TOC?

Menggunakan fitur metoda input Aksara Bali

BlankOn Linux 6.0 (Ombilin) mendukung pengetikan aksara Bali melalui fitur metoda input SCIM dan Fonta Bali yang sudah sesuai dengan standar Unicode dan mendukung fitur-fitur pemrosesan fonta pintar (smartfont) berbasis OpenType? untuk memproses berbagai aturan rumit dalam penulisan aksara Bali. Untuk menggunakan fitur ini, anda harus mengaktifkan metoda input SCIM terlebih dahulu.

Mengaktifkan metoda input SCIM

Untuk mengaktifkan SCIM, klik menu Sistem > Administrasi > Dukungan Bahasa.

Pada opsi "System metoda masukan papan ketik", pilih "scim-immodule". Setelah itu restart desktop Anda.

Menggunakan fitur metoda input aksara Bali

Untuk menggunakan fitur metoda input, bukalah aplikasi pengetikan yang mendukung fitur metoda input dan pemrosesan fonta pintar. Saat ini, hanya aplikasi berbasis GTK+ saja yang bisa digunakan agar mendukung pemrosesan fonta pintar berbasis OpenType?. Anda bisa gunakan Abiword (Aplikasi > Perkantoran > Abiword) atau Penyunting teks Gedit (Aplikasi > Aksesoris > Penyunting Text gedit). Khusus untuk Abiword, set terlebih dahulu Fonta menjadi "Bali". Jika ingin menggunakan Browser, anda harus menggunakan aplikasi Mozilla Firefox (Chromium belum mendukung pemrosesan OpenType?).

Untuk memulai pengetikan, tekan tombol trigger Ctrl+Spasi. Kemudian Anda bisa memulai pengetikan kata dan kalimat yang anda inginkan dalam aksara Bali.

Teknik pengetikan

PERHATIAN : Beberapa kalimat dalam aksara Bali yang dimuat dalam halaman ini mungkin tidak tampil sempurna sesuai dengan aturan jika menggunakan browser Chromium

Pengetikan bisa dilakukan seperti mengetik biasa. Metoda input SCIM akan secara otomatis menerjemahkan apa yang anda ketik dalam aksara Bali. Agar aksara dapat ditampilkan sesuai dengan keinginan, ada beberapa trik-trik khusus dalam proses pengetikan :

  • Tekanlah tombol spasi setiap satu kata, agar proses pemenggalan baris dan pemilihan aksara lebih baik.
  • Untuk menuliskan sebuah suku kata dalam vokal taling (ᬾ), tekan tombol Shift+E setelah mengetik konsonan yang diinginkan. Misalnya dalam mengetik kata "Nenten" (ᬦᬾᬦ᭄ᬢᭂᬦ᭄), tekan tombol (secara berurutan) N, Shift+E, N, T, E, N
  • Untuk menuliskan vokal taling repa (ᬿ) pada suatu suku kata, tekan tombol A + I setelah tombol konsonan yang diinginkan.
  • Untuk menuliskan vokal taling repa tedung (ᭁ) pada suatu suku kata, tekan tombol A + U setelah menekan tombol konsonan yang diinginkan.
  • Untuk menuliskan vokal pepet tedung ( ᭃ) pada suatu suku kata, tekan tombol A + U setelah konsonan yang diinginkan.
  • Untuk menuliskan vokal suku ilut ( ᬹ), tekan tombol U selama 2 kali setelah menekan tombol konsonan yang diinginkan.
  • Untuk menuliskan vokal panjang (kosonan + tedung) dalam suatu suku kata, tekan tombol A dua kali setelah konsonan yang diinginkan. Misalnya, dalam

mengetik "Kaatur" (ᬓᬵᬢᬸᬃ), tekan tombol (secara berurutan) K, A, A, T, U, Shift+R.

  • Untuk menuliskan vokal ulu sari dalam suatu suku kata (dalam kondisi tertentu sesuai aturan penulisan aksara Bali), tekan tombol I dua kali setelah konsonan yang diinginkan. Misalnya, dalam mengetik kata "Sari" (ᬲᬭᬷ), tekan tombol (secara berurutan) S, A, R, I, I.
  • Untuk menuliskan tanda cecek untuk membunyikan konsonan "NG" pada saat tertentu (sesuai dengan aturan penulisan aksara Bali), tekanlah tombol Shift + N + G (secara berurutan sambil menahan tombol yang sebelumnya ditekan) atau (secara berurutan) Shift + N dan Shift + G. Misalnya jika ingin mengetik kata "Kangkung", tekan tombol (secara berurutan) K, A, (Shift + N + G), K, U (Shift + N + G) (ᬓᬂᬓᬸᬂ)
  • Untuk menuliskan tanda bisah untuk membunyikan konsonan "H" pada saat tertentu (sesuai dengan aturan penulisan aksara Bali), tekanlah tombol Shift + H. Misal jika mengetik kata "PISAH" (ᬧᬶᬲᬄ), tekan tombol (secara berurutan) P, I, S, A, Shift + H.
  • Untuk menuliskan tanda surang untuk membunyikan konsonan "R", tekanlah tombol Shift + R. Misal jika mengetik kata "KASAR" (ᬓᬲᬃ), tekan tombol (secara berurutan) K, A, S, A, Shift + R.
  • Untuk menuliskan konsonan-konsonan dengan aksara khusus (selain 18 konsonan standar aksara Bali), gunakan kombinasi tombol seperti tabel berikut :
Da Madu D + H + vokal
Ta Latik T + T + vokal
Ta Tawa T + H + vokal
Sa Sapa S + S + vokal
Sa Saga S + H + vokal
Ba Kembang B + H + vokal
Pa Kapal P + H + vokal
Na Rambat N + N + vokal
Ka Mahaprana K + H + vokal
Ga Gora G + H + vokal
Ca Laca C + H + vokal
Ja Jera J + H + vokal
Ta Murda T + T + H + vokal
Da Murda Alpaprana D + D + vokal
Da Murda Mahaprana D + D + H + vokal
  • Untuk mengetik karakter vokal tunggal (a kara, i kara, u kara). Gunakan kombinasi tombol seperti tabel berikut :
A kara Shift + A
A kara tedung Shift + A (2 kali)
I kara Shift + I
I kara tedung Shift + I (2 kali)
U kara Shift + U
U kara tedung Shift + U (2 kali)
E kara Shift + E
O kara Shift + O
O kara tedung Shift + O (2 kali)
AI kara Shift + A, Shift + I

Contoh Pengetikan

Om Swastyastu ᬒᬁ ᬲ᭄ᬯᬲ᭄ᬢ᭄ᬬᬲ᭄ᬢᬸ᭟ O, M, <spasi>, S, W, A, T, Y, A, S, T, U
Sane Mangkin ᬲᬦᬾ ᬫᬗ᭄ᬓᬶᬦ᭄᭟ S, A, N, Shift+E, <spasi>, M, A, N, G, K, I, N
Sang Arjuna ᬲᬂᬅᬃᬚᬸᬡ ᭟ S, A, Shift+N, Shift+G, <spasi>, Shift+A, Shift+R, J, U, N, N, A
Raja Airlangga ᬭᬚᬐᬃᬮᬗ᭄ᬕ᭟ R, A, J, A, <spasi>, Shift+A, Shift+I, Shift+R, L, A, N, G, G, A
BlankOn Linux (Ditulis Blangkon Linuk) ᬩ᭄ᬮᬗ᭄ᬓᭀᬦ᭄ᬮᬶᬦᬸᬓ᭄᭟ B, L, A, N, G, K, O, N, <spasi>, L, I, N, U, K
Penjor (ditulis Penyjor sesuai dengan aturan aksara Bali) ᬧᬾᬜ᭄ᬚᭀᬃ᭟ P, E, N, Y, J, O, Shift+R
Desa Adat Krobokan ᬤᬾᬱᬅᬤᬢ᭄ᬓ᭄ᬭᭀᬩᭀᬓᬦ᭄᭟ D, E, S, S, A, <spasi>, Shift+A, D, A, T, <spasi>, K, R, O, B, O, K, A, N
Sesapi Putih ᬲᭂᬲᬧᬶᬧᬸᬢᬶᬄ S, E, S, A, P, I, <spasi>, P, U, T, I, Shift+H
Somat Ganteng ᬲᭀᬫᬢ᭄ᬕᬦ᭄ᬢᭂᬂ ᭟ S, O, M, A, T, <spasi>, G, A, N, T, E, Shift+N, Shift+G

Kekurangan

  • Fonta Bali yang disertakan belum mendukung beberapa aplikasi terkenal, seperti OpenOffice?.org, Chromium, dan aplikasi non-GTK lainnya (rencananya Fonta akan di-porting ke teknologi SIL Graphite).
  • Belum menerapkan teknik ligatura untuk penggabungan antara suatu glyph dengan tanda tedung (ᬵ), seperti yang lumbrah digunakan dalam teks aksara Bali.
  • Masih terdapat beberapa kesalahan rendering jika tanda suara atas disandingkan dengan konsonan tertentu (Ka Mahaprana, Ja Jera, Nya, dsb)
Last modified 7 years ago Last modified on 06/19/2010 06:34:44 PM