Bab 2 File

Halaman ini khusus menjelaskan secara ringkas dan sederhana mengenai managemen file pada Inkscape. Penjelasan mencakup cara menyimpan, import, export, dan print gambar atau file. Untuk menjalankan menu file, klik File => nama submenu pada Menu Bar. Cara lainnya klik salah satu ikon pada Command Bar, contohnya: New-default, Open, Save, Print, Import, dan Export Bitmap.

2.1. Membuka Halaman Baru

Klik File => New => pilih jenis halaman yang akan dipakai, atau tekan tombol Ctrl+N pada keyboard, cara lainnya klik ikon New pada Command Bar. Standar Document baru pada Inkscape menggunakan halaman A4 dengan orientasi portrait (tegak), walau begitu standar tersebut dapat diubah dengan menggunakan template baru yang kita buat, kemudian mengganti template asli dengan template baru tersebut.

Catatan

Jika menggunakan sistem operasi GNU/Linux settingan template tersebut berada pada direktori /usr/local/inkscape/share/templates dengan nama default.svg.

2.2. Membuka File

Gambar yang dibuat menggunakan Inkscape secara otomatis disimpan dalam bentuk SVG. Gambar yang sudah dibuat sebelumnya dapat dibuka secara langsung dengan melakukan klik dua kali atau cara lain sesuai sistem operasi yang dipakai.

2.2.1. Cara Membuka File

Untuk membuka file yang sudah dibuat sebelumnya lakukan langkah berikut: klik File => Open, atau tekan Ctrl+O pada keyboard, cara lainnya klik ikon Open pada Command Bar, kemudian lakukan pencarian file yang akan dibuka pada direktori komputer Anda.


Untuk melihat tampilan gambar yang akan dibuka, beri tanda centang (check list) pada menu Enable preview, sedangkan untuk menampilkan semua jenis File klik menu All Inkscape Files, setelah document yang akan dibuka sesuai dengan pilihan, klik Open atau klik dua kali. Jika File yang akan dibuka formatnya bukan SVG maka akan tampil pesan peringatan untuk memasukkan gambar dengan menempelkannya (embed) atau melalui tautan (link), pilih salah satu kemudian klik Ok.

Cara lain untuk membuka File adalah dengan melakukan pencarian pada direktori, pilih file tersebut => klik kanan Open with Inkscape.

2.2.2. Open Recent

Open Recent digunakan untuk membuka file yang terakhir dikerjakan dengan memilih nama file yang ada dalam daftar submenu. Daftar File terbaru mencakup seluruh sistem file yang terakhir dibuka. Daftar file yang ada dapat dibersihkan melalui jendela Inkscape Preferences => Interface => Maximum document in Open Recent => Clear list, sedangkan untuk menentukan jumlah list pada submenu tersebut dapat dilakukan dengan mengganti nilai yang sudah ada dengan nilai tertentu yang dinginkan.

Catatan:

Jika ingin membuka file dari media lain atau dari direktori yang tidak terdaftar pada sistem operasi yang dipakai sebaiknya kaitkan (mount) terlebih dulu pada media tersebut

2.2.3. Revert

Mengembalikan file ke kondisi semula sebelum dilakukan perubahan, cara ini berjalan pada gambar bitmap.

2.3. Save File

Agar document atau gambar yang dibuat dapat di gunakan sewaktu-waktu maka perlu disimpan, untuk melakukan penyimpanan lakukan langkah-langkah berikut: Arahkan kursor ke Menu Bar klik File => Save, atau tekan tombol Ctrl+S pada keyboard secara bersamaan, cara lain dapat dilakukan dengan klik ikon Save pada Command Bar

Maka tidak beberapa lama keluar tampilan menu untuk melakukan penyimpanan, arahkan kursor ke Lokasi penyimpanan, sebagai contoh klik folder Pictures atau folder lainnya, pada tab Name tulis judul yang diinginkan, sedangkan untuk memilih jenis file yang akan disimpan klik Inkscape SVG (*.svg) atau pilih jenis file yang sesuai, kemudian klik Save

2.3.1. Save AS (Shift+Ctrl+S

Save As atau Simpan Sebagai digunakan untuk menyimpan File dengan nama dan format lain. Dibawah ini beberapa format yang dapat disimpan oleh Inkscape dengan beberapa keterangannya:

  • .svg ( Satandar SVG), format standar Inkscape, semua bentuk object yang dibuat lebih mudah diedit dikemudian hari menggunakan Inkscape.
  • .svg (Plain SVG0, format SVG yang direkomendasikan sepenuhnya sesuai dengan spesifikasi W3C. Jika menggunakan format ini gambar object berupa shapes yang sudah banyak dimodifikasi akan diubah menjadi path.
  • .svgz (Compressed Inkscape SVG, Format SVG yang telah terkompres dengan gzip, ukuran file lebih kecil sehingga lebih mudah di download maupun di upload ke web.
  • .svgz (Compressed plain SVG), Format SVG gabungan antara Plain SVG dengan Compressed Inkscape SVG.
  • .pdf (Portable Document Format, Format standard yang dibuat oleh Adobe, biasanya digunakan untuk pertukaran file, dengan menggunakan format ini sebagian file yang terdiri dari banyak object dalam group tidak bisa terbaca dengan baik.
  • .png (Cairo PNG), Menyimpan file sebagai PNG melalui Cairo. Untuk melakukan eksport dengan hasil yang lebih baik dapat dilakukannya dengan cara klik File => Export Bitmap ... atau tekan tombol Shift+Ctrl+E pada keyboard.
  • .ps atau .eps (Encapsulated PostScript?), Format standar yang digunakan pada printer jaman dulu (antara tahun 1980-an s/d 1990-an) biasanya untuk object campuran antara vektor dan raster.
  • .pov (Pov Ray or path and shapes only), Format file ray yang dibuat untuk render 3D. File disimpan dalam bentuk Shapes dan path namun stroke tidak ikut tersimpan.
  • .fx (Javafx), Menyimpan file dalam format JavaFX melalui rutin yang berjalan didalam Inkscape, hanya Path dan Shapes yang didukung dengan baik.
  • .odg (Open Document drawing), Format standar yang dipakai oleh OpenOffice? Drawing atau LibreOffice? Drawing.
  • .tex (Latex With PSTricks macros), Format standar yang dipakai LateX.
  • .wmf (Windows Metafile), Format yang dipakai oleh Microsoft, untuk dapat menjalankan mode ini membutuhkan UniConvertor? 1.1.4 atau versi yang lebih baru lagi.
  • .xcf (GIMP XCF maintaining layers), Format dengan metode layer yang digunakan GIMP.
  • .zip (Jessyink zipped or png output), Format untuk memperkecil gambar berupa file SVG menjadi paket zip secara langsung, file yang dihasilkan tidak dapat dibaca langsung oleh Inkscape (untuk dapat membukanya harus di ekstrak dulu). File yang tersimpan dalam paket zip dapat berupa *.png atau *.pdf.
  • .gpl (GIMP Palette), Menyimpan daftar warna yang digunakan dalam gambar menjadi file Palette Gimp.
  • .dxf (AutoCAD DXF R12/R14)(*), Format standar untuk gambar teknik, biasanya digunakan untuk bertukar file dengan perangkat lunak Autocad.
  • .plt or .hpgl (HP Graphic Language Plot file [Auto CAD]), Menyimpan file dalam bentuk format HPGL, digunakan pada berbagai alat plotter dan cutter. Untuk dapat menjalankan mode ini membutuhkan UniConvertor? 1.1.4 atau versi yang lebih baru.
  • .sk1 (sK1 vector graphics files), Untuk menyimpan file dalam bentuk sketsa, agar dapat menjalankan mode ini membutuhkan UniConvertor? 1.1.4 atau versi yang lebih baru.
  • .xaml (Microsoft XAML), Format yang dikembangkan oleh Microsoft untuk antarmuka grafis pada Windows Vista.


2.3.2. Simpan Sebagai Salinan (Shift+Ctrl+Alt+S)

Digunakan untuk menyimpan File lama dengan nama yang sama pada direktori lain.


Catatan

Inkscape juga menyediakan fitur untuk menyimpan perubahan secara otomatis (autosave), fitur ini dapat diaktifkan melalui jendela Inkscape Preferences => Save, jeda waktu dan maksimum penyimpanan dapat diatur dengan megubah nilai yang sudah ada dengan nilai tertentu pada kotak yang tersedia.


2.4. Import File

Inkscape mampu mengimpor berbagai jenis file vektor dan bitmap termasuk mengimpor teks. Beberapa jenis file ditangani secara internal oleh GDK, misalnya file dengan format ani, bmp, gif, ico, ICNS, jpeg, PCX, png, pnm, ras, tga, tiff, WBMP, xbm, XPM dan lain-lain. Beberapa format lain dapat dibuka dengan program tambahan. Salah satu fitur khusus pada Inkscape dapat digunakan untuk mengimpor gambar dari web adalah Open Clip Art Library.

2.4.1. Menjalankan Import File

Terdapat dua metode yang dapat dilakukan untuk mengimpor file ke halaman kerja yang sudah terbuka. Cara pertama adalah dengan menggunakan Window manager kemudian menyeret file yang dipilih ke halaman Inkscape dan melepaskannya (drag and drop). Sedangkan cara kedua dengan cara klik File => Import (Ctrl+I) kemudian klik dua kali file yang akan dibuka. Berikut daftar file yang dapat di import oleh Inkscape (untuk yang bertanda * [bintang] penulis belum mengujinya)

  • .ai (Adobe Illustrator)* versi 9.0 yang dapat dibuka, pada Inkscape v0.47 membutuhkan Uni Converter untuk dapat membukanya.
  • ai.svg (Adobe Illustrator SVG)
  • .ani (Animation Cursor)
  • .bmp (Windows Bitmap)
  • .cdr, .ccx, .cdt, .cmx (Corel DRAW), untuk membukanya membutuhkan UniConvertor?. File cdr Versi 7 sampai dengan X4 membutuhkan UniConvertor? 1.1.1.3 atau versi yang lebih baru.
  • .cgm (Computer Graphics Metafile)* untuk membukanya membutuhkan UniConvertor?.
  • .cur (Windows cursor)
  • .dia (Dia) untuk dapat membuka format ini membutuhkan program Dia yang terpasang pada sistem operasi yang sama.
  • .dxf (Auto CAD), Impor dilakukan dengan script internal, Import ditujukan untuk AutoCAD versi 13, untuk membuka file versi dibawahnya disarankan menggunakan program QCad atau FreeCad?.
  • .eps (Encapsulated PostScript?), membutuhkan Ghostscript dengan utility ps2pdf pada PATH. File EPS dikonversi terlebih dulu ke format PDF kemudian baru diimpor. Pada Inkscape v0.47 dan dibawahnya membutuhkan pstoedit.
  • .fig (XFig), Membutuhkan xfig (fig2dev) yang harus diinstal.
  • .ggr (Gimp gradient), membutuhkan program Gimp untuk dapat melakukannya. Gradient yang di impor akan muncul pada menu Gradien, fitur ini hanya bekerja untuk Gradient linear.
  • .gif (GIF: Graphic Interchange Format)
  • .icns (Apple Icon Image icon icon)
  • .ico (Windows icon)
  • .jpg, .jpe, .jpeg, jp2, .jpc, .jpx, .j2k, .jpf (JPEG and JPEG2000: Joint Photographic Experts Group)
  • .pbm, .pgm, .pnm, .ppm (PNM, Portable Anymap)
  • .pcx (PC Paintbrush Bitmap Format)
  • .pdf (Adobe Portable Document Format), didukung native melalui poppler library.
  • .plt (HPGL File for desktop cutters), untuk membukanya membutuhkan UniConvertor? 1.1.4 atau versi yang lebih baru.
  • .png (PNG: Portable Network Graphic)
  • .ps (PostScript?), membutuhkan Ghostscript dengan utility ps2pdf pada PATH.
  • .ras (Sun Raster)*
  • .sk (Sketch /Skencil), Membutuhkan Skencil yang terpasang dengan baik.
  • .sk1 (sK1, fork of Sketch), untuk membukanya membutuhkan UniConvertor?
  • .svg (SVG)
  • .svgz (SVG Compressed)
  • .tga, .targa (Truevision Advanced Raster Graphics Adapter).
  • .tif, tiff (TIFF: Tagged Image Format)
  • .txt (Text), membutuhkan modul Perl SVG.pm. Teks diimpor sebagai group object teks biasa.
  • .wbmp (Wireless Application Protocol Bitmap Format).
  • .wmf (Windows Meta File) membutuhkan UniConvertor?
  • .wpg (WordPerfect? Graphics)*.
  • .xaml (Microsoft Application eXtensible Markup Language)*.
  • .xbm (X-BitMap?).
  • .xpm (X-Pixmap)

2.4.2. Import dari Open Clip Art Library

Fitur ini akan mengimpor object secara langsung dari situs http://openclipart.org/. Untuk menjalankan fitur ini klik File => Import From Open Clip Art Library, maka segera muncul jendela untuk menghubungkan ke situs Open Clip Art Library

Catatan:

Untuk dapat menjalankan fitur ini komputer harus terhubung dengan internet atau dalam jaringan Jika fitur ini tidak berjalan dengan baik, silakan lakukan pengaturan nama server ke openclipart.org pada jendela Inkscape Preferences => Import /Export

3.5. Export File

Inkscape mampu mengekspor gambar pada berbagai jenis file grafis vektor dan bitmap. Metode ekspor yang dapat dilakukan dibagi dua yaitu export langsung menjadi PNG dan eksport secara langsung menjadi format lain yang didukung oleh Inkscape. Standar grafis PNG adalah standar yang didukung secara native oleh semua web browser utama dan program grafis pada umumnya.

2.5.1. Export to PNG

Untuk melakukan export file menjadi PNG, klik File => Export Bitmap atau tekan Shift+Ctrl+E Pada jendela pengaturan terdapat 4 (empat) Tab yang dapat dipilih dan digunakan untuk melakukan pengaturan pada gambar yang akan di ekspor (kecuali pad tab Custom).

  • Page: hanya object yang berada di dalam area halaman yang di ekspor. Format file yang semula SVG diubah menjadi png, namun format SVG tetap ada.
  • Drawing: ekspor semua object dalam canvas, object paling pinggir menjadi pembatas gambar hasil ekspor.
  • Selection: ekspor object yang dipilih, bject paling pinggir menjadi pembatas gambar hasil ekspor. Nama gambar sesuai dengan nama Object yang dipilih.
  • Custom: ekspor gambar dengan batas sesuai ukuran yang ditentukan secara manual.



Keterangan

  • Area dan ukuran gambar yang akan diekspor dapat diatur dan dimodifikasi pada kotak pengaturan yang disediakan dengan mengubah nilai yang sudah ada dengan nilai tertentu sesuai keinginan. Pada menu Bitmap size ukuran lebar (width) dan tinggi (height) dapat diatur sesuai keinginan, jika salah satu ukuran diubah maka ukuran lainnya akan mengikuti, misalnya ukuran tinggi diubah maka ukuran lebar ikut berubah, begitupun sebaliknya, namun modus ini tidak berlaku pada tab Page.
  • Ukuran resolusi bawaan yang digunakan Inkscape adalah 72 dpi, namun dapat diubah secara manual, semakin tinggi nilai dpi yang dipakai maka semakin besar juga ukuran kapasitas gambar yang dihasilkan hasilnyapun semakin baik. Menu Filename untuk menentukan letak file dan memberi nama file hasil ekspor, klik Browser untuk menuju ke direktori yang diinginkan.


Catatan
  • Jika ingin mengekspor gambar yang berasal dari shape dan path sebaiknya gunakan antara 200 s/d 300 dpi, sedangkan jika yang akan dieksport gambar berupa text gunakan nilai 150 dpi.


2.6. Printing Files

Untuk mencetak (print) gambar secara langsung dapat dilakukan dengan cara klik File => Print atau tekan Ctrl+P. Cara lain klik ikon Printing pada Command Bar. Standard untuk mencetak pada Inkscape adalah GTK, hal ini dapat mencetak gambar dengan baik seperti standard pada PostScript? atau file PDF.

Catatan

Pada beberapa Distro GNU /Linux tertentu proses printing secara langsung dari Inkscape kadang mengalami masalah terutama jika menggunakan mesin printer yang belum mendukung driver secara native, solusinya simpanlah project dengan format PDF, kemudian buka file dan print menggunakan aplikasi pembuka file PDF yang sudah disediakan oleh Distro Linux yang dipakai.

2.7. Vacuuming Files

Perintah File => Vacuum Defs untuk menghilangkan definisi bagian dari <defs> pada file SVG yang tidak terpakai. Cara ini digunakan untuk menghilangkan gradients, patterns, markers, dan filters yang tidak terpakai.

2.8. Close File

Untuk menutup program Inkscape ada beberapa cara yaitu

  • Klik kiri File => Close atau tekan Ctrl+W.
  • Klik kiri pada tanda silang dipojok kanan atas


2.8.1. Pesan Peringatan

Sebuah pesan peringatan akan muncul apabila kita menutup Inkscape yang sebelumnya sudah melakukan perubahan pada object namun perubahan tersebut belum disimpan

  • Klik Save untuk menyimpan dokumen.
  • Close without saving, menutup tanpa menyimpan perubahan.
  • Cancel untuk batal menutup dan program Inkscape akan tetap terbuka.






Last modified 2 years ago Last modified on 11/24/2014 08:17:20 PM

Attachments (11)

Download all attachments as: .zip