Aplikasi Internet

Saat ini internet tidaklah lagi termasuk ke dalam kebutuhan tersier atau mewah. Kini, Internet menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang untuk mengakses informasi atau berkomunikasi dengan orang lain di seluruh penjuru dunia. Biaya untuk jaringan Internet sudah tidak semahal seperti pada saat pertama kali diperkenalkan. Bahkan, beberapa tempat umum menyediakan jaringan hotspot yang kebanyakan bersifat gratis agar Anda bisa mengakses internet melalui notebook atau perangkat lain yang memiliki fitur Wi-Fi. Untuk memanfaatkan jaringan Internet, BlankOn menyediakan berbagai aplikasi yang siap dipakai untuk keperluan Anda internet seperti peramban web, klien e-mail atau surat elektronik dan pesan instan.

Koneksi ke Jaringan Internet

Sebelum berselancar di dunia maya menggunakan BlankOn, tentunya Anda harus menyambungkan komputer ke jaringan Internet melalui LAN, Wi-Fi, Modem 3G/HSDPA, atau Modem ADSL.

Melalui kabel LAN

Pada umumnya, tempat-tempat kerja menyediakan jaringan Internet melalui jaringan kabel (wired). Untuk melakukan koneksi internet melalui kabel, cukup sambungkan kabel RJ-45 dari jaringan LAN Anda ke LANCard atau NIC yang ada di komputer Anda. Jika muncul pesan bahwa sambungan sudah terjalin pada area notifikasi, berarti komputer telah sukses bergabung dengan jaringan tanpa masalah.

Jika koneksi ternyata gagal, berarti tempat Anda menerapkan pengaturan jaringan secara manual. Untuk itu, Anda perlu menyetel pengaturan jaringan pada komputer Anda terlebih dahulu. Untuk melakukan hal ini, klik kanan pada ikon dua buah komputer pada area notifikasi, kemudian klik menu [>Sunting Sambungan<].

Pada tab [>Kabel<], klik tombol [>Add<] untuk menambahkan pengaturan jaringan baru. Maka akan muncul jendela baru untuk membuat pengaturan jaringan baru. Pada kotak teks [>Nama Sambungan<], ketik nama pengaturan jaringan Anda. Misalnya, nama jaringan penulis: Auto Eth0. Anda bisa memberi centang pada [>Menyambung otomatis<] agar pengaturan jaringan tersebut langsung diterapkan jika Anda bergabung dengan jaringan kabel ini. Kemudian buka tab [>Tatanan IPv4<]. Pada tab ini, pilih opsi [>Atur sendiri<] pada metode, kemudian klik tombol [>Add<] untuk menambah setting IP jaringan. Isilah[>Alamat<], [>Netmask<], dan [>Gateway<] sesuai dengan pengaturan jaringan di tempat Anda.

Kemudian, isi kotak teks [>DNS Servers<] dengan nomor IP dari DNS Server di Internet. Anda bisa menanyakan bagaimana pengaturan jaringan di tempat Anda kepada administrator jaringan di tempat Anda.

Beri tanda centang pada Tersedia untuk semua pengguna jika Anda menghendaki pengguna lain dapat menyambung dengan jaringan ini. Anda akan ditanyakan password root. Masukkan saja password root lalu klik Otentikasikan. Setelah semua pengaturan selesai, klik tombol [>Terapkan<].

Untuk melakukan koneksi dengan jaringan kabel dengan pengaturan jaringan yang baru dibuat, klik pada ikon dua komputer pada area notifikasi. Pada bagian [>Jaringan Kabel<], pilih nama pengaturan jaringan Anda. Maka tidak lama kemudian akan muncul pesan bahwa jaringan telah berhasil terjalin.

Melalui hotspot atau Wireless LAN

Saat ini, banyak sekali terdapat tempat-tempat umum atau perkantoran yang menerapkan jaringan melalui teknologi wireless LAN atau yang sering dikenal dengan istilah hotspot. Dengan jaringan seperti ini, tidak perlu lagi direpotkan dengan penggunaan kabel karena jaringan ini menggunakan gelombang microwave seperti jaringan GSM Handphone. Untuk melakukan koneksi Internet melalui hotspot, sangat mudah sekali. Jika kartu jaringan tanpa kabel sudah terdeteksi dengan baik oleh BlankOn, cukup klik pada ikon dua komputer pada area notifikasi, kemudian pada bagian [>Jaringan Nirkabel<], pilih nama jaringan hotspot yang akan dikoneksikan. Tidak beberapa lama kemudian, koneksi akan langsung terjalin.

Jika ternyata koneksi tidak terjalin, mungkin Anda perlu melakukan penyetelan konfigurasi jaringan secara manual. Untuk melakukan hal ini, klik kanan pada ikon dua buah komputer pada area notifikasi, lalu klik menu [>Sunting sambungan<]. Buka tab [>Nirkabel<]. Pada tab ini, klik pada nama jaringan yang ingin Anda atur yang diawali dengan teks [>Auto<], lalu klik pada tombol [>Ubah<]. Lalu buka tab [>Pengaturan IPv4<]. Pada tab ini, pilih opsi [>Atur Sendiri<] pada bagian method. Kemudian, klik tombol [>Tambah<] dan isikan [>Address<], [>Netmask<], dan [>Gateway<] sesuai dengan pengaturan jaringan hotspot tersebut. Setelahsemua pengaturan selesai, klik tombol [>Apply<]. Sekarang, Anda bisa mengulangi melakukan koneksi kejaringan hotspot yang sudah Anda atur. Maka tidak akan lama, koneksi akan terjalin.

Catatan: Jika kartu jaringan wireless tidak terdeteksi dengan baik, Anda bisa menuju ke Bab 13 pada subbab tentang konfigurasi kartu WLAN.

Melalui modem ADSL

Saat ini, modem ADSL banyak digunakan untuk keperluan Internet melalui jaringan telepon PSTN. Penggunaan modem ADSL tidak serepot menggunakan ISP berbasis radio yang menjamur saat ini, karena tidak perlu membangun tower yang tinggi. Cukup mengandalkan jaringan telpon PSTN yang sudah terpasang. Biasanya, modem ADSL yang ada saat ini sekaligus berfungsi sebagai router untuk jaringan. Anda cukup menyambungkan kabel LAN RJ-45 dari modem ADSL ke LAN Card pada komputer, maka komputer akan langsung melakukan koneksi terhadap modem tersebut. Tidak akan lama, koneksi akan terjalin dan Anda bisa mulai ber-internet ria.

Melalui Mobile Broadband

Jika Modem GSM/CDMA Anda belum dikenali pada Blankon Pattimura seperti yang pernah saya alami, ini terjadi pada beberapa modem buatan china, maka lakukan langkah seperti dibawah in (tapi bila sudah di kenali langsung kelangkah Setting Parameter Dialup ke Operator)

Agar Modem Anda dikenali oleh BlankOn Pattimura gunakan cara berikut, buka Terminal melalui Aplikasi > Aksesoris >Terminal ( tekan tombol Ctrl+Alt+T secara bersamaan di Keyboard). Masuk ke root terlebih dahulu: Ketik: $ sudo su - tulis Pasword root Anda (bagi yang belum pernah menjalankan terminal/Shell akan bingung karena waktu menulis password tidak keluar tulisan yang diketik, lanjutkan saja terus enter) Setelah itu lihat apakah USB Storage Device sudah dikenali # lsmod | grep usb_storage

Jika Modem di kenali sebagai Flashdisk /Device baru /dev/ttyUSB0 Buang/keluarkan USB Storage Device tersebut # rmmod usb-storage Jika dikenali sebagai CD-Rom gunakan perintah dibawah ini: # eject /dev/sr1 Anda dapat membuang juga usb-serial jika diinginkan # rmmod usb-serial

Cek keberadaan USB Modem GSM/CDMA menggunakan perintah # lsusb

Jika USB Modem GSM/CDM Anda terpasang dengan benar, akan muncul pesan seperti dibawah: Bus 001 Device 005: ID 1199:6880 Perhatikan ID 1199:6880 adalah Modem USB GSM/CDMA Lakukan insert modul menggunakan perintah # modprobe usbserial vendor=0x1199 product=0x6880

(Dalam gambar Modem USB GSM/CDMA dikenali sebagai: Bus 001 Device 002: ID 005: 1199:6880 Sierra Wireless, Inc. untuk modem lainnya tinggal Anda sesuaikan saja dengan Vendor Modem yang Anda pakai) Cabut USB Modem USB GSM/CDMA, tunggu beberapa saat 10 s/d 20 detik, dan masukan kembali ke PC, (jika modem sudah langsung di kenali tidak usah dicabut) Setelah itu pasang kembali modem Anda ke Komputer /Laptop tunggu hingga lampu modem berkedip-kedip, sekarang coba lihat Device USB Modem melalui perintah, # ls -la /dev/ttyU*

Setting Parameter Dialup ke Operator

Setelah Modem Anda dikenali oleh BlankOn Pattimura, sekarang lakukan setting parameter kartu sesuai provider yang Anda pakai Pertama-tama, klik kanan ikon dua buah komputer pada area notifikasi, kemudian pilih [>Sunting Koneksi<] jika tidak ada bisa Klik Sistem > Preferensi > Sambungan Jaringan, maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini :

Klik Tambah (Add) >Data Seluler > maka akan keluar Sambungan Data Seluler Baru (pada contoh ini saya memakai Modem AT&T, jadi dikenali sebagai Sierra HSPA seperti pada gambar) klik Maju

Pada Choose your Provider's Country Pilih negara tempat Anda berada karena kita berada di Indonesia maka pilih Indonesia (untuk memudahkan pencarian pada Keyboard /Papan Ketik tekan huruf I)

Sekarang masuk ke bagian pemilihan nama Provider selular yang Anda pakai, pilih sesuai dengan kartu yang terpasang pada modem (jika tidak ada dalam pilihan ini klik Tak menemukan operatorku dan masukkan secara manual, tulis nama Provider yang Anda pakai dengan cara manual) klik Maju

Di bagian Pilih Jenis Langganan Anda, pilih Tipe langananku tak tertdaftar, pada Tab APN (Access Point Name) yang dipilih tulis nama Provider sesuai pilihan Anda, klik Maju

Jika keluar tampailan Konfirmasi Tatanan Data Sekuker klik Terapkan

Akan segera keluar menu Menyuting xxx connection 1, pilih Data Seluler > jika nama provider anda belum ada disini klik Tambah (Add), Tulis sesuai pilihan Anda, setelah itu lakukan setting parameter sesuai Dialup dari ketentuan provider yang Anda pakai saat ini.

pada saat keluar tampilan kebijakan Sistem, isi pada bagian kata sandi dengan kata sandi yang Anda masukan pada saat melakukan Installasi, klik Otentikasikan

Sekarang tinggal lakukan Dialup, dan jika berhasil maka Anda sudah bisa Online dimanapun selama Provider yang Anda pakai mendapatkan sinyal bagus, untuk beberapa jenis modem perlu beberapa kali melakukan dialup baru bisa tersambung ke Internet.

Peramban web Chromium

Kebanyakan orang memanfaatkan jaringan internet dengan melakukan browsing atau meramban halaman web untuk keperluan mencari suatu informasi atau keperluan lainnya. Untuk melakukan browsing pada BlankOn, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bernama Chromium.

Chromium adalah sebuah proyek browser open-source yang bertujuan untuk membangun browser agar pengalaman berselancar bagi pengguna Internet lebih aman, lebih cepat dan lebih stabil.