Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

Memulai Berpartisipasi Pada Proyek BlankOn

Pada halaman ini akan dijelaskan beberapa panduan untuk mengantarkan Anda memulai berpartisipasi pada proyek pengembangan BlankOn.

Pengembangan BlankOn

Proyek BlankOn tidak hanya terbatas pada pembuatan distribusi GNU/Linux, proyek ini merupakan sebuah gerakan Open Source yang muncul karena kepedulian dan keinginan untuk menjadi bangsa yang mandiri dan bisa menghasilkan produk-produk perangkat lunak dalam negeri. Proyek BlankOn juga merupakan kepedulian terhadap konten lokal dan pelestarian budaya yang dapat disentuh melalui perangkat lunak.

Salah satu tujuan proyek BlankOn adalah meningkatkan kapasitas sumber daya lokal yang mampu dan kompeten di dalam pengembangan perangkat lunak dan aplikasi bebas dan Open Source, serta mampu membungkusnya ke dalam sebuah produk yang sudah dikemas menjadi sebuah distribusi GNU/Linux yang siap digunakan.

Bagaimana Berpartisipasi

Proyek BlankOn ini mempunyai beberapa tim yang saling terkait satu sama lain. Setiap tim mempunyai wewenang dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Keahlian yang diperlukan untuk masing-masing tim juga berbeda-beda.

Jika ingin berpartisipasi dalam pengembangan BlankOn, Anda dapat memilih satu atau lebih dari tim yang ada, disesuaikan dengan minat dan bakat Anda. Di bawah ini merupakan daftar tim-tim yang beserta penjelasan singkat serta tautan menuju halaman masing-masing tim :

Tim Infrastruktur

Tim Infrastruktur bertanggung jawab atas infrastruktur BlankOn.

Jika Anda suka dengan administrasi sistem, sedikit mempunyai kemampuan pemrograman, tim ini cocok untuk Anda. Jika Anda tertarik, silakan baca halaman tim Infrastruktur untuk memperoleh informasi lebih jauh tentang tim ini.

Tim Riset dan Aplikasi

Tim Riset dan Aplikasi bertanggung jawab atas aplikasi khas BlankOn, serta melakukan riset yang dibutuhkan fitur.

Tim ini melakukan penelitian dan pengembangan aplikasi-aplikasi terkait dengan pengembangan BlankOn atau aplikasi yang ingin diciptakan pada distribusi BlankOn. Jika Anda menyukai pemrograman, tim ini sangat cocok untuk Anda. Silakan menuju halaman tim Riset dan Aplikasi untuk memperoleh informasi lebih jauh.

Tim Pemaket

Tim Pemaket bertanggung jawab memaketkan paket khas, impor dan mentah.

Tim Pemaket bertugas membuat dan merawat paket-paket yang ada pada distribusi BlankOn, baik paket impor, khas, maupun paket mentah. Penjelasan dari paket-paket tersebut ada pada halaman pemaket, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang tim pemaket ini pada halaman tim Pemaket.

Jika Anda ingin belajar bagaimana distribusi GNU/Linux dirangkai, Anda cocok di tim ini

Tim Kesenian

Tim Kesenian bertanggung jawab atas karya seni yang digunakan BlankOn.

Tim ini bertugas membuat gambar latar, tema BlankOn dan karya seni lainnya yang ada pada proyek BlankOn. Jika Anda suka menggambar, tertarik dengan dunia desain, tim ini sangat cocok untuk Anda.

Apa-apa saja karya seni yang dapat dieksplorasi pada dunia pengembangan distribusi Linux dan pengembangan perangkat lunak dapat Anda temukan pada halaman tim Kesenian.

Tim Jaminan Kualitas

Tim Jaminan Kualitas bertanggung jawab memantau tiket berisi bug / kutu dan memastikan tiket ditutup serta melakukan pengetesan terhadap setiap aspek dari BlankOn agar hasil akhirnya dapat dijamin kualitasnya.

Tim ini merupakan Kontrol Kualitas dari distribusi BlankOn. Setiap jahitan harus diuji oleh tim Jaminan Kualitas. Tidak ada keahlian khusus untuk dapat bergabung dengan tim ini selain mengerti dasar-dasar penggunaan komputer.

Koneksi internet yang cukup memadai sangat membantu tugas tim Jaminan Kualitas. Bagaimana cara melakukan pengujian dapat Anda pelajari selengkapnya pada halaman Tim Jaminan Kualitas.

Tim Dokumentasi

Tim Dokumentasi bertanggung jawab atas dokumentasi rilis.

Jika Anda suka menulis dan mempunyai minat pada bidang jurnalistik, tim ini sangat cocok untuk Anda. Tugas tim Dokumentasi adalah membuat dan merawat dokumentasi untuk proyek maupun untuk rilis distribusi GNU/Linux. Tata cara membuat dokumentasi selanjutnya akan dijelaskan pada halaman tim Dokumentasi.

Tim Humas

Tim Humas bertugas melakukan sosialisasi penggunaan dan pengembangan BlankOn.

Tidak ada keahlian khusus yang dibutuhkan untuk berpartisipasi dalam tim Humas. Tugas tim Humas adalah melakukan sosialisasi penggunaan dan pengembangan BlankOn serta bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memperluas pemasaran proyek BlankOn.

Detail tata cara berkoordinasi dalam tim Humas dapat Anda temukan pada halaman Tim Humas.

Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi Pengembang

Komunikasi pengembang BlankOn lebih sering dilakukan secara daring (dalam jaringan / online), antara lain :

Mailing List

Mailing List digunakan untuk berkoordinasi dan tanya-jawab seputar pengembangan BlankOn, Mailing list BlankOn ada pada ​Google Groups, untuk berlangganan mailing list pengembang BlankOn silakan menuju ke ​milis pengembang BlankOn

Wiki

Wiki digunakan untuk berkoordinasi dan mencatat pekerjaan-pekerjaan seputar pengembangan BlankOn, dokumentasi pengembangan serta menuliskan segala hal yang terkait dengan proyek pengembangan BlankOn.

Trello

Trello digunakan untuk berkoordinasi, membagi serta memantau daftar pekerjaan pengembangan BlankOn.

Trello Pengembang BlankOn Uluwatu

IRC

Untuk komunikasi obrolan pada IRC dapat Anda temukan pada kanal #blankon di Freenode. Catatan percakapan terekam oleh http://irclog.blankon.in/.

Grup Telegram

Grup Telegram pengguna BlankOn

Komunikasi, koordinasi dan kolaborasi secara luring (luar jaringan)

Komunikasi dan koordinasi luring dapat ditemui di BlanKonf, BlanKopdar maupun BlanKoding maupun dengan pertemuan langsung dengan pengembang lain yang domisilinya berdekatan.

Komposisi Tim Pada Awal Pengembangan BlankOn

Konten ini dilisensikan di bawah CC-BY. [ sunting ]



Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri