Destop BlankOn

BlankOn menyediakan lingkungan kerja atau destop environment yang sangat mudah digunakan bernama Manokwari Shell (http://manokwari.blankonlinux.or.id). Manokwari Sheel adalah desktop shell untuk GNOME 3 dengan Gtk+ dan antarmuka HTML5. Destop ini juga sangat ringan dan sederhana, namun sangat lengkap dari sisi fitur. Pada bab ini, dijelaskan mengenai pengenalan bagian serta pengaturan pada destop BlankOn untuk keperluan bekerja sehari-hari.

Bagian-bagian Destop

Saat komputer dinyalakan, Anda akan masuk ke dalam sistem BlankOn.

Destop BlankOn terdiri dari dua bagian utama, yaitu Area Kerja dan Panel. Area kerja merupakan tempat dimana jendela-jendela aplikasi ditempatkan serta ikon-ikon destop ditampilkan. Sedangkan panel berisikan ikon-ikon dan objek yang membantu Anda dalam bekerja. Panel bawaan di BlankOn menggunakan panel yang merupakan pengembangan mandiri dari pengembang BlankOn yang diberi nama Manokwari. Berikut adalah bagian-bagian dari Manokwari:

Tombol Akses Menu

Ikon satu kali klik untuk menjalankan aplikasi berada di pojok kiri atas.

Panel Menu Utama

Menu utama dari destop BlankOn. Terdiri dari menu Panel yang terdiri dari bagian yang siap digunakan, menu Aplikasi atau menu utama BlankOn untuk membuka suatu aplikasi sesuai kategorinya, menu System Tools untuk membuka beberapa peralatan yang digunakan untuk mengatur sistem yang berhubungan dengan perangkat keras. Menu setting untuk melakukan pengaturan destop maupun pengaturan sistem secara keseluruahan, menu Lokasi untuk membuka isi suatu folder dengan peramban berkas, serta tombol kunci layar, keluar, dan matikan.

Jam dan Tanggal

Penanda tanggal dan waktu sistem.

Kadang kala Jam dan tanggal di notifikasi tidak sesuai dengan dengan keadaan yang ada, untuk melakukan pengaturan Jam dan tanggal tersebut, lakukan langakh berikut; klik Notifikasi jam dan tanggal > Adjust date/time atau bisa juga melalui Menu Utama BlankOn > Setting > Sistem > Tanggal dan Waktu, pada jendela yang ada klik tanda Kunci yang ada di sebelah kanan atas, masukkan Sandi yang Anda buat pada saat melakukan pemasangan kemudian klik Otentikasikan, untuk mengatur jam klik panah mengarah ke atas atupun kebawah pada jam yang tampil pada Jendela, sedangkan untuk mengatur tanggal klik tanda + [>tambah<] untuk memajukan tanggal dan tanda - [>minus<] untuk memundurkan tanggal, lakukan cara yang sama untuk pengaturan Tahun.

Menambahkan Menu Aplikasi pada Panel

Anda dapat menambah atau mengurangi Aplikasi yang sering dipakai pada blankon panel bagian bawah sesuai dengan keinginan. Anda bisa melakukannya dengan meng-klik kanan aplikasi yang akan anda masukan ke dalam Panel bawah, kemudian pilih opsi tambahkan ke destop atau Add to Desktop, untuk menghapusnya klik dan tahan aplikasi tersebut menggunakan Tetikus kemudian seret ke tempat sampah yang tersedia di atas panel tersebut, sedangkan untuk mengubah nama aplikasi, klik menu utama BlankOn > Lokasi > Desktop kemudian klik kanan nama aplikasi pilih ubah nama atau rename, tulis nama sesuai yang di kehendaki.

Mengunci Layar

Jika Anda hendak meninggalkan komputer dalam keadaan hidup dan komputer tidak ingin diutak-atik oleh orang lain, Anda bisa mengunci layar komputer tersebut, sehingga, jika ingin kembali bekerja dengan destop, Anda harus kembali memasukkan sandi Anda terlebih dahulu.

Untuk melakukan hal ini, Anda bisa mengaktifkan fitur kunci layar dengan memilih menu utama BlankOn Lock Screen, atau menggunakan tombol pintas dengan menekan tombol Ctrl+Alt+l pada papan ketik Anda.

Pada kondisi terkunci layar komputer akan lansung dalam keadaan blank. Jika ingin mengaktifkan destop, geser mouse atau tekan sembarang tombol di keyboard, lalu masukkan sandi Anda kembali.

Pengaturan latar belakang

Anda bisa melakukan pengaturan penampilan melalui fitur yang sudah disediakan melalui menu utama BlankOn > Setting > Background > Background > Wallpaper.

Terdapat 4 pilihan lokasi tempat gambar yang dapat anda pilih yaitu:

  • Wallpaper.
  • Picture Folder.
  • Colors & Gradients.
  • Flickr.

Pilih gambar yang anda inginkan sesuai dengan lokasi yang telah dipilih sebelumnya. Segera setelah pengaturan selesai, Anda bisa melihat langsung perubahannya.

Untuk menambahkan gambar dapat anda lakukan dengan klik tombol bujursangkar di pojok kiri bawah jendela pengaturan.

Pengaturan informasi pribadi

Untuk melakukan pengaturan informasi pribadi seperti nama, foto, kata sandi dan sebagainya untuk disimpan oleh sistem, Anda bisa membuka pengaturannya melalui menu utama BlankOn > Settings > Users. Sebelum melakukan perubahan konfigurasi anda harus melakukan pembukaan kunci (unlock) dengan cara klik tombol [>Unlock<]. Masukkan password Administrator untuk pembukaan kunci tersebut.

Pada jendela akun pengguna, Anda bisa memberi informasi pribadi Anda yaitu:

  • Foto pengguna.
  • Jenis akun.
  • Bahasa.
  • Password/kata sandi.
  • Konfigurasi Auto Login.

Untuk mengganti informasi tersebut klik pada nilai saat ini dan selanjutnya bantuan petunjuk panduan akan dimunculkan.

Mengakhiri Sesi

Untuk mengakhiri sesi bekerja Anda di BlankOn tanpa mematikan komputer, Anda bisa klik menu Log Out. Klik tombol [>Log Out<] untuk mengakhiri sesi dan kembali ke layar login.

Mematikan Komputer

Untuk mematikan komputer, Anda bisa klik menu [>Shut Down<]. Terdapat tiga perintah yang bisa Anda jalankan, yaitu:

Matikan

  • Untuk mengakhiri sesi dan mematikan komputer.

Hidupkan Ulang

  • Untuk mengakhiri sesi, mematikan komputer dan menghidupkannya lagi.

Hibernasi

  • Untuk mematikan komputer tanpa perlu mengakhiri sesi Anda. Sesi di memori akan disimpan ke Harddisk dan akan dikembalikan jika komputer kembali dihidupkan.
Last modified 3 years ago Last modified on 03/05/2014 05:37:23 PM

Attachments (11)