:04 PM ####


Konten ini dilisensikan di bawah CC-BY. [ sunting ]



Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri