Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

Catatan Rilis

BLANKON TAMBORA MENDUNIA

Setelah tertunda beberapa tahun, di awal tahun ini, kami pengembang BlankOn mempersembahkan sistem operasi bebas dan terbuka dengan nama kode TAMBORA dengan nomor rilis X. Rilis kali ini pengembang melakukan banyak perubahan, sehingga memberikan warna tersendiri dan BlankOn memberikan dukungan ke lebih banyak perangkat keras. Pengembang juga menambahkan fitur-fitur terbaru pada beberapa paket khas BlankOn. Dengan penembahan fitur ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam penggunaan.

MANOKWARI

Manokwari yang terdapat pada rilis kali ini, dilakukan penambahan beberapa fitur diantaranya pembaruan pencarian, panel kanan, melihat cuaca, pemutar musik dan dengan ikon-ikon yang ciamik. Manokwari yang tersedia di BlankOn Tambora juga mendukung resolusi layar yang tinggi, seperti retina display. Manokwari bahkan bisa digunakan di layar 4K.

BLANKON INSTALLER

BlankOn Installer adalah aplikasi pemasangan yang dikembangkan oleh pengembang BlankOn dengan menggunakan teknologi HTML5, Javascript dan Vala, yang mana didalamnya terdapat pemartisi hardisk. BlankOn Installer ini diharapkan bisa memudahkan pengguna dalam memasang BlankOn.

APLIKASI PERKANTORAN

Dalam rilis kali ini, aplikasi perkantoran menggunakan aplikasi LibreOffice versi 5.1.4.2 yang merupakan versi terbaru.

IKON TEBU

Ikon Tebu adalah ikon yang dikembangkan tim kesenian BlankOn. Ikon Tebu akan menggantikan Ikon Komodo yang telah digunakan 2 kali rilis sebelum BlankOn Tambora.

GNOME 3.20

GNOME 3.20 mencakup dukungan yang ditingkatkan untuk layar HiDPI dan perangkat masukkan MultiTouch, termasuk dukungan gerak. Manajemen jaringan dan kemampuan geolokasi juga telah ditingkatkan secara signifikan. Semua aplikasi GNOME telah menerima banyak fitur baru dan perbaikan.

Dukungan Mutimedia

Anda bisa segera memainkan musik, memutar video pembelajaran bagi siswa Anda tanpa penambahan lagi setelah melakukan pemasangan sistem. Semua sudah kami sediakan.

Aplikasi Grafis

Kami juga telah menyediakan aplikasi grafis bawaan yang dapat dipergunakan untuk membuka gambar, menggambar berbasis bitmap hingga menggambar berbasis vektor.

Buku Panduan

Dalam rilis kali ini, Tim Pengembang BlankOn menyediakan buku panduan lengkap dalam bentuk PDF.

Konfigurasi Minimal

Konfigurasi perangkat keras minimal untuk dapat menjalankan BlankOn X Tambora dengan nyaman adalah: • CPU 1 GHz, tersedia dalam i386 dan amd64 • RAM 1 GB • Ruang hard disk 15 GB • VGA 256 MB

Bila Anda lebih banyak melakukan kegiatan meramban web dan aplikasi perkantoran yang intensif, lebih baik lagi untuk meningkatkan perangkat keras Anda.

Akhir kata, terima kasih buat rekan-rekan Pengembang BlankOn, rekan-rekan Pengguna BlankOn dan tim hore baik di media sosial maupun grup chat. Semoga yang jomblo segera menikah!

Merdeka!!! Ahmad Haris Release Manager of BlankOn X Tambora

Sumber: BlankOn X Tambora

Konten ini dilisensikan di bawah CC-BY. [ sunting ]



Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri