Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

Catatan Rilis BlankOn 4.0 (Meuligoe)

Daftar Isi

Catatan Rilis

BlankOn Linux adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia demi menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Dengan menghadirkan filosofi, kemudahan, dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya, BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.

BlankOn 4.0 Meuligoe yang menggunakan kata “Meuligoe” sebagai nama kodenya, dibuat dengan menggunakan Ubuntu Intrepid Ibex (8.10) sebagai basis utamanya. Kata Meuligoe (cara baca: meu-ligo) berdasarkan kutipan resmi Kamus Bahasa Aceh merupakan tempat kediaman, atau bangunan tambahan yang terdapat pada bangunan utama, yang biasanya terdapat di bagian paling depan dari sebuah bangunan (teras) tanpa dinding dengan tiang pilar yang banyak, yang fungsi utamanya untuk memuliakan tamu yang berkunjung, dan juga bisa digunakan sebagai tempat bertukar pikiran (Sumber: Bukhari Daud dan Mark Curie). Meuligoe kadang juga bisa diartikan sebagai istana. Namun ada juga yang mengistilahkan Meuligoe sebagai pendopo. Dari sumber yang bisa dipercaya mengatakan Meuligoe itu memiliki arti mahligai, dipakai sebagai sebutan untuk Istana Aceh (Meuligoe Aceh), yang sebelumnya disebut Darut Donya.

Meulige diproyeksikan menjadi tolak ukur perkembangan pemanfaatan penggunaan Perangkat Lunak Bebas/Terbuka (Open Source Software) di Aceh dan diharapkan mempermulus agenda migrasi OSS seperti yang direncanakan. Di samping itu perkembangan Meuligoe juga diharapkan dapat membantu/mendukung secara keseluruhan terciptanya masyarakat madani di Indonesia yang bersahaja dalam penggunaan perangkat lunak.

BlankOn 4.0 Meuligoe memiliki dua varian untuk dapat menjangkau pengguna komputer dari tipe mutakhir hingga para pengguna komputer lama yang memiliki keterbatasan. Varian-varian tersebut diberi nama Standar dan Minimalis. BlankOn 4.0 Meuligoe memiliki dua alternatif instalasi yaitu Live CD dan alternate (instalasi dalam mode teks).

Dalam BlankOn 4.0 Meuligoe ini BlankOn mendapatkan bantuan dari Yayasan Air Putih dan YPLI untuk mengadakan Tantangan BlankOn 2009 yang ditujukan kepada masyarakat umum.

Fitur BlankOn 4.0

Umum

Versi Standar

Versi Minimalis

Tangkapan Layar BlankOn 4.0 Meuligoe

http://www.blankonlinux.or.id/screenshot.html

Kebutuhan perangkat keras

Untuk instalasi Standar dibutuhkan RAM minimal sebesar 256 MB dan untuk minimalis 128 MB. Semakin besar RAM yang tersedia, semakin cepat proses instalasi.

Unduh BlankOn 4.0 Meuligoe

BlankOn 4.0 Meuligoe dapat diunduh dari halaman Unduh pada situs ​www.BlankOnLinux.or.id, baik dari situs utama maupun dari situs cermin lainnya.

Pindah dari Ubuntu 8.10 (Intrepid Ibex)

Untuk memigrasikan sistem dari Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex ke BlankOn 4.0 Meuligoe, pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagaimana dijelaskan pada halaman ​Intrepid_ke_Meuligoe.

Upgrade dari BlankOn 3.0 (Lontara)

Untuk memigrasikan sistem dari BlankOn 3.0 (Lontara) ke BlankOn 4.0 Meuligoe, pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagaimana dijelaskan pada halaman ​Lontara_ke_Meuligoe.

Informasi lain berkenaan dengan instalasi dan peningkatan versi (upgrade) dari sistem lama Silakan baca panduan upgrade Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex.

Umpan balik & Partisipasi

Proyek BlankOn selalu terbuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin terlibat dan berperan aktif dalam pengembangan BlankOn Linux. Informasi untuk berpartisipasi di BlankOn dapat Anda baca pada halaman ini: ​http://groups.google.com/group/BlankOn/web/bagaimana-berpartisipasi

Bila Anda menemukan masalah dan bugs pada rilis BlankOn 4.0 Meuligoe beta ini dipersilakan untuk membuat laporan bugs melalui: ​http://dev.blankonlinux.or.id/newticket

Dan jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai BlankOn, Anda dapat menanyakannya langsung kepada para pengembang BlankOn yang berada di: ​http://groups.google.com/group/BlankOn

Masalah yang diketahui

Proyek perangkat lunak bebas/terbuka yang digunakan di Meuligoe

Berikut adalah daftar proyek perangkat lunak bebas/terbuka yang digunakan dalam BlankOn 4.0 Meuligoe:

Silakan juga bergabung dalam proyek-proyek di atas bila Anda tertarik untuk berpartisipasi.

Tentang YPLI

YPLI adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pengembangan software dan sumber daya manusia di bidang Linux, Free Software, dan Perangkat Lunak Bebas/ Terbuka? (FOSS) di Indonesia.

Tentang Ubuntu Indonesia

Komunitas Ubuntu Indonesia merupakan komunitas para pengguna Ubuntu yang dibentuk untuk membantu mempromosikan Ubuntu di Indonesia. Saat ini Komunitas Ubuntu Indonesia telah secara resmi diakui sebagai Ubuntu Local Community (LoCo?) Team oleh Ubuntu.

Linux adalah merek dagang terdaftar milik Linus Torvalds. Ubuntu and Canonical adalah merek dagang terdaftar milik Canonical Ltd. Merek dagang dan hak cipta lain yang dirujuk catatan ini adalah kepunyaan masing-masing pemiliknya.

Jadwal Rilis

Roadmap kerja pengembangan Blankon 4 (Meuligoe).

Minggu Tanggal Status Catatan Mei 2008 1 22 Mei Pengerjaan BlankOn 4 Memulai pembuatan konsep dimulai 2 29 Mei Juni 2008 3 5 Juni 4 12 Juni 5 19 Juni Usulan_Fitur Penutupan usulan fitur 6 26 Juni Juli 2008 7 3 Juli 8 10 Juli 9 17 Juli Jahitan 1 Rilis pertama untuk testing internal 10 24 Juli 11 31 Juli Agustus 2008 12 7 Agustus 13 14 Agustus 14 21 Agustus 15 28 Agustus September 2008 16 4 September 17 10 September Jahitan 2 Rilis kedua untuk testing internal 18 18 September Batas akhir penyelesaian 19 25 September Tenggat fitur Meuligoe fitur untuk rilis Meuligoe Oktober 2008 Rilis ketiga untuk 20 2 Oktober Jahitan 3 testing internal « realisasi 7_Oktober_2008 Batas akhir pekerjaan pengumpulan tugas seluruh 21 9 Oktober Tenggat waktu pengumpulan tim BlankOn, seperti tugas tenggat penyelesaian artwork, dokumentasi, paket-paket dsb 22 16 Oktober 23 23 Oktober Rilis Beta Rilis ini juga ditujukan untuk publik 24 30 Oktober Rilis Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex November 2008 25 6 November Kandidat Rilis 26 13 November Rilis Akhir BlankOn BlankOn siap dihidangkan! 27 20 November 28 27 November Desember 2008 29 5 Desember 30 11 Desember

Last modified on 11/10/2008 07:39:56 AM

Perkembangan Rilis

BlankOn 4.0 Meuligoe dijadwalkan akan rilis pada tanggal 13 November 2008.

Berikut ini adalah catatan rilis Jahitan yang sudah pernah dikeluarkan:

Last modified on 10/07/2008 10:36:20 PM


Konten ini dilisensikan di bawah CC-BY. [ sunting ]



Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri