Aplikasi Multimedia dan Hiburan

BlankOn menyediakan berbagai aplikasi multimedia dan hiburan yang bisa menghibur Anda di saat sibuk bekerja untuk berproduktivitas. Selain itu, ada juga beberapa aplikasi multimedia yang memang didedikasikan untuk mereka yang bekerja di studio musik atau video. Tidak seperti distribusi Linux lainnya, BlankOn secara default sudah menyertakan codec atau pustaka pemutar format multimedia yang tertutup seperti MP3,DVD, WMA, dll. Jadi, Anda tidak perlu lagi memasang codec tambahan untuk memutar format tersebut.

Pengatur volume suara Untuk mengatur volume suara secara umum, Anda bisa klik ikon speaker yang ada di bagian notification area,kemudian mengatur seberapa besar volume suara pada slider yang disediakan.

Pembakar Diska CD/DVD Brasero

ini mendukung pembakaran CD/DVD dengan berbagai format, yaitu Data, Audio dan Video. Untuk membuka aplikasi ini Klik Aplikasi >Suara & Video >Brasero Pembakar Diska segera keluar Buat Proyek baru > Brasero pembakar cakram. Pada jendela utama aplikasi Brasero, Anda akan diminta untuk memilih salah satu proyek yang ingin dibuat, antara lain: Proyek Audio, Proyek Data, Proyek Video, Salin Diska, dan Bakar Salinan Masukkan CD kosong ke Pembakar CD/DVD yang Anda miliki, bila keluar tampilan Buka Pembuat CD/DVD klik saja Batal (Cancel)

Yang pertama kita buat adalah, Proyek audio, membuat CD Audio /Musik tradisional (menggunakan batas waktu 79 menit) yang bisa diputar di semua pemutar CD/DVD. dalam contoh ini kita membuat CD Audio dengan memanfaatkan koleksi lagu Mp3 yang kita miliki, untuk itu klik Proyek Audio untuk memasukkan lagu yang ingin kita buat klik Tambah (Ikon +) Menambahkan berkas kedalam Proyek, cari dimana Anda meletakkan koleksi lagu Anda

Pilih Lagu Apa saja yang ingin Anda masukan ke dalam CD, Jika sudah sesuai dengan pilihan Anda, klik Add Jangan lupa tulis Nama atau judul CD/DVD yang akan dibuat, setelah itu klik Bakar (mulai membakar isi seleksi), tunggu hingga Selesai

Proyek data, membuat data CD/DVD, Klik Proyek data >klik Tambah (Ikon +) Menambahkan berkas kedalam Proyek, Cari dilokasi Anda meletakkan data yang ingin di jadikan Proyek data klik Add

Tulis nama data yang ingin Anda buat, jika sudah selesai tinggal klik bakar, apabila keluar tulisan “Haruskah berkas diganti nama menjadi sepenuhnya kompatible Windows pilih saja sesuai pilihan Anda, tunggu sampai selesai

Proyek video

Untuk membuat CD/DVD Video, klik pada tombol Proyek Video pada menu utama. Atau Anda bisa klik menu ProyekÔProyek BaruÔProyek Video Baru. Sebelum menambahkan berkas video, Anda perlu memilih jenis media pembakaran. Untuk melakukan hal ini, klik ikon ... yang berada di sebelah kiri indikator penunjuk kapasitas. Pilih jenis media sesuai dengan media yang akan digunakan untuk pembakaran. Setiap jenis media memiliki kapasitas video yang berbeda. Setelah menentukan jenis media, klik ikon Tambah pada toolbar dan pilih berkas video yang ingin Anda tambahkan. Anda bisa menambahkan lebih dari satuberkas video. Ingat, karena kapasitas CD/DVD terbatas, jumlah video yang ditampung pun juga terbatas. Jika semua sudah siap, Anda bisa masukkan media pembakaran sesuai dengan jenis yang Anda pilih sebelumnya, lalu klik tombol Bakar.... Aturlah opsi pembakaran, dan terakhir klik tombol Bakar untuk melakukan pembakaran CD/DVD Video.

Salin Diska

Brasero menyediakan fitur untuk menyalin atau menggandakan keping CD/DVD. Untuk melakukan hal ini, klik tombol Salin Diska pada menu utama, atau klikProyek >Proyek Baru >Salin Diska pada menu bar. Pada jendela Opsi Penyalinan, tentukan media yang akan dijadikan sumber untuk menggandakan pada opsi Pilih keping untuk disalin. Kemudian, tentukan tujuan media untuk penggandaanpada Pilihan keping untuk ditulis. Anda bisa membuka opsi penyalinan dengan mengklik tombol Properti. Setelah semua selesai, klik tombol Salin untuk mulai melakukan penyalinan.

Bakar Salinan

Cetakan/Image? merupakan sebuah berkas yang berisikan informasi dan isi dari suatu CD/DVD. Umumnya, format berkas ini berekstensi ISO. Berkas jenis ini digunakan oleh pembuat distro Linux untuk mendistribusikan distronya melalui jalur Internet. Untuk membakar berkas citra tersebut, Anda bisa klik tombol Salinan pada menu utama, atau klik menu Proyek >Proyek Baru >Bakar Salinan Pada tab Pilih suatu image disk untuk ditulis silahkan klik saja disitu,

Cari di Folder mana Anda meletakkan File ISO yang ingin dibakar kalau udah ketemu klik Buka /Open

Agar hasil proyek CD/DVD yang Anda buat hasilnya memuaskan pilih saja kecepatan paling rendah, caranya klik Properti, pada Tab Kecepatan membakar pilih yang paling rendah, misalnya 12 atau 16x (CD), setelah ini klik Bakar tunggu hingga selesai jika Anda ingin membuat Salinan CD/DVD lebih dari satu pilih Bakar Beberapa Salinan.

Pemutar Musik Audacious

Untuk keperluan mengelola musik yang ada di komputer serta memutarnya, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Audacious. Aplikasi ini bisa dibuka melalui Menu Utama BlankOn Aplikasi Suara & Video ->Pemutar Musik Audacious. Antarmuka Audacious tergolong sederhana.

1 Baris Nama Aplikasi. Pada baris ini,terdapat nama aplikasi yang sedang dipakai, disebelah kanan terdapat 3 Ikon yaitu “Perkecil, Kembalikan, dan Tutup”.

2 Baris Menu, menampilkan daftar perintah yang bisa digunakan berupa menu.

3 Baris alat standar, menampilkan ikon-ikon yang fungsinya untuk melakukan perintah utama diantaranya; memutar, mempercepat lagu, menghentikan lagu, dll.

4 Baris Playlist, yaitu baris untuk membuat dan mengatur daftar album yang dibuat.

5 Daftar lagu, merupakan tampilan daftar lagu atau album yang sedang diputar.

  • Ada tray icon nya (jadi tidak memenuhi jendela yang sedang kebuka).
  • Fitur-fitur sederhana Equalizer, visualization dll.
  • Terdapatnya OSD atau notification di setiap aktifitas menggunakan Audacious.

  • Terdapatnya menu rating.

Cara Memasukkan Berkas Lagu ke Daftar Main

Cara favorit penulis memasukkan lagu ke dalam daftar main adalah menggunakan tombol Berkas di panel sebelah kiri. Setelah di klik tombol Buka, muncul peramban berkas media tinggal di cari folder berkas media sampai daftar berkas muncul. Setelah berkas muncul, tinggal pilih berkas (atau kalau semua berkas dimasukkan tinggal menggunakan ctrl+A untuk memblok semua berkas). Setelah memilih, klik kanan salah satu berkas pilih Append to current. Anda dapat membuat daftar main sebanyak yang Anda inginkan. Untuk membuat daftar main baru, klik menu Berkas >Datar Main Baru. Langkah selanjutnya seperti yang dijelaskan pada bagian sebelum ini. Untuk berpindah daftar main Anda tinggal mengklik tab Playlist

Pemutar Film

Untuk memutar video, BlankOn menyediakan aplikasi bernama Totem Media Player yang tampilannya mirip dengan Windows Media Player yang ada di Microsoft Windows. Untuk membuka aplikasi ini, klik menu Aplikasi > Suara & Video >Pemutar Film. Untuk membuka berkas video pada Pemutar Film, klik menu Film >Buka, kemudian pilih berkas video yang ingin diputar, kemudian klik tombol Tambah. Sedangkan jika Anda ingin membuka video dari kepingan CD/DVD, klik menu Film >Putar Disc. Untuk memulai memutar berkas video yang dibuka, klik tombol Putar

Perekam suara

Aplikasi Perekam Suara bisa Anda buka melalui menu Aplikasi >Suara & Video >Perekam Suara. Sebelum melakukan perekaman, pastikan alat input suara berfungsi dengan baik serta pengaturan input pada pengontrol volume sudah diatur sedemikian rupa sehingga bisa menangkap suara dari alat input. Untuk melakukannya Anda bisa mengaktifkan pengontrol volume dengan menu Berkas >Pengatur volume.

Aktifkan tab Masukan. Silakan atur input volume dan penyambung sesuai perangkat yang Anda punyai. Setelah selesai klik tombol tutup. Pada opsi Rekam sebagai di jendela perekam suara, tentukan format berkas hasil rekaman Anda. Setelah semua siap, klik ikon Rekam pada toolbar untuk mulai merekam. Jika sudah selesai merekam, klik ikon Stop. Sebelum menyimpan hasil rekaman, Anda bisa klik ikon Putar untuk memutar rekaman Anda tadi. Kemudian untuk menyimpannya, Anda bisa klik ikon Simpan dan tentukan lokasi serta nama berkas yang ingin disimpan.

Last modified 5 years ago Last modified on 08/09/2012 02:48:25 PM

Attachments (13)

Download all attachments as: .zip