Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

Pabrik Paket

Silakan kunjungi halaman Launchpad di bawah ini untuk melihat status dokumen ini. Silakan bergabung dalam tim ​blankon-infrastruktur bila ingin menyunting halaman ini. * Papan Informasi di Launchpad: ​Pabrik_Paket_BlankOn

Ringkasan

Mesin pabrik paket (dahulu disebut mesin kompilasi otomatis) adalah mesin yang membuat paket-paket buatan Pemaket BlankOn dan memasangnya dalam repositori BlankOn. Mesin ini seyogyanya dapat terhubung ke Internet 24 jam agar dapat segera membuatkan paket tanpa membuat pemaket menunggu lama.

Latar Belakang

Tidak semua pemaket memiliki komputer yang dapat digunakan sebagai pembuat paket. Lingkungan pembangunan yang seragam dibutuhkan untuk membuat paket-paket yang dapat diinstal tanpa ada masalah ketergantungan paket, toolchain yang tidak dipasang dengan benar, dan masalah-masalah lain.

Studi Kasus

Rudi adalah pemaket Konde. Beliau bertanggung jawab pada paket-paket tema Konde. Setelah membuat dan mencoba paket buatannya pada komputer pribadinya, Rudi menerbitkan paket buatannya itu ke dalam gudang kode BlankOn di launchpad menggunakan bazaar. Sesaat kemudian, mesin kompilasi mengendus adanya paket baru buatan Rudi. Mesin kompilasi langsung mengunduh paket tersebut, mencoba membuat paketnya, dan bila berhasil paket tersebut akan segera tersedia di Mesin repositori paket BlankOn?.

Cakupan

Dokumen ini membahas tentang pabrik paket BlankOn, cara kerja dan kebutuhan minimalnya.

Rancangan

Pabrik paket dapat terdiri dari satu hingga n mesin. (n > 0). Pabrik paket perlu terhubung ke Internet agar dapat segera bekerja bila ada paket baru yang perlu dibuat. Perlu ada situs khusus yang menampilkan daftar antrian paket yang belum dibuat, daftar pabrik paket yang sedang bekerja, dan status masing-masing proses pembuatan paket (bila ada kegagalan juga dicantumkan di situs ini). Situs ini dapat dibuat dengan skrip sederhana. Pabrik paket merupakan program sederhana yang dijalankan secara periodik (5 menit sekali?). Saat dijalankan, ia akan mengunduh berkas teks yang ada di Internet. Isinya adalah daftar paket yang hendak dibuat. Daftar ini dimodifikasi oleh pembuat paket. Bila ada paket baru yang didaftarkan oleh pembuat paket, ia akan melakukan hal-hal berikut secara berurutan: * pengunduhan paket * pemeriksaan ketergantungan paket dan mengunduh semua paket yang dibutuhkan paket ini untuk dikompilasi (build-dependencies) * melakukan kompilasi * mengunggah hasil paket ke mesin repositori skema menyusul

Implementasi

Sebagian masih dalam proses penulisan di halaman Implementasi_Pabrik_Paket

Masalah

* Pabrik paket menggunakan mesin sementara.
* Pembuat skrip pembangun otomatis belum ada. ## Agenda Wacana dan Diskusi
* Bila pabrik tidak tersedia, proyk masih dapat dilanjutkan dengan resiko
  paket yang tidak konsisten, gagal instal di komputer lain, dsb.
* Saya mungkin dapat menggunakan komputer di rumah sebagai mesin kompilasi
  untuk i386 dan amd64 tapi tidak reliabel (reboot, beban tinggi, dsb). -
  - mdamt
* Saya juga mungkin dapat membuatkan skrip pembangun otomatis namun belum
  dapat menjamin karena keterbatasan waktu. Ada yang dapat meluangkan
  waktu? Paling tidak mencari proyek serupa di launchpad? -- mdamt
* bagaimana dengan mesin sumbangan dari DepKomInfo????? -- [:udienz:
  UdienzMahyuddin] KategoriBlankOn KategoriInfra Last modified on 06/17/2008 12:28:03 AM #### 

Konten ini dilisensikan di bawah CC-BY. [ sunting ]



Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri