Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

TantanganBlankOn 2009

Aksara Nusantara

Pendahuluan

Dalam ​[Unicode_5.1]((http://www.unicode.org/charts/) telah terdapat beberapa aksara Nusantara yang belum didukung penuh oleh desktop di Linux, yaitu Bali, Sunda dan Rejang. BlankOn diharapkan dapat menjadi salah satu distribusi Linux pertama yang mendukung penulisan dan penampilan teks dalam aksara Nusantara tersebut. Selain aksara-aksara yang telah resmi masuk standar Unicode, BlankOn juga perlu mengantisipasi aksara lain yang kini telah dalam status proposal yaitu aksara Jawa dan Batak.

BlankOn Lontara telah berhasil menjadi distribusi pertama yang mendukung penuh aksara Lontara’ (dalam standar Unicode dikenal sebagai Buginese).

Situs proyek: ​http://code.google.com/p/aksara-nusantara

Tantangan

Peserta diharapkan dapat membuat fonta dan metoda input untuk aksara Bali, Sunda dan Rejang. Akan lebih baik bila sudah mendukung aksara Batak dan Jawa walaupun belum masuk secara resmi ke dalam standar Unicode. Lihat situs proyek untuk lebih jelasnya.

Kriteria keberhasilan

Wajib

  1. Fonta dirancang menggunakan Font Forge
  2. Fonta wajib mencakup seluruh glif yang terdapat dalam spesifikasi Unicode pada masing-masing aksara (Bali, Sunda, Rejang)
  3. Metoda input menggunakan SCIM

Tambahan

  1. Fonta wajib mencakup seluruh glif yang terdapat dalam proposal Unicode pada masing-masing aksara (Batak, Jawa)
  2. Dukungan rendering teks terprogram untuk Pango

Konten ini dilisensikan di bawah CC-BY. [ sunting ]



Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri