4.7. Ellipse Tool

Ellipse Tool digunakan untuk menggambar object berbentuk lingkaran, elips, dan busur.

Cara menggunakan

Klik ikon Create circles, ellipse, and arcs pada Tool Box (tekan tombol F5 atau E pada keyboard) klik dan lepas di Canvas, maka pada canvas terbentuk object lingkaran yang pada pojok kiri dan atas bagian tengah terdapat kotak kecil bujur sangkar, sedangkan pada sisi kanan tengah terdapat dua lingkaran kecil yang saling bertumpuk, jika lingkaran pertama di geser maka lingkaran dibawahnya akan terlihat.

Fungsi kotak tersebut sebagai pegangan untuk mengubah ukuran lebar dan tinggi object, sedangkan lingkaran kecil untuk mengubah object yang semula bentuk lingkaran menjadi elips atau busur.

4.7.1. Modifikasi Object

Untuk mengubah bentuk lingkaran menjadi busur, tarik dan geser pegangan berbentuk lingkaran keatas atau kebawah, atau klik ikon berbentuk Busur pada Tool Control, untuk mengubah bentuk lingkaran menjadi elips tarik dan geser pegangan berbentuk lingkaran keatas sambil menekan tombol Crtl pada keyboard atau klik ikon berbentuk Elips pada Tool Control terlebih dahulu, sedangkan untuk mengembalikan object berbentuk busur ataupun elips ke bentuk lingkaran klik ikon Lingkaran pada Tool Control.

Untuk melakukan pengaturan jarak rentang busur atau elips selain dengan cara menggeser pegangan lingkaran kecil dalam jark tetentu bisa juga dengan mengubah angka pada kotak isian di Start dan End.

Tips

Untuk membuat lingkaran agar lebar dan tinggi sama, saat membuat object lakukan sambil menekan tombol Ctrl, sedangkan jika dilakukan dengan menekan tombol Shift maka object yang terbentuk akan membesar ke semua arah (sisi).




Last modified 3 years ago Last modified on 06/27/2014 11:27:51 AM

Attachments (2)

Download all attachments as: .zip