Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

Tantangan BlankOn

Tantangan BlankOn 2009 Sayembara Menulis Panduan Sayembara Maskot BlankOn

Tantangan BlankOn 2009

Apa itu Tantangan BlankOn

Tantangan BlankOn adalah tantangan proyek BlankOn untuk mahasiswa dan pelajar Indonesia. Mahasiswa dan pelajar Indonesia yang berminat dapat menjadi peserta tantangan dan menyelesaikan tantangan dalam waktu 3 bulan. Akan ada imbalan berupa uang tunai bagi peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan dengan baik.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memerkenalkan Blankon ke kalangan pelajar dan mahasiswa sekaligus melibatkan mereka dalam pengembangannya. Nilai hadiah tidak menyerminkan tingkat kesulitan namun tingkat pentingnya tantangan tersebut namun hingga saat ini belum dapat dikerjakan sendiri oleh tim pengembang yang ada karena keterbatasan waktu dan tenaga. Kecuali disyaratkan dalam masing-masing halaman tantangan, hasil pekerjaan asli (bukan patch atau karya turunan upstream) dilisensikan secara sukarela ke lisensi Perangkat Lunak Terbuka yang terdaftar di ​OSI atau ​Creative_Commons (pilih antara CC-BY-SA atau CC-BY-ND).

Secara umum, tantangan dianggap berhasil dikerjakan apabila peserta dinilai mampu memenuhi 100% kriteria wajib dan 80% kriteria tambahan. Namun secara khusus tiap-tiap tantangan mungkin berbeda dalam kriteria penilaiannya, silakan kunjungi masing-masing halaman tantangan untuk lebih jelasnya. Penilaian dilakukan oleh para mentor.

Total imbalan yang disediakan adalah Rp 20.000.000 yang disponsori oleh ​Yayasan AirPutih. Tim BlankOn masih membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin menambahkan total nilai imbalan. Dari nilai yang diberikan akan didistribusikan secara proporsional ke daftar tantangan yang tersedia di bawah ini. Tidak tertutup kemungkinan untuk mensponsori tantangan lain yang belum ada di daftar tantangan di bawah.

Daftar Tantangan

1. BlankOn Minimalis

Tema

“Meminimalkan BlankOn Minimalis, jalan mulus di 128 MB”

BlankOn Minimalis adalah varian BlankOn untuk komputer-komputer lama dengan sumberdaya komputasi yang rendah. Tujuan tantangan ini adalah memoles BlankOn Minimalis agar dapat dijalankan pada komputer dengan RAM 128 MB dengan konfigurasi dasar yang sama dengan varian asli BlankOn (berbasis teknologi ​GNOME).

Imbalan

Rp 6.000.000

Mentor
Deskripsi
Pengembangan BlankOn Minimalis

Pendahuluan BlankOn Minimalis adalah salah satu varian dari distribusi BlankOn Linux yang dibuat khusus untuk berjalan dengan ringan pada PC lama dengan minimal RAM 128 MB.

Yang sudah dilakukan saat ini untuk minimalis adalah dengan menghilangkan beberapa applet yang tidak terlalu dibutuhkan untuk PC lama, memasang aplikasi yang ringan untuk perkantoran dan internet, konfigurasi gconf, dan artwork yang mendukung RAM yang kecil. Saat ini, BlankOn Minimalis sudah bisa jalan baik dengan RAM 256 MB.

Tantangan BlankOn Minimalis bisa jalan dengan mulus pada RAM 128 MB dengan tetap menggunakan desktop GNOME dan mempertahankan fitur-fitur lainnya.

Persyaratan Peserta bisa melihat aplikasi yang memakan banyak memori, cara menonaktifkan dan menjalankannya dan membuatnya menjadi paket debian untuk semua konfigurasi yang sudah dilakukannya agar teraplikasi dengan baik pada BlankOn Minimalis. Juga bisa memilih paket2 yang bisa masuk atau tidak sehingga fitur2 tetap lengkap. Bila terpaksa mengharuskan mengganti desktop GNOME dengan yang lain, perlu dipertimbangkan masalah bahasa pengantar desktop dan desktop alternatif harus menggunakan komponen-komponen dasar dari arsitektur GNOME.

Kriteria keberhasilan

Wajib

  1. Arsitektur dasar GNOME tetap dipertahankan, walaupun keberadaan desktop GNOME boleh dipertimbangkan untuk diganti
  2. Bahasa pengantar solusi yang ditawarkan harus mendukung Bahasa Indonesia, dan minimal 80% kalimat sudah dialihbahasakan
  3. Solusi yang ditawarkan bukan solusi sementara dan mudah dirawat dan dipelihara
  4. Sistem mampu menjalankan minimal 2 program bersamaan dalam RAM 128 MB
  5. Menghasilkan daftar paket Debian

Tambahan

  1. Patch ke upstream tidak terlalu banyak
  2. Menggunakan desktop GNOME atau mengganti komponen tertentu dalam desktop GNOME dengan komponen lain

Pengembangan Daluang

Tema “Melengkapi parser sintaks Wikipedia” ​Daluang adalah peramban Wikipedia tanpa jaringan. Tujuan tantangan ini adalah untuk melengkapi parser sintaks Wikipedia agar semua isi Wikipedia dapat dinikmati melalui Daluang.

Imbalan Rp 3.000.000

Mentor Fajran Iman Rusadi

Deskripsi wiki:TantanganBlankOn/2009/Daluang

Pabrik Paket Otomatis

Tema “Rebranding paket-paket Ubuntu secara terotomatisasi” Tujuan tantangan ini adalah untuk membuat sistem otomatisasi dalam melakukan rebranding paket-paket Ubuntu menjadi paket-paket BlankOn. Tantangan ini terjawab bila tidak diperlukan lagi pemaket manusia untuk melakukan rebranding.

Imbalan Rp 5.000.000

Mentor * Mohammad DAMT * Andy Apdhani

Deskripsi wiki:TantanganBlankOn/2009/PabrikPaketOtomatis

Aksara Nusantara Tema “Metoda input dan fonta aksara Nusantara” ​Aksara_Nusantara adalah proyek pengadaan metoda input dan fonta aksara tradisional Indonesia. Tujuan tantangan ini adalah menyediakan metoda input dan fonta tradisional yang sudah masuk ke dalam standar ​Unicode untuk BlankOn.

Imbalan Rp 2.000.000

Mentor * Mohammad DAMT

Deskripsi wiki:TantanganBlankOn/2009/AksaraNusantara

Buku Panduan Penggunaan BlankOn Tema “Buku panduan lengkap tentang penggunaan BlankOn 5.0” Tujuan tantangan ini adalah untuk menghasilkan buku panduan lengkap BlankOn 5.0. Tantangan ini diprioritaskan untuk pelajar SMA dan sederajat.

Imbalan Rp 4.000.000

Mentor

Deskripsi wiki:TantanganBlankOn/2009/BukuPanduan

Peserta

Proses Pendaftaran dan Seleksi

Tim Seleksi Tim seleksi terdiri dari semua mentor yang disebut di atas.

Waktu tantangan * Pendaftaran dibuka tanggal 8 November 2008 dan ditutup tanggal 31 Desember 2008 * Proses seleksi dimulai tanggal 2 Januari 2009 hingga 15 Januari 2009 * Tantangan dimulai tanggal 16 Januari 2009, berakhir tanggal 30 April 2009.

Pembuatan Buku Panduan Blankon 5.0

  1. tiket nomor #193
  2. tiket nomor #198
  3. tiket nomor #201

Pengumuman

Kandidat peserta dimohon menulis di TantanganBlankOn/2009/Kandidat

ttd mdamt

Peserta

Tim yang mengerjakan :

  1. Putu Wiramaswara Widya (nasijinggo)
  2. I Wayan Alit Sudarsana (webtutorial3)

Last modified on 01/17/2009 10:20:32 AM

Mentor Tantangan 2009 Group

Konten ini dilisensikan di bawah CC-BY. [ sunting ]



Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri