Aplikasi Aksesoris

Bagi sebagian orang, memiliki komputer yang mempunyai semua aplikasi yang dibutuhkan dalam kegiatannya setiap hari mungkin menjadi kebutuhan tersendiri. Misalnya saja, seorang siswa yang memiliki kewajiban dalam mengerjakan tugas-tugas dari sekolah, akan sangat membantu bila memiliki kalkulator yang lengkap di dalam komputer atau laptopnya. Pada distro Linux, sudah tersedia beberapa aplikasi aksesoris atau aplikasi tambahan yang sangat berguna dan siap dipakai oleh pengguna, dalam subbab ini akan dibahas beberapa diantaranya.

Kalkulator

Seperti namanya, fungsi aplikasi ini untuk melakukan perhitungan dengan bantuan komputer. Aplikasi ini dapat dijalankan melalui menu Aplikasi > Aksesoris > Kalkulator. Secara default, aplikasi ini akan menampilkan kalkulator sederhana untuk melakukan perhitungan sederhana. Untuk mengubahnya menjadi kalkulator yang lebih rumit, anda bisa pilih salah satu jenis kalkulator pada menu “Mode”.

Tabel Karakter

Untuk membuat teks atau simbol yang tidak ada di papan ketik, akan lebih mudah menggunakan aplikasi bantu yang bernama Tabel Karakter atau Character Map. Aplikasi yang juga memiliki tampilan yang sederhana ini akan memiliki fungsi yang sangat penting sekali, jika kita memerlukan untuk menulis karakter yang tidak terdapat dalam papan ketik. Aplikasi ini dapat ditemukan pada menu Aplikasi > Aksesoris > Tabel Karakter.

Untuk menyalin simbol, Anda bisa klik ganda pada simbol yang ingin Anda salin, lalu klik tombol [>Salin<]. Jika menggunakan aplikasi pengolah kata LibreOffice? Writter, Anda cukup menggunakan fitur karakter khusus melalui menu Sisip > Karakter Khusus.

Penganalisa Penggunaan Disk

Untuk menganalisa penggunaan disk dalam komputer, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Penganalisa Penggunaan Disk. Aplikasi ini berbasis grafis untuk menganalisa penggunaan disk pada lingkungan GNOME, aplikasi ini akan dengan mudah memindai semua struktur pohon filesistem, atau direktori khusus sesuai dengan pilihan Anda. Aplikasi ini bisa diakses melalui menu Aplikasi > Aksesoris > Disk Usage Analyzer

Ambil Cuplikan

Walaupun tidak sering, mungkin saja Anda membutuhkan tangkapan layar atau gambar dari tampilan desktop yang sedang aktif. Dalam BlankOn menyediakan aplikasi bernama Ambil Cuplikan, aplikasi ini terdapat pada menu Aplikasi > Aksesoris > Ambil Cuplikan.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, pekerjaan untuk mengambil gambar dari desktop Anda sendiri dapat dilakukan dengan mudah, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, siapkan terlebih dahulu desktop yang akan kita ambil gambarnya.
  • Kemudian, buka aplikasi ini dan gambar pun siap untuk diambil.
  • Selain cara diatas, Anda juga bisa mengambil tangkapan layar dengan menekan tombol [>Prtscr<] pada papan ketik, atau dengan ditambah tombol [>fn<].

Penyunting Teks

Walaupun kelihatan sepele, aplikasi Teks Editor merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari penggunaan sehari-hari. BlankOn menyediakan aplikasi teks editor bernama Gedit. Aplikasi ini berada di menu Aplikasi > Aksesoris > Text Editor.

Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat dengan mudah untuk membuat ataupun membaca berkas teks yang diinginkan. Dengan kemampuan yang lebih tinggi, teks editor ini pun dapat digunakan untuk menulis bahasa pemrograman karena penggunaan fitur penanda warna pada sintaks kode yang membuat penulisan kode program menjadi lebih enak.

Last modified 6 years ago Last modified on 05/25/2011 12:40:45 PM

Attachments (5)

Download all attachments as: .zip