Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

Bab 4 Destop BlankOn

Panduan BlankOn 6

BlankOn menyediakan lingkungan kerja atau destop environment yang sangat mudah digunakan bernama GNOME (​http://www.gnome.org). Destop ini juga sangat sederhana, namun sangat lengkap dari sisi fitur. Pada bab ini, dijelaskan mengenai pengenalan bagian serta pengaturan pada destop BlankOn yang ada di BlankOn untuk keperluan bekerja sehari-hari.

Bagian-bagian Destop BlankOn

Saat komputer dinyalakan, Anda akan masuk ke dalam sistem BlankOn. [blankon_destop_gnome] Destop BlankOn terdiri dari dua bagian utama, yaitu Area Kerja dan Panel. Area kerja merupakan tempat dimana jendela-jendela aplikasi ditempatkan serta ikon- ikon destop ditampilkan. Sedangkan panel berisikan ikon-ikon dan objek yang membantu Anda dalam bekerja. Panel bawaan di BlankOn ada dua, yaitu panel atas dan panel bawah. Berikut adalah bagian-bagian dari setiap panel: Panel atas LATEX:\resizebox{\textwidth}{!}{ LATEX:\begin{tabular}{ | cp{0.4\textwidth} | p{0.5\textwidth} | } LATEX:\hline Menu utama dari destop BlankOn. Terdiri dari menu Aplikasi atau menu BlankOn untuk membuka suatu aplikasi, menu [>Lokasi<] untuk [menu_gnome] membuka isi suatu folder dengan peramban berkas serta menu [>Sistem<] untuk melakukan pengaturan destop maupun administrasi sistem. [peluncur] Ikon satu klik untuk menjalankan aplikasi. [area_notifikasi] Area untuk menampilkan notifikasi sistem (tray) [applet_pengatur_volume_suara] Pengatur volume suara dan mixing kartu suara [penanda_waktu] Penanda tanggal dan waktu sistem [applet_jaringan] Penata jaringan Panel bawah LATEX:\resizebox{\textwidth}{!}{ LATEX:\begin{tabular}{ | cp{0.6\textwidth} | p{0.4\textwidth} | } LATEX:\hline [show_destop] Menyembunyikan semua jendela dan menampilkan ikon destop [taskbar] Berisi daftar aplikasi yang terbuka pada suatu area kerja [pemindah_area_kerja] Penukar area kerja Anda dapat mengubah penampilan dan tata letak panel BlankOn sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa memindahkan, menambah atau mengurangi panel sesuai dengan keinginan Anda. Penjelasan mengenai pengaturan panel dibahas pada subbab Pengaturan Panel.

Bekerja dengan Aplikasi

Untuk membuka suatu aplikasi pada BlankOn, Anda bisa memanfaatkan menu Aplikasi pada bagian menu utama. Aplikasi yang berada di dalam menu tersebut dikelompokkan berdasarkan jenisnya, yaitu : Aksesoris, Perkantoran, Internet, Suara & Video, dsb. Jadi, Anda bisa lebih mudah mencari aplikasi yang ingin Anda buka. [menjalankan_aplikasi] Menu Aplikasi Jendela aplikasi akan terbuka pada bagian area kerja. Jika sebuah area kerja penuh, Anda bisa berpindah ke area kerja lainnya dengan memanfaatkan penukar area kerja yang ada di pojok kanan bawah destop. Anda dapat menggeser suatu jendela dari suatu area kerja ke area kerja lainnya dengan cara klik kanan pada judul jendela aplikasi, lalu pilih menu [>Pindahkan ke area kerja lain<] dan pilih tujuan area kerja. BlankOn menyediakan empat buah area kerja yang bisa Anda gunakan. Untuk menambahnya, Anda bisa klik kanan pada penukar area kerja, lalu pilih menu Pengaturan. Atur jumlah area kerja berdasarkan baris dan kolom. Setelah pengaturan selesai, Anda bisa klik tombol Tutup.

Tombol Pintas

Untuk mempermudah Anda bekerja menggunakan destop BlankOn dan memanipulasi jendela aplikasi, Anda bisa menggunakan tombol pintas atau keyboard shortcut tertentu yang setiap perpaduannya memiliki fungsi khusus. Berikut adalah penjelasan masing-masing tombol pintas: Tombol Pintas Fungsi Alt + F1 Membuka Menu BlankOn Alt + F2 Menjalankan program dengan memasukkan perintah. PrtSc? SysRq? Mengambil tangkapan layar pada destop Alt + Prt Sc Mengambil tangkapan layar dari jendela yang sedang aktif Alt + Tab Berpindah antar jendela yang sedang aktif Ctrl + Alt + Left/Right? Cursor Berpindah antara area kerja. Alt+F4 Menutup jendela yang sedang aktif. Alt+F5 Mengembalikan ukuran jendela yang sedang aktif ke ukuran normal. Alt+Space Menampilkan menu untuk memanipulasi jendela yang aktif Alt+F10 Memperbesar jendela yang sedang aktif. Alt+F8 Mengubah ukuran jendela yang sedang aktif Alt+F7 Memindahkan jendela yang sedang aktif

Mengunci Layar

Jika Anda hendak meninggalkan komputer dalam keadaan hidup dan Anda tidak ingin komputer diutak-atik oleh orang lain, Anda bisa mengunci layar komputer Anda. Sehingga, jika ingin kembali bekerja dengan destop, Anda harus kembali memasukkan sandi Anda terlebih dahulu. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa mengaktifkan fitur kunci layar dengan memilih menu System > Kunci Layar. Kemudian, monitor komputer akan lansung dalam keadaan blank. Jika ingin mengaktifkan destop, geser mouse atau tekan sembarang tombol di keyboard, lalu masukkan sandi Anda kembali. [membuka_kunci_screen_saver] Jika Anda bukan pemilik komputer tersebut, Anda bisa meninggalkan pesan kepada si pemilik komputer dengan mengklik tombol [>Tinggalkan Pesan<] dan ketik pesan yang hendak Anda sampaikan.

Pengaturan Panel

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, panel di BlankOn sangat fleksibel dan mudah untuk dikonfigurasi. Maka dari itu, Anda bisa membuat panel BlankOn sesuai dengan selera Anda.

Mengatur penampilan panel

Untuk mengatur penampilan dari suatu panel, klik pada panel yang ingin Anda atur lalu pilih menu [>Properti<]. Pada jendela properti, terdapat dua tab yaitu tab Umum dan tab Latar [pengaturan_umum_panel] Pada tab Umum, Anda dapat melakukan pengaturan antara lain:


Konten ini dilisensikan di bawah CC-BY. [ sunting ]



Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri