Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

Bab 11 Pengenalan Antarmuka Teks

Panduan BlankOn 8

Antarmuka dasar untuk pengoperasian sistem operasi Linux sebenarnya adalah antarmuka berbasis teks, atau sering disebut Command Line. Antarmuka grafis atau desktop yang ada di dalam Linux sebenarnya hanyalah alat bantu untuk pengoperasian bagi mereka yang sudah biasa bekerja dengan Graphical User Interface (GUI) yang terdapat di beberapa sistem operasi modern. Ini mirip dengan piranti lunak Microsoft Windows sebelum versi 95 yang hanya merupakan alat bantu pengoprasian berbasis grafis untuk DOS. Untuk memberikan suatu perintah pada antarmuka teks, para pengguna harus mengetik nama perintah yang akan dijalankan beserta opsi-opsi/parameter-nya, kemudian menekan tombol Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut. Tidak seperti antarmuka grafis, penggunaan mouse secara umum tidak diperlukan karena semua kontrol hanya dilakukan melalui papan ketik. Tidak benar jika penggunaan antarmuka teks tidak bisa melakukan produktivitas. Anda masih bisa berproduktivitas dengan berbagai aplikasi berbasis teks yang tersedia dan siap Anda gunakan. Bahkan untuk para administrator, penggunaan antarmuka teks sangat disarankan ketimbang antarmuka grafis karena memakan sumberdaya CPU dan RAM yang lebih kecil, sehingga tidak menganggu kinerja komputer pada saat melakukan suatu tugas administrasi. Pada bab ini, dijelaskan mengenai dasar pengoprasian antarmuka teks yang ada pada BlankOn Linux. Sasaran pembaca tidak hanya bagi Anda yang power user, melainkan juga para pemula/newbie yang ingin mempelajari Linux lebih lanjut.

Membuka Antarmuka Teks

Ada dua jenis antarmuka teks yang bisa Anda buka, yaitu terminal dan virtual console. Terminal merupakan antarmuka teks yang berjalan di dalam desktop dan berupa jendela aplikasi, sedangkan virtual console merupakan antarmuka teks yang berjalan secara mandiri di luar desktop.

Membuka Terminal Console

Untuk membuka terminal, klik menu Aplikasi > Aksesoris > Terminal pada BlankOn, kemudian jendela terminal akan muncul di dalam desktop. [/raw-attachment/wiki/Dokumentasi/Panduan/8/Bab11/gnome-terminal.png] Terminal Jika Anda ingin membuka sesi kerja yang baru, Anda bisa membuat tab baru seperti layaknya fitur tabbed browsing pada peramban web dengan mengklik menu File > Buka Tab, atau Anda bisa tekan tombol Shift+Ctrl+T pada keyboard. Anda bisa mengkostumisasi penampilan terminal sesuai dengan keinginan Anda melalui jendela pengaturan yang bisa Anda buka melalui menu Edit > Preferensi. Jika ingin membuat terminal dalam mode layar penuh, Anda bisa klik menu Lihat > Layar Penuh atau Anda bisa tekan tombol F11 pada keyboard.

Membuka Virtual Console

Linux telah menyediakan enam sesi antarmuka teks yang bisa Anda buka dengan cara menekan tombol Ctrl+Alt+F1, Ctrl+Alt+F2 sampai Ctrl+Alt+F6. Berbeda dengan menggunakan terminal, Anda harus melakukan login terlebih dahulu sebelum bekerja dengan antarmuka teks. Ketik id pengguna kemudian tekan enter lalu masukkan sandi (password tidak akan ditampilkan pada layar) Anda dan tekan enter sekali lagi. Berbeda dengan terminal, Anda tidak bisa melakukan kustomisasi penampilan agar lebih menarik. Bekerja disini layaknya bekerja dengan sistem operasi DOS (Disk Operating Systems). Untuk kembali ke desktop, Anda bisa tekan tombol Ctrl+Alt+F7 sampai Ctrl+Alt+F12. Bergantung dari sesi desktop yang digunakan (Secara default menggunakan Ctrl+Alt+F7 jika Anda tidak memanfaatkan fitur pindah pengguna untuk mengaktifkan lebih dari satu sesi desktop).

Pengenalan Antarmuka Teks

Setelah Anda membuka terminal atau login di dalam virtual console, Anda akan diminta untuk memasukkan perintah yang ingin Anda jalankan. Tempat Anda mengetik berada pada kursor/penanda yang berkedip-kedip. Pada bagian kiri kursor tersebut, Anda akan melihat teks seperti berikut : guspur@phasedevseven:~$


Konten ini dilisensikan di bawah CC-BY. [ sunting ]



Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri