Memasang BlankOn

Bab ini akan membahas bagaimana cara memasang BlankOn pada komputer.
Pemasangan BlankOn akan sangat mudah dilakukan apabila anda sudah memahami persiapan dan langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan.

Kebutuhan Sistem

Sebelum melakukan pemasangan, terlebih dahulu komputer anda harus memenuhi syarat spesifikasi minimal agar BlankOn bisa berjalan dengan lancar.
Berikut ini adalah spesifikasi minimal untuk BlankOn 9.0 Suroboyo:

  1. Prosesor setara pentium IV atau celeron dengan kecepatan minimal 1.0 Ghz atau yang setara.
  1. Memori RAM 1 GB
  1. kartu video atau VGA minimal memiliki memori 128 MB untuk efek desktop.
  1. harddisk dengan ukuran 8 GB

Cara Mendapatkan BlankOn

Untuk mendapatkan DVD BlankOn, anda bisa mengunduh image atau cetakan cd-nya dari situs resmi BlankOn CD Image.
Silakan memilih versi 32bit ataupun 64bit sesuai arsitektur komputer Anda. Berkas cetakan tersebut selanjutnya dibakar ke DVD kosong menggunakan aplikasi
pembakar DVD seperti Brasero, K3b, Nero, Roxio, dsb.

*Tip: jika mengunduh terasa lambat, anda bisa memanfaatkan situs cermin (mirror) sebagai sumber mengunduh berikut ini:

  1. http://kambing.ui.ac.id/iso/blankon/rilis/
  2. http://buaya.klas.or.id/iso/blankon/rilis/
  3. http://repo.ugm.ac.id/iso/blankon
  4. http://mirror.unej.ac.id/iso/blankon/rilis/
  5. ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/blankon

Bagi Anda yang memiliki koneksi terbatas atau bahkan tidak memiliki internet sama sekali, jangan khawatir.
Anda bisa membeli DVD BlankOn melalui toko penjual CD/DVD atau meminjamnya dari teman yang telah memilikinya.
Berikut adalah beberapa toko penjual CD/DVD Linux yang ada di Indonesia:

  1. Juragan Kambing (http://juragan.kambing.ui.ac.id/)
  2. Toko Baliwae (http://toko.baliwae.com/)
  3. Gudang Linux (http://gudanglinux.com/)

Persiapan Menjelang Pemasangan

Sebelum melakukan pemasangan BlankOn, lakukan beberapa persiapan seperti berikut:

  1. Persiapkan DVD BlankOn sebagai bekal proses pemasangan, baca kembali sub bab sebelumnya untuk mengetahui cara mendapatkan DVD BlankOn, pastikan DVD dalam keadaan baik agar proses pemasangan lancar.
  1. Backup atau buat cadangan dari data penting anda ke media penyimpanan cadangan (seperti Flashdisk, Harddisk, CD/DVD) agar data Anda aman dan terhindar dari resiko kehilangan data.
  1. Tentukan skema partisi harddisk yang anda inginkan. Partisi merupakan bagian ruang-ruang data yang terdapat pada harddisk. Jika anda ingin melakukan dual-boot (terdapat dua sistem operasi dalam satu komputer), anda harus membuat partisi baru pada harddisk komputer yang nantinya akan digunakan sebagai tempat pemasangan BlankOn. Pembahasan lebih lanjut akan dijelaskan pada sub bab pemasangan.
  1. Pastikan untuk menjaga kestabilan tegangan listrik. Hal ini untuk menghindari listrik yang tiba-tiba padam pada saat pemasangan dan menyebabkan terjadinya kerusakan fisik pada komputer (terutama harddisk).
  1. Lakukan penyetelan BIOS agar komputer membaca CD terlebih dahulu untuk proses booting. Silahkan merujuk ke manual komputer atau motherboard anda mengenai cara melakukan penyetelan ini.

Persiapan Partisi

Sebelum mulai pemasangan, terlebih dahulu persiapkan partisi kosong untuk yang akan digunakan sebagai tempat pemasangan BlankOn, misal di Windows, anda mempunyai drive C, dan D. salin data yang ada di drive D ke media lain (flashdisk, external harddisk, atau harddisk lain). Drive D akan kita gunakan sebagai tempat instalasi BlankOn. Jika anda mempunyai drive C, D, dan E, anda bisa memindahkan data di drive E ke drive D, lalu drive E yang akan kita gunakan untuk instalasi BlankOn. Jika semua bagian harddisk sudah terpartisi, anda bisa memotong partisi harddisk terakhir dengan langkah berikut ini:

*Peringatan! Jika partisi tersebut merupakan partisi windows, lakukan terlebih dahulu defragmenting melalui tools “Disk Defragmenter” yang terdapat di sistem operasi Microsoft Windows. Hal ini untuk menghindari partisi yang rusak pada saat melakukan pemotongan partisi.

  1. Buka aplikasi editor partisi melalui Menu utama BlankOn > Sistem > Administrasi > Gparted (Editor Partisi).
  1. Pada baris partisi yang ditampilkan, klik kanan pada partisi terakhir (yang paling kanan), lalu pilih menu [>Ubah Ukuran/Pindahkan??<].
  1. Tentukan ukuran baru dari partisi yang anda potong pada opsi [>Ukuran Baru (MiB)<]. Kemudian klik tombol [>Ubah Ukuran/Pindahkan??<].
  1. Terakhir, klik tombol [>Terapkan<] pada toolbar untuk menerapkan perubahan yang dilakukan.

Sekarang anda telah memiliki partisi kosong yang bisa anda manfaatkan untuk pemasangan BlankOn.

Catatan Mengenai Partisi

Partisi Primary /Primer

Jenis partisi ini merupakan jenis partisi utama diharddisk untuk system operasi pada umumnya. Partisi primer hanya bisa dibuat maksimal 4 partisi, hal ini sangat berbeda dengan sistem DOS yang hanya mengijinkan satu jenis partisi primer untuk sistem. Jika kita memakai sistem operasi Linux jenis partisi ini akan terbaca sebagai partisi 1, 2, 3 dan 4. Misalnya terbaca sebagai sda1, sda2, sda3 dan sda4, sedangkan jika kita menggunakan Sistem Operasi Windows akan terbaca sebagai partisi C,D,E dan F.

Partisi Extended /Perluasan Merupakan partisi perluasan untuk mengatasi kekurangan partisi primer dimana hanya dimungkinkan adanya 4 partisi. Jika ingin memiliki partisi lebih dari 4 maka partisi extended /perluasan dibutuhkan yaitu dengan cara mengorbankan satu jenis partisi primer kemudian digunakan sebagai partisi extended /perluasan.Didalam partisi perluasaan ini nantinya dibuat partisi logical untuk mendapatkan partisi yang lebih banyak. Partisi extended tidak dapat digunakan menyimpan data. Partisi jenis ini selalu menempati nomor partisi +1 dari partisi primer. Misalnya ada 2 jenis partisi primer di harddisk sda1 dan sda2, maka posisi partisi extended adalah sda3.

Partisi Logical Jenis partisi logical selalu dibuat didalam partisi extended/ perluasan. Jika kita lihat sepintas maka nomor partisi akan akan lompat 1 nomor. Misalnya kita membuat 5 jenis partisi logical di sda3 maka masing-masing akan terbaca sebagai sda5, sda6 dan sda7, sda8 dan seterusnya.

Memasang BlankOn melalui Live CD == ||

Untuk pemasangan melalui Live CD, anda harus mempersiapkan Live CD dari BlankOn 9.0 info. Masukkan CD tersebut ke dalam CD/DVD-ROM drive pada komputer anda. Restart komputer anda, dan anda akan melihat menu awal dari Live CD BlankOn 9.0 Suroboyo, maka sistem operasi BlankOn 9.0 Suroboyo akan mulai dijalankan melalui CD. Tunggu sebentar sampai desktop BlankOn 9.0 Suroboyo muncul.

live cd blankon suroboyo

Setelah proses booting selesai, maka anda akan melihat desktop BlankOn 9.0 Suroboyo. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum memasangnya ke harddisk. Untuk melakukan pemasangan BlankOn, klik ganda ikon logo Blankon pada pojok kiri atas desktop. Atau klik menu utama BlankOn > System Tools > Install Blankon. Dan kemudian sebuah wahana pandu akan membantu Anda dalam pemasangan BlankOn.

Wahana pandu dalam Blankon 9.0 Suroboyo memiliki 6 bagian yang akan membantu Anda dalam proses instalasi yang sangat sederhana serta cepat. Dalam wahana pandu yang pertama yaitu ucapan selamat datang di instalasi Blankon dengan disertai isian Bahasa, Wilayah serta jenis papan ketik. Setelah anda mengisikan nilai isian lalu klik tombol "Install BlankOn".

Selanjutnya wahana pandu kedua akan memerlukan interaksi Anda untuk memilih target instalasi. Pilihlah partisi yang masih kosong atau yang tidak digunakan oleh sistem operasi lain dalam komputer anda jika sebelumnya sudah terdapat partisi data atau sistem operasi lain. Jika isian sudah selesai maka klik "Next" untuk melanjutkan ke wahana panduan berikutnya.

Dalam wahana pandu ketiga anda diminta untuk memasukkan informasi pribadi tentang nama komputer, nama pengguna serta password pengguna. Jika isian sudah selesai maka klik "Next" untuk melanjutkan ke wahana panduan berikutnya.

Setelah semua informasi yang dibutuhkan untuk instalasi sudah lengkap maka tiba saatnya pengguna untuk memeriksa ringkasan rencana instalasi. Dalam ringkasan tersebut terdapat informasi sebagai berikut:

  1. Harddisk dan partisi target instalasi
  2. Nama komputer
  3. Nama pengguna
  4. Sandi pengguna

Jika dirasa sudah benar maka klik "Next" untuk melanjutkan ke wahana panduan berikutnya.

Kemudian akan muncul tampilan proses instalasi yang sedang berlangsung.

Jika instalasi sudah selesai selanjutnya anda dapat melakukan boot ulang (klik Reboot) atau melanjutkan penggunaan live CD.

Last modified 3 years ago Last modified on 02/17/2014 06:03:02 PM

Attachments (9)

Download all attachments as: .zip