5.4. Pattern

Sebuah object dapat diisi dengan pattern (pola), pattern yang diterapkan pada object dapat dibuat sendiri atau menggunakan pattern yang sudah tersedia.

Cara menggunakan

Pilih object dengan Selector Tool, buka jendela Fill and Stroke, pilih tab Fill atau Stroke kemudian klik Pattern.
No image ".png" attached to Dokumentasi/Panduan/Grafik/Inkscape/Bab5-Pattern

Pada kotak seleksi dibawah Pattern Fill tersedia beberapa pola yang dapat langsung dipilih dan digunakan, pola disediakan diantaranya: path-based, such as stripes, dots, polka dots, checkboard, wavy, camouflage, and ermine, or bitmap-based, such as sand, clothes and old paint.
No image ".png" attached to Dokumentasi/Panduan/Grafik/Inkscape/Bab5-Pattern

5.4.1. Object to Pattern

Model Pattern pada Inkscape memang tidak banyak namun kita juga dapat membuat dan menambahkan pattern sendiri sesuai keinginan, untuk membuat pattern atau pola sendiri, pilih object yang akan dijadikan pattern, kemudian arahkan kursor pada Menu Bar, pilih Object => Pattern => Object to Pattern atau tekan Alt+I. Maka object akan ditambahkan pada daftar pattern.
No image ".png" attached to Dokumentasi/Panduan/Grafik/Inkscape/Bab5-Pattern

Untuk mengembalikan object dari patern, arahkan kursor pada Menu Bar, pilih Object => Pattern => Pattern to Object atau tekan Shift+Alt+I.

Catatan

Pada saat object yang diisi pattern (berasal dari object) mengalami perubahan, maka pattern secara otomatis mengikutinya. Jika menginginkan pattern tidak berubah, hapus tanda centang Transform patterns dari tab Transforms yang dapat diakses melalui Menu Bar => File => Preferences.




Last modified 3 years ago Last modified on 05/13/2014 12:17:19 PM