Aplikasi Internet

Saat ini internet tidaklah lagi termasuk ke dalam kebutuhan tersier atau mewah. Kini, Internet menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang untuk mengakses informasi atau berkomunikasi dengan orang lain di seluruh penjuru dunia. Biaya untuk jaringan Internet sudah tidak semahal seperti pada saat pertama kali diperkenalkan. Bahkan, beberapa tempat umum menyediakan jaringan hotspot yang kebanyakan bersifat gratis agar Anda bisa mengakses internet melalui notebook atau perangkat lain yang memiliki fitur Wi-Fi. Untuk memanfaatkan jaringan Internet, BlankOn menyediakan berbagai aplikasi yang siap dipakai untuk keperluan Anda internet seperti peramban web, klien e-mail atau surat elektronik dan pesan instan.

Koneksi ke Jaringan Internet

Sebelum berselancar di dunia maya menggunakan BlankOn, tentunya Anda harus menyambungkan komputer ke jaringan Internet melalui LAN, Wi-Fi, Modem 3G/HSDPA, atau Modem ADSL.

Melalui kabel LAN

Pada umumnya, tempat-tempat kerja menyediakan jaringan Internet melalui jaringan kabel (wired). Untuk melakukan koneksi internet melalui kabel, cukup sambungkan kabel RJ-45 dari jaringan LAN Anda ke LANCard atau NIC yang ada di komputer atau laptop Anda. Jika muncul pesan bahwa sambungan sudah terjalin pada area notifikasi, berarti komputer telah sukses bergabung dengan jaringan tanpa masalah.

Jika koneksi ternyata gagal, berarti tempat Anda menerapkan pengaturan jaringan secara manual. Untuk itu, Anda perlu menyetel pengaturan jaringan pada komputer Anda terlebih dahulu. Untuk melakukan hal ini, klik kanan pada ikon koneksi jaringan pada area notifikasi, kemudian klik menu [>Sunting Sambungan<].

Pada tab [>Kabel<], klik tombol [>Tambah<] untuk menambahkan pengaturan jaringan baru. Maka akan muncul jendela baru untuk membuat pengaturan jaringan baru. Pada kotak teks [>Nama Sambungan<], ketik nama pengaturan jaringan Anda. Misalnya, nama jaringan penulis: Auto eth0. Anda bisa memberi centang pada [>Menyambung otomatis<] agar pengaturan jaringan tersebut langsung diterapkan jika Anda bergabung dengan jaringan kabel ini. Kemudian buka tab [>Tatanan IPv4<]. Pada tab ini, pilih opsi [>Atur sendiri<] pada metode, kemudian klik tombol [>Tambah<] untuk menambah setting IP jaringan. Isilah[>Alamat<], [>Netmask<], dan [>Gateway<] sesuai dengan pengaturan jaringan di tempat Anda.

Kemudian, isi kotak teks [>DNS Servers<] dengan nomor IP dari DNS Server di Internet, apabila ada lebih dari satu DNS Server bisa menmbahkannya dengan dipisah tanda koma (“,”). Anda bisa menanyakan bagaimana pengaturan jaringan di tempat Anda kepada administrator jaringan di tempat Anda.

Beri tanda centang pada Tersedia untuk semua pengguna jika Anda menghendaki pengguna lain dapat menyambung dengan jaringan ini. Anda akan ditanyakan password root. Masukkan saja password root lalu klik Otentikasikan. Setelah semua pengaturan selesai, klik tombol [>Terapkan<].

Untuk melakukan koneksi dengan jaringan kabel dengan pengaturan jaringan yang baru dibuat, klik pada ikon koneksi jaringan pada area notifikasi. Pada bagian [>Jaringan Kabel<], pilih nama pengaturan jaringan Anda. Maka tidak lama kemudian akan muncul pesan bahwa jaringan telah berhasil terjalin.

Melalui hotspot atau Wireless LAN

Saat ini, banyak sekali terdapat tempat-tempat umum atau perkantoran yang menerapkan jaringan melalui teknologi wireless LAN atau yang sering dikenal dengan istilah hotspot. Dengan jaringan seperti ini, tidak perlu lagi direpotkan dengan penggunaan kabel karena jaringan ini menggunakan gelombang microwave seperti jaringan GSM Handphone. Untuk melakukan koneksi Internet melalui hotspot, sangat mudah sekali. Jika kartu jaringan tanpa kabel sudah terdeteksi dengan baik oleh BlankOn, cukup klik pada ikon koneksi jaringan pada area notifikasi, kemudian pada bagian [>Jaringan Nirkabel<], pilih nama jaringan hotspot yang akan dikoneksikan. Tidak beberapa lama kemudian, koneksi akan langsung terjalin.

Jika ternyata koneksi tidak terjalin, mungkin Anda perlu melakukan penyetelan konfigurasi jaringan secara manual. Untuk melakukan hal ini, klik kanan pada ikon koneksi jaringan pada area notifikasi, lalu klik menu [>Sunting sambungan<]. Buka tab [>Nirkabel<]. Pada tab ini, klik pada nama jaringan yang ingin Anda atur yang diawali dengan teks [>Auto<], lalu klik pada tombol [>Ubah<]. Lalu buka tab [>Pengaturan IPv4<]. Pada tab ini, pilih opsi [>Atur Sendiri<] pada bagian method. Kemudian, klik tombol [>Tambah<] dan isikan [>Address<], [>Netmask<], dan [>Gateway<] sesuai dengan pengaturan jaringan hotspot tersebut. Setelahsemua pengaturan selesai, klik tombol [>Terapkan<]. Sekarang, Anda bisa mengulangi melakukan koneksi kejaringan hotspot yang sudah Anda atur. Maka tidak akan lama, koneksi akan terjalin.

Catatan: Jika kartu jaringan wireless tidak terdeteksi dengan baik, Anda bisa menuju ke Bab 13 pada subbab tentang konfigurasi kartu WLAN.

Melalui modem ADSL

Saat ini, modem ADSL banyak digunakan untuk keperluan Internet melalui jaringan telepon PSTN. Penggunaan modem ADSL tidak serepot menggunakan ISP berbasis radio yang menjamur saat ini, karena tidak perlu membangun tower yang tinggi. Cukup mengandalkan jaringan telpon PSTN yang sudah terpasang. Biasanya, modem ADSL yang ada saat ini sekaligus berfungsi sebagai router untuk jaringan. Anda cukup menyambungkan kabel LAN RJ-45 dari modem ADSL ke LAN Card pada komputer, maka komputer akan langsung melakukan koneksi terhadap modem tersebut. Tidak akan lama, koneksi akan terjalin dan Anda bisa mulai ber-internet ria.

Melalui Mobile Broadband

Setelah Modem Anda dikenali oleh BlankOn Rote, sekarang lakukan setting parameter kartu sesuai provider yang Anda pakai Pertama-tama, klik kanan ikon koneksi jaringan pada area notifikasi, kemudian pilih [>Sunting Koneksi<] jika tidak ada bisa Klik utama BlankOn > Preferensi > Sambungan Jaringan, maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini :

Klik Tambah >Data Seluler > maka akan keluar Sambungan Data Seluler Baru (pada contoh ini saya memakai Modem Huawei, klik Maju

Pada Daftar Negara atau Wilayah Pilih negara tempat Anda berada karena kita berada di Indonesia maka pilih Indonesia (untuk memudahkan pencarian pada Keyboard /Papan Ketik tekan huruf I)

Sekarang masuk ke bagian pemilihan nama Operator selular yang Anda pakai, pilih sesuai dengan kartu yang terpasang pada modem (jika tidak ada dalam pilihan ini klik Tak menemukan operatorku dan masukkan secara manual, tulis nama Provider yang Anda pakai dengan cara manual) klik Lanjutkan

Akan segera keluar ringkasan dari seting dial-up sesuai dengan operator Anda, klik Terapkan

Masukkan username dan password Operator dial-up Anda dengan cara edit jaringan dial-up

Sekarang tinggal lakukan Dialup, dan jika berhasil maka Anda sudah bisa Online dimanapun selama Provider yang Anda pakai mendapatkan sinyal bagus, untuk beberapa jenis modem perlu beberapa kali melakukan dialup baru bisa tersambung ke Internet.

Peramban web Chromium

Kebanyakan orang memanfaatkan jaringan internet dengan melakukan browsing atau meramban halaman web untuk keperluan mencari suatu informasi atau keperluan lainnya. Untuk melakukan browsing pada BlankOn, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bernama Chromium.

Chromium adalah sebuah proyek browser open-source yang bertujuan untuk membangun browser agar pengalaman berselancar bagi pengguna Internet lebih aman, lebih cepat dan lebih stabil.

Untuk membuka aplikasi ini, klik menu Aplikasi > Internet > Peramban Web Chromium atau bisa Anda Klik ikon Chromium di sebelah kanan menu Sistem.

Secara default, chromium akan membuka situs www.google.co.id. Untuk membuka suatu situs, ketik alamat situs yang Anda buka pada bar alamat. Misalnya, untuk membuka situs resmi BlankOn, ketik www.blankonlinux.or.id. Setelah alamat diketik, tekan tombol Enter untuk memulai membukanya. Tunggu sebentar sampai halaman situs dibuka.

Chromium juga bisa Anda gunakan untuk membuka berbagai macam situs dalam satu waktu. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa menambahkan tab baru pada Chromium tanda +. Semakin banyak tab yang Anda buka maka akan semakin banyak memori RAM komputer yang akan dibuka. Jika komputer terasa agak lambat, sebaiknya mengurangi tab yang sudah Anda buka.

Untuk mencatat situs favorit, Anda bisa memanfaatkan fitur Bookmark. Jika Anda mengunjungi beberapa laman web secara rutin Anda dapat membuat bookmark untuk laman itu, yaitu tombol-tombol pada bilah bookmark yang memberikan akses sekali klik ke laman yang diinginkan.

Cara termudah untuk membuat bookmark laman adalah dengan mengeklik ikon bintang disamping samping bilah alamat. Balon yang mengonfirmasi penambahan bookmark akan ditampilkan.

  • Ubah nama bookmark pada bidang [>Nama<].
  • Jika tidak diubah, bookmark disimpan dalam folder bookmark yang terakhir digunakan. Gunakan menu [>Folder<] untuk memilih lokasi penyimpanan bookmark. Jika tidak diubah, lima folder bookmark yang terakhir digunakan akan muncul dalam menu. Jika folder yang diinginkan tidak tercantum, gunakan [>Pilih folder lain<] untuk membuka kotak dialog [>Edit Bookmark<]. Bookmark akan ditempatkan dalam folder yang terakhir digunakan secara bawaan, kecuali jika Anda memilih folder lain dalam menu.
  • Klik [>Cancel<] untuk mengurungkan penambahan bookmark.
  • Jika Anda ingin mengubah URL bookmark, klik [>Edit<]. Lainnya, klik [>Tutup<] untuk menambahkan bookmark.

Perpesanan Instan (IM) dengan Pidgin

Untuk keperluan komunikasi berbasis teks secara langsung atau chatting menggunakan fitur perpesanan instan (Instant Messanging), BlankOn menyediakan aplikasi bernama Pidgin. Aplikasi ini mendukung IM dari berbagai protokol, antara lain Yahoo! Messenger, AIM, Gtalk, ICQ, IRC, MSN, Facebook, MySpace? dan berbagai protokol lainnya. Untuk membuka aplikasi ini, klik menu Aplikasi > Internet > Pesan Internet Pidgin. Maka jendela aplikasi Pidgin akan muncul beserta sebuah ikon yang berada di area notifikasi.

Untuk login menggunakan Pidgin, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan identitas akun IM Anda pada Pidgin. Untuk melakukan hal ini:

  • klik menu [>Akun<]

  • [>Kelola akun<] atau shorcut Ctrl + A,
  • lalu pilih jenis layanan IM serta informasi akun anda, lalu klik menu [>Add<].

Anda bisa mendaftarkan banyak akun IM pada Pidgin serta melakukan login pada beberapa/semua akun tersebut secara bersamaan. Untuk login pada suatu akun, beri tanda centang pada akun IM yang ingin Anda login. Kemudian, daftar nama teman akan muncul pada jendela Daftar Teman. Sekarang, Anda bisa klik ganda pada teman yang ingin Anda chat dan lakukanlah chatting terhadap teman Anda.

Untuk mengatur status akun IM, Anda bisa memanfaatkan pilihan yang terletak di bagian bawah jendela Daftar Teman. Status ini akan muncul pada daftar teman dari teman Anda.

Untuk menambahkan teman, klik menu [>Teman<] > [>Tambah Teman<]. Lalu atur akun yang ingin ditambahkan sebuah teman (jika login lebih dari satu akun) dan berikan nama id akun Anda beserta deskripsinya. Kemudian, klik tombol [>Tambah Teman.<].

Anda juga bisa melakukan chatting tanpa perlu menambahkannya ke daftar teman dengan klik menu [>Teman-teman<] > [>Kirim Pesan Baru<], lalu ketik nama id akun teman yang ingin diajak chat. Anda dapat menyembunyikan jendela daftar teman tanpa perlu melakukan logout dengan cara menutupnya. Daftar teman pada Pidgin bisa Anda buka kembali dengan klik ikon Pidgin pada area notifikasi. Untuk benar-benar keluar dari Pidgin serta melogout semua akun, klik menu [>Teman<] > [>Keluar<] atau tekan tombol Ctrl+Q pada keyboard.

Last modified 5 years ago Last modified on 08/07/2012 10:56:39 AM

Attachments (18)