Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

Bab 8 Aplikasi Grafis

Panduan BlankOn 6

Untuk menunjang kebutuhan Grafis, BlankOn telah menyertakan aplikasi grafis yang lengkap dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pengolahan grafis Anda seperti GIMP dan Inkscape. Pada bab ini, dijelaskan mengenai beberapa aplikasi grafis yang ada di BlankOn seperti: Penampil gambar, Penampil berkas E-Book, Pengelola fotografi Shotwell Foto Manager, GIMP untuk penyunting bitmap pada fotografi, dan Inkscape untuk penyunting ilustrasi berbasis vektor. Ke semua aplikasi grafis yang ada berfungsi untuk menggantikan aplikasi grafis komersial yang ada di sistem operasi Microsoft Windows. Walaupun ada kemiripan, ada beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui dan dikuasai. Namun dengan pembiasaan diri, tidak akan sulit untuk menggunakan aplikasi grafis yang ada di BlankOn untuk berproduktivitas.

Penampil Gambar/Foto?

[eog] Penampil Gambar EOG BlankOn mendukung berbagai format gambar/fotografi yang bisa Anda buka menggunakan aplikasi bernama Eye of GNOME (Eog). Untuk membuka suatu gambar/ foto, Anda bisa klik ganda berkas gambar/foto yang ingin dibuka pada peramban berkas Nautilus. Eog dapat digunakan untuk melihat gambar/foto yang ada di suatu folder. Anda bisa manfaatkan tombol [>Balik<] atau [>Lanjut<]. Jika ingin melakukan slide show pada gambar/foto, Anda bisa tekan tombol F5 pada papan tik atau klik menu Lihat > Deretan Gambar. Eog juga bisa dimanfaatkan untuk memutar atau membalikkan foto. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa manfaatkan perintah yang ada pada menu [>Gambar<].

Pembaca Buku Elektronik

Buku elektronik atau e-book merupakan format distribusi buku yang sangat umum saat ini. Buku-buku atau majalah luar negeri banyak mendistribusikan buku jenis ini selain juga mengedarkan edisi cetaknya. Harga dari buku elektronik jelas lebih murah daripada buku cetak karena tidak memerlukan kertas. Hampir semua buku elektronik di distribusikan dalam bentuk format PDF yang merupakan format dari perusahaan Adobe, inc. Untuk membuka format ini di distro BlankOn, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Evince Document Reader. Klik ganda pada berkas PDF yang ingin Anda buka pada peramban berkas, maka aplikasi Evince akan membukakannya untuk Anda. [evince] Pembaca e-book Evince Untuk mempermudah navigasi antarhalaman, Anda bisa memanfaatkan side pane yang tersedia di sebelah kiri jendela Evince. Anda juga bisa memanfaatkan tombol arah atau tombol Page Up/Down?. Untuk memperbesar ukuran halaman dengan memanfaatkan fitur zooming dengan memilih ukuran zoom yang diinginkan pada opsi yang terdapat di bagian kanan toolbar. Agar lebih enak dibaca, Anda bisa membuka halaman dengan layar penuh melalui menu Lihat > Layar Penuh atau Anda bisa tekan tombol F11 pada papan tik.

Penyunting bitmap/raster GIMP

Untuk keperluan editing gambar/foto yang berbasis bitmap, BlankOn menyediakan aplikasi bernama GIMP (www.gimp.org). Aplikasi ini merupakan salah satu bagian dari paket aplikasi perkantoran GNOME Office. Aplikasi ini merupakan aplikasi padanan dari penyunting foto terkenal di sistem operasi Microsoft Windows, yaitu Adobe Photoshop. Jika Anda sudah ahli menggunakan Adobe Photoshop, menggunakan GIMP tidaklah hal yang sulit yang penting adalah Anda membiasakan menggunakan aplikasi ini.

Memulai aplikasi GIMP

[antarmuka_gimp] Aplikasi GIMP Untuk membuka GIMP, klik menu Aplikasi Grafis > GIMP Editor Gambar. Tunggu sebentar hingga jendela utama aplikasi GIMP muncul. Tidak seperti Photoshop, jendela GIMP terpisah-pisah menjadi tiga bagian, yaitu bagian toolbox (kiri), bagian utama (tengah) dan jendela bantu (kanan). Berbeda dengan Photoshop yang menggabungkan semua jendela tersebut menjadi sebuah jendela. Untuk membuat kanvas baru, klik menu File > New. Kemudian, tentukan ukuran kanvas serta pengaturan lainnya. Sedangkan untuk membuka suatu gambar/kanvas, klik menu File > Open dan pilih berkas gambar/kanvas yang ingin dibuka. Format kanvas default yang digunakan oleh GIMP adalah XCF. Untuk format lainnya, GIMP mendukung format: GIF, JPEG, PNG, PSD,EPS, BMP, dan ada puluhan format lainnya yang didukung. Bekerja dengan GIMP Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika Anda sudah terbiasa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, Anda hanya memerlukan sedikit pembiasaan untuk menggunakan GIMP karena penampilannya memang di desain semirip mungkin dengan Adobe Photoshop. [edit_dengan_gimp] Manipulasi foto dengan GIMP Karena jendelanya yang terpisah-pisah, Anda bisa mengatur sedemikian rupa sehingga semua bagian jendela yang dibutuhkan bisa Anda lihat dan langsung digunakan tanpa perlu lagi memperlihatkan jendela tersebut. GIMP menyediakan berbagai toolbox yang berfungsi untuk melakukan pemotongan, pemindahan dan menggambar. Untuk mempermudah mengakses toolbox tersebut, Anda bisa menggunakan papan tik shorcut yang tampil saat ikon di sorot seperti pada gambar [keyboard_shortcut_gimp] Keyboard Shortcut Pada gambar tampak, untuk mengaktifkan Selection Tool dapat digunakan tombol R. Dengan pembiasaan, papan tik shortcut ini akan teringat dengan sendirinya. Pengaturan dari tiap-tiap tool terdapat di bagian bawah ikon-ikon tool. Sebelum membahas fungsi setiap tool, sebaiknya anda memahami dulu konsep layer dan image. Untuk lebih jelas akan dijelaskan dengan singkat seperti ini:


Konten ini dilisensikan di bawah CC-BY. [ sunting ]



Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri