Aplikasi Grafis

Untuk menunjang kebutuhan Grafis, BlankOn telah menyertakan aplikasi grafis dianratanya; Penampil gambar, Penampil berkas E-Book, Pengelola fotografi Shotwell Foto Manager, dan Libre Office Draw untuk penampil dan penyunting gambar.Semua aplikasi grafis yang ada berfungsi untuk menggantikan aplikasi grafis komersial yang ada di sistem operasi Microsoft Windows Dengan aplikasi Legal. Walaupun ada kemiripan, ada beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui dan dikuasai. Namun dengan pembiasaan diri, tidak akan sulit untuk menggunakan aplikasi grafis yang ada di BlankOn untuk berproduktivitas dan berkreatifias.

Penampil Gambar/Foto?


Penampil Gambar EOG

BlankOn mendukung berbagai format gambar/fotografi yang bisa Anda buka menggunakan aplikasi bernama Eye of GNOME (Eog). Untuk membuka suatu gambar/foto, Anda bisa klik ganda berkas gambar/foto yang ingin dibuka pada peramban berkas Nautilus,pada BlankOn rilis 7 ini aplikasi Eye of Gnome (EoG)yang digunakan adalah versi 2.32.1.

Eog dapat digunakan untuk melihat gambar/foto yang ada di suatu folder. Anda bisa manfaatkan tombol [>Balik<] atau [>Lanjut<]. Jika ingin melakukan slide show pada gambar/foto, Anda bisa tekan tombol F5 pada papan tik atau klik menu Lihat > Deretan Gambar. Eog juga bisa dimanfaatkan untuk memutar atau membalikkan foto. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa manfaatkan perintah yang ada pada menu [>Gambar<].

Pembaca Buku Elektronik

Buku elektronik atau e-book merupakan format distribusi buku yang sangat umum saat ini. Buku-buku atau majalah luar negeri banyak mendistribusikan buku jenis ini selain juga mengedarkan edisi cetaknya. Harga dari buku elektronik jelas lebih murah daripada buku cetak karena tidak memerlukan kertas. Hampir semua buku elektronik di distribusikan dalam bentuk format PDF yang merupakan format dari perusahaan Adobe, inc. Untuk membuka format ini di distro BlankOn, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Evince Document Reader. Klik ganda pada berkas PDF yang ingin Anda buka pada peramban berkas, maka aplikasi Evince akan membukakannya untuk Anda.


Pembaca e-book Evince

Untuk mempermudah navigasi antarhalaman, Anda bisa memanfaatkan side pane yang tersedia di sebelah kiri jendela Evince. Anda juga bisa memanfaatkan tombol arah atau tombol Page Up/Down?.

Untuk memperbesar ukuran halaman dengan memanfaatkan fitur zooming dengan memilih ukuran zoom yang diinginkan pada opsi yang terdapat di bagian kanan toolbar. Agar lebih enak dibaca, Anda bisa membuka halaman dengan layar penuh melalui menu Lihat > Layar Penuh atau Anda bisa tekan tombol F11 pada papan ketik, sebagai tambahan anda juga dapat menampilkan halaman buku elektronik dengan gaya presentasi yaitu melalui menu Lihat > Presentasi atau menekan tombol F5 pada papan ketik.

Album Foto Shotwell

Shotwell adalah program album foto yang mampu mengorganisasi rangkaian foto yang diambil disaat bersamaan secara otomatis. Selain itu juga terdapat fasilitas penajaman, pemutaran, penghilangan efek mata merah, pemotongan gambar, juga pengaturan seperti bukaan, saturasi, tinta, dan temperatur. Dalam pengklasifikasian rangkaian, shotwell mampu mendeteksi foto hingga pertanggal. Kalau kurang nyaman dengan pengklasifikasian per tanggal, bisa kita ubah menjadi nama yang sesuai dengan kejadian saat itu. Terdapat pula fitur slideshow pada bagian bawah jendela utama.


Shotwell

Libre office Draw


Tampilan awal libre office draw

Libre office Draw adalah aplikasi menggambar yang disertakan dalam paket aplikasi libre office ,jika kita kurang mahir menggunakan aplikasi Penyunting bitmap/raster GIMP atau Penyunting vektor Inkscape kita dapat menggunakan aplikasi Libre office Draw untuk menciptakan sebuah karya gambar sederhana.Pada dasarnya aplikasi Libre Office Draw adalah turunan dari aplikasi Open Office Drawing karena menggunakan sumber kode yang sama sehingga tampilan,penggunaan menu dan kurang lebih sama seperti pada Open Office Drawing. Untuk memulai menggmabar cukup sederhana yaitu dengan meng klik menu-menu jenis objek seperti yang ada di toolbar menu bawah,


Toolbar libre office draw

ada banyak pilihan mulai menggambar garis, elips, oval, teks, kurva,konektor, garis dan panah dan beberapa menu lainnya. setelah memilih salah satu menu tersebut (mis:oval) , klik dan tahan tetikus (mouse) pada lembar kerja dan gerakkan sampai ukuran yang dirasa cukup dan lepaskan tetikus. anda dapat menyimpan hasil karya anda dengan format odg, atau langsung mencetak menjadi dokumen pdf dengan memilih menu ekspor sebagai pdf.


Memilih untuk menyimpan


Simpan libre office draw


memilih menu cetak sebagai pdf


Mencetak sebagai pdf

Last modified 5 years ago Last modified on 08/09/2012 12:08:49 PM

Attachments (17)

Download all attachments as: .zip