4.9. Spiral Tool

Spiral Tool dapat digunakan untuk menggambar object berbentuk Spiral.

Cara Menggunakan

Klik ikon Spirals pada Toolboox atau tekan tombol F9, letakkan kursor pada area kerja, klik => tahan dan seret secara melingkar beberapa kali hingga membentuk object spiral, setelah itu lepas.

Pada object Spiral yang dibuat terdapat dua pegangan berbentuk berlian yang fungsinya hampir sama pada Star and Polygon. Jika pegangan bagian luar di putar searah jarum jam (kearah kanan) maka kisi-kisi lingkaran pada spiral jumlahnya akan bertambah, sebaliknya jika di putar berlawanan maka kisi-kisi akan berkurang.
Sedangkan jika pegangan tengah diputar searah jarum jam maka kisi-kisi lingkaran bagian dalam akan berkurang, jarak lebar ruangan pada lingkaran bagian dalam (pusat) akan melebar (membesar), sedangkan jika pegangan diputar sebaliknya maka efek yang terjadi juga sebaliknya.

4.9.1. Ikon Spiral

Untuk memudahkan dalam modifikasi object Spiral dapat menggunakan ikon dan menu Tool Control dengan mengubah atau memasukkan angka tertentu pada kotak isian yang tersedia, berikut penjelasan dari ikon dan menu tersebut:

4.9.1.1. Turns

Untuk mengatur jumlah kisi-kisi pada lingkaran object Spiral

4.9.1.2. Divergence

Untuk mengatur renggang kisi-kisi antara satu dan lainya dengan berpedoman pada angka 1 (satu), jika nilai angka lebih besar dari angka 1 (satu) maka jarak antara kisi-kisi satu dan lainnya akan merenggang, jika nilai angka lebih kecil dari 1 (satu) maka jarak antara kisi-kisi akan menjadi rapat dan ukuran pusat (bagian tengah) spiral membesar.

4.9.1.3. Inner Radius

Untuk mengatur kisi-kisi melalui pegangan bagian dalam, jika nilainya besar maka jumlah kisi-kisi akan berkurang dan lebar dalam ruang pada spiral akan membesar (melebar).

4.9.1.4. Reset Shape

Untuk mengembalikan bentuk object yang sudah di modifikasi ke bentuk awal saat object dibuat.





Last modified 3 years ago Last modified on 06/28/2014 09:50:30 AM

Attachments (4)

Download all attachments as: .zip