BAB 3 CANVAS AND PAGE

Seperti pada program desain grafis lain, Inkscape juga menyediakan fitur untuk mengatur halaman kerja, hal ini sangat berguna jika gambar yang dibuat akan dicetak maupun dipasang pada web browser agar lebih serasi, bab ini berisi panduan untuk melakukan pengaturan yang berhubungan dengan halaman kerja.

3.1. Mengatur Canvas dan Halaman

Agar saat membuat gambar lebih mudah sebaiknya kita melakukan pengaturan Canvas (halaman kerja) terlebih dulu, untuk melakukan pengaturan Canvas dan halaman, klik File => Document Properties atau tekan Shift+Ctrl+D. Cara lainnya dapat dilakukan dengan klik ikon Document Properties pada Command Bar.

3.1.1. Default units

Digunakan untuk mengatur jenis ukuran ruler atau penggaris, ukuran default halaman baru inkscape adalah px, namun jika pada saat membuat project ukuran sudah diubah kemudian menyimpan project tersebut dan suatu saat membukanya kembali maka ukuran yang dipakai sesuai dengan ukuran yang sudah diubah terakhir kali. Perbandingan Unit pada Inkscape secara Default sebagai berikut: 1 inch = 1/12 ft = 2.54 cm = 25.4 mm = 0.0254 m = 6 pc = 72 pt. Sedangkan perbandingan inch dengan px adalah 1 inch = 90 px atau 1 px = 0,011 inch.

Catatan:

Unit atau ukuran Feet dan Meter tidak tersedia pada Inkscape karena tidak termasuk standar dalam SVG dan CSS.

3.1.2. Background Canvas

Digunakan untuk mengatur warna Background (latarbelakang) Canvas, warna yang muncul hanya tampilan saja. Untuk mengganti latarbelakang canvas lakukan cara berikut: klik indicator warna canvas disamping kanan tulisan Bakcground, pada subjendela pengaturan yang tampil pilih tab dan warna yang sesuai, setelah sesuai tutup kembali subjendela pengaturan warna latarbelakang tersebut.

Catatan:

Penggunaan warna latarbelakang pada canvas sangat berguna pada saat menggambar object dengan warna tertentu yang sulit dilihat, misalnya pada saat membuat object berwarna putih atau warna lainnya.

3.1.3. Page Size

Page Size digunakan untuk memilih dan mengatur ukuran page atau halaman, terdapat beberapa bagian untuk melakukan pengaturan halaman yaitu:

  • Page Size: digunakan untuk memilih jenis halaman kerja atau kertas, orientation digunakan untuk mengatur posisi kertas.
  • Custom Size: digunakan untuk mengtur jenis halaman secara manual yang tidak tersedia pada daftar di menu Page Size.
  • Units digunakan untuk mengatur ukuran dan satuan antarmuka halaman dan object yang sedang dikerjakan.

3.1.4. Mengatur halaman sesuai Object

Pada saat membuat object dengan ukuran tertentu dan ingin agar ukuran halaman pada inkscape sesuai dengan ukuran object dapat dilakukan dengan mengunakan fitur Rezise page to drawing or selection.

Dalam contoh pada tulisan ini menggunakan fitur Rezise page to drawing or selection untuk management printer, berikut penjelasan singkat cara penerapan Rezise page to drawing or selection pada prtinter.

Agar hasil gambar saat dicetak (print) yang telah dibuat tidak terpotong, maka perlu dilakukan pengaturan batas halaman. Klik Resize page to Content maka akan segera tampil ukuran jarak halaman kerja dari Atas, Bawah, Kiri dan Kanan yang sebelumnya tersembunyi, Atur jarak batas halaman tersebut sesuai kebutuhan, sebagai contoh lakukan pengaturan dengan Top, Left, Right, dan Bottom 1,30 cm (sama semua). Agar jarak Object dengan halaman sesuai dengan pengaturan yang sudah dibuat lakukan langkah berikut: pilih object, kemudian klik Rezise page to drawing or selection.

Catatan:

  • Jika terdapat beberapa object yang akan diatur pada mode ini lakukan group terlebih dulu terhapap object-object tersebut.
  • Batas dari jangkuan cetak tergantung dari jenis dan printer yang dipakai.

3.1.5. Border

Border digunakan untuk menampilkan garis atau bingkai pada tepi halaman, terdapat 3 (tiga) submenu untuk mengatur tampilan bingkai

3.2. Guides

Guides atau garis panduan adalah garis bantu yang dapat dipergunakan untuk mempermudah dalam membuat gambar terutama untuk mengatur letak dan posisi object. Guides dapat digeser dan diatur sesuai posisi object yang dibuat.

3.2.1. Membuat Guides Vertikal dan Horisontal

Arahkan kursor pada ruler (penggaris) bagian atas klik tanda segita kecil kemudian tahan dan seret ke canvas ataupun ke halaman. Untuk membuat guides vertikal seret segitiga kecil tersebut dari arah kiri ke canvas atau page, sedangkan untuk membuat guides horinsontal dapat dilakukan dari atas.

3.2.2. Membuat Guides Diagonal

Guide Diagonal (miring) dapat dibuat dengan menyeret tanda segitiga kecil pada pojok penggaris, secara otomatis garis diagonal yang dihasilkan memiliki kemiringan 450 (empat puluh lima drajat).

3.2.3. Object to Guides

Ukuran rentang guides dapat dibuat dengan mudah sesuai ukuran suatu object, hal ini sangat berguna jika ingin membuat guides dengan ukuran persegi, untuk melakukannya, buat object dengan ukuran tertentu kemudian klik Object => Object to Giudes, maka object akan berubah menjadi guides.

3.2.4. Modifikasi Guides

Klik dua kali guides maka akan keluar jendela untuk mengatur posisi Guides, X menandakan jarak dari kiri kanvas dengan guides, Y menandakan jarak dari bawah kanvas dengan guides, sedangkan Angle (degrees) menunjukan kemiringan guides.

3.2.5. Hapus Guides

Untuk menghapus guides, klik guides hingga warnanya berubah menjadi merah, kemudian tekan tombol Delete pada keyboard, cara lainnya dengan melakukan klik kanan guides => Delete.

3.2.6. Sembunyikan Guides

Untuk Menyembunyikan Guides, klik View => Guides, atau dengan cara klik File => Docoment Properties => Guides, hilangkan tanda centang pada Show guides. Cara lain untuk menyembunyikan Guides dapat dilakukan dengan menekan tombol | (garis tegak-lurus) pada keyboard, lakukan hal yang sama untuk menampilkannya.

3.3. Grids

Grid atau kisi fungsinya hampir sama dengan guides, grid pada Inkscape terdiri dua macam yaitu Grid Rectangular dan Axonometric. Grid Rectangular terdiri dari garis mendatar (horizontal) dan garis tegak (vertical) seperti selembar kertas pada buku matematika yang berisi tabel, sedangkan Grid Axonometric terdiri dari tiga garis yaitu: satu garis vertikal dan dua garis diagonal yang posisinya saling berlawanan dengan kemiringan 300 (tiga puluh derajat). Grid Rectangular biasanya dipakai untuk mempermudah pembuatan object berbentuk persegi, sedangkan Grid Axonometric digunakan untuk mempermudah pembuatan object 3 Dimensi.

3.3.1. Edit dan Buat Grid

Untuk mengedit dan membuat Grid baru, klik File => Document Properties, pilih tab Grids.

3.3.2. Memilih Jenis Grid

Klik submenu di bawah Creation untuk memilih jenis grid yang akan dibuat, kemudian klik New, maka segera tampil menu pengaturan grids.

3.3.3. Sembunyikan Grid

Untuk menyembunyikan grid hilangkan tanda centang (checklist) pada kotak Enable maka semua grid yang sudah dibuat akan tersembunyi, sedangkan jika memilih Visible maka yang tidak tampak adalah grids yang sedang di pilih, misalnya dalam satu canvas terdapat dua grid yaitu grid Rectangular dan grid Axonometric, pada saat menghilangkan tanda centang pada Rectangular grid maka Axonometric grid akan tetap tampak dilayar, begitupun sebaliknya. Cara lain untuk menyembunyikan grid dapat dilakukan dengan menekan tombol # (pagar) pada keyboard, lakukan hal yang sama untuk menampilkannya.

3.3.4. Modifikasi Grid

Jarak dan warna grid dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, berikut penjelasan singkat cara modifikasi grid Klik garis warna yang ada disebelah kanan Major grid line color pilih dan lakukan pengaturan warna grid yang dinginkan, sedangkan untuk menghapus grid klik Remove di menu paling bawah pada jendela pengaturan grid.



Last modified 3 years ago Last modified on 05/11/2014 08:20:19 AM

Attachments (16)

Download all attachments as: .zip