Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

Siaran Pers BlanKon 2.0 Konde

JAKARTA, 15 November 2007 – Pada hari ini Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia melepas distribusi BlankOn Linux versi 2 yang diberi nama “Konde”. BlankOn Linux adalah distribusi Linux yang dikembangkan demi menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.

Dengan menghadirkan filosofi, kemudahan, dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya, BlankOn Linux Konde dikembangkan dengan menggunakan Ubuntu Gutsy Gibbon (versi 7.10) sebagai basis utamanya secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan. Fitur-fitur utamanya di antara lain adalah kesiapan multimedia (mampu memutar DVD/mp3 dan beragam format proprietari lainnya) dan tersedianya aplikasi keuangan. BlankOn Linux Konde menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama yang digunakan pada antarmukanya, dan diharapkan dapat menjadi alat sosialisasi istilah-istilah pada bidang komputer Bahasa Indonesia yang selama ini dianggap aneh dan membingungkan.

BlankOn Linux Konde juga dikembangkan dengan maksud sebagai pelatihan bagi para pengembang dalam negeri dalam hal kolaborasi online dan pengembangan produk perangkat lunak bebas/terbuka, yang mana proses pengembangannya total dilakukan secara online menggunakan jalur situs web, milis dan kanal #blankon di server IRC irc.freenode.net.

“Dengan sistem pengembangan yang terbuka, di mana setiap orang dapat berpartisipasi, diharapkan proyek BlankOn dapat digunakan untuk meningkatkan kontribusi Indonesia kepada dunia perangkat lunak bebas dan terbuka” ucap Mohammad DAMT selaku koordinator infrastruktur BlankOn 2.

Alamat Unduh BlankOn 2

BlankOn Linux Konde dapat diunduh dari halaman Unduh pada situs www.BlankOnLinux?.or.id, baik dari situs utama maupun dari situs cermin lainnya.

Kontak Media

Silakan lakukan korespondensi dengan menggunakan jalur milis pada alamat: BlankOn@googlegroups.com

Tentang YPLI

YPLI adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pengembangan software dan sumber daya manusia di bidang Linux, Free Software, dan Open Source Software (FOSS) di Indonesia. Pengembangan BlankOn 2.0 ini disponsori oleh badan dunia PBB di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) dan beberapa lembaga di Indonesia.

Tentang Ubuntu Indonesia

Komunitas Ubuntu Indonesia merupakan komunitas para pengguna Ubuntu yang dibentuk untuk membantu mempromosikan Ubuntu di Indonesia. Saat ini Komunitas Ubuntu Indonesia telah secara resmi diakui sebagai Ubuntu Local Community (LoCo?) Team oleh Ubuntu.

Linux adalah merek dagang terdaftar milik Linus Torvalds.

Ubuntu and Canonical adalah merek dagang terdaftar milik Canonical Ltd.

Merek dagang dan hak cipta lain yang dirujuk catatan ini adalah kepunyaan masing-masing pemiliknya.

Last modified on 06/06/2008 11:21:38 AM


Konten ini dilisensikan di bawah CC-BY. [ sunting ]



Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri