Pasang, Hapus dan Perawatan Perangkat Lunak

BlankOn Linux sudah menyertakan berbagai perangkat lunak untuk keperluan dasar seperti aplikasi perkantoran, multimedia, internet, grafis, dll. Namun, jika Anda merasa kurang dengan perangkat lunak yang sudah terpasang, Anda bisa melakukan pemasangan perangkat lunak yang Anda inginkan sesuai dengan keperluan.

INGAT! Pemasangan dan penghapusan perangkat lunak membutuhkan hak administratif karena dapat merubah sistem. Untuk itu, yang hanya bisa melakukan hal tersebut hanyalah pengguna yang memiliki kewenangan administratif.

Pengaturan Perangkat Lunak pada BlankOn Linux

Cara pemasangan dan penghapusan perangkat lunak pada BlankOn Linux sangat berbeda dengan cara yang ada di sistem operasi Microsoft Windows. Jika pemasangan perangkat lunak di Windows menggunakan sebuah installer atau program pemasang dari masing-masing perangkat lunak, maka pada BlankOn Linux pemasangan perangkat lunak dilakukan menggunakan sistem manajemen paket perangkat lunak seperti pada Distro Linux lainnya. Manajemen paket yang ada di BlankOn Linux bernama APT.

Di BlankOn, hampir semua perangkat lunak berasal dari suatu tempat yang bernama lumbung paket (package repository). APT adalah program yang berfungsi untuk mengunduh (download) paket yang Anda pilih dari lumbung dan memasangnya di komputer.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu mengunduh sendiri paket perangkat lunak yang ingin Anda pasang. Anda hanya perlu menentukan sumber paket atau lumbung paket perangkat lunak tersebut melalui APT, dan meminta perangkat lunak yang ingin dipasang atau dihapus. Maka APT akan melakukan apa yang Anda inginkan termasuk mengunduh paket, memasang, pemasangan konfigurasi, melakukan konfigurasi sistem, pemutakhiran (update) serta penghapusan.

Lumbung paket bisa berada dari empat sumber, yaitu:

  • Server Web
  • Jaringan Lokal, misalnya dari server NFS,
  • CD/DVD-ROM,
  • Folder lokal.

Komunitas BlankOn memiliki lumbung paket resmi yang berada di situs http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon. Lumbung paket BlankOn sudah berisikan berbagai koleksi perangkat lunak yang lengkap dan siap untuk digunakan.

Selain lumbung paket resmi, juga terdapat lumbung paket-lumbung paket lainnya yang isinya sama, namun hanya berbeda letak servernya. Kebanyakan dari lumbung paket yang ada disediakan oleh penyedia jasa cermin (mirror) dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Berikut adalah beberapa alamat lumbung paket yang ada di Indonesia:

Pengaturan Lumbung paket

Untuk melakukan pengaturan lumbung paket APT, Anda bisa klik menu Sistem > Administrasi > Lumbung Paket. Berikut adalah cara – cara pengaturan lumbung paket dari setiap jenis sumber.

Lumbung paket resmi BlankOn (Internet)

Jika Anda ingin melakukan pengaturan sumber perangkat lunak dari mirror resmi BlankOn Linux, Anda bisa lihat pada tab [>Perangkat Lunak BlankOn<]. Pilih semua cabang perangkat lunak yang tersedia pada bagian [>Paket dari Internet<]. Kemudian, tentukan cermin yang akan Anda gunakan pada bagian [>Unduh dari:<].

repositori resmin blankon

Sebelum melakukan pemutakhiran atau update sistem, terlebih dahulu Anda harus mengaktifkan metoda pemutakhiran lumbung paket resmi BlankOn Linux yang Anda pilih. Untuk melakukan hal ini, klik tab [>Pemutakhiran Sistem<], dan pilih lumbung metoda yang ingin Anda aktifkan dan memberi centang pada semua jenis pemutakhiran pada bagian [>Informasi paket baru untuk BlankOn<].

Lumbung paket jaringan Lokal (Intranet)

Beberapa institusi pendidikan dan kantor menyediakan lumbung paket secara lokal yang bisa Anda manfaatkan untuk menekan biaya penggunaan bandwidth internet. Untuk memanfaatkannya, silahkan tanyakan kepada administrator jaringan Anda tentang baris APT dari lumbung paket termasuk lumbung paket untuk pemutakhiran (jika ada). Lalu tambahkan baris APT baru sesuai dengan cara yang dijelaskan di atas.

Setelah semua pengaturan lumbung paket selesai dilakukan, klik tombol Tutup. Kemudian APT akan meminta Anda untuk mengunduh informasi paket dari setiap lumbung paket, klik pada tombol [>Muat ulang<]. Sekarang, Anda siap melakukan penambahan perangkat lunak untuk BlankOn Linux.

Memasang dan menghapus perangkat lunak

Terdapat dua cara untuk melakukan pemasangan dan penghapusan perangkat lunak. Yaitu melalui fitur menggunakan manajer paket Synaptic dan melalui antarmuka teks dengan perintah APT-GET.

Manajer Paket Synaptic

Jika Anda ingin memasang atau menghapus perangkat lunak secara detail, Anda bisa menggunakan aplikasi Synaptic yang bisa Anda buka melalui menu Sistem > Administrasi > Manajer paket Synaptic.

No image "Gambar-Layar-Manajer-Paket-Synaptic.png" attached to Dokumentasi/Panduan/6/Bab3

Ketikkan nama aplikasi pada kotak pencarian cepat. Aplikasi ini menampilkan daftar paket perangkat lunak secara detail. Selain Anda bisa menambah dan menghapus aplikasi, Anda juga bisa melakukan hal yang sama untuk pustaka sistem yang tersedia. Untuk menandai paket perangkat lunak yang ingin dipasang, klik kanan pada aplikasi yang hendak dipasang lalu pilih menu [>Tandai untuk Pemasangan<]. Sedangkan jika ingin menghapus paket perangkat lunak, klik kanan pada aplikasi lalu pilih menu [>Tandai untuk dibuang<]. Kadangkala, suatu paket perangkat lunak akan meminta satu atau beberapa paket perangkat lunak untuk dipasang (ketergantungan). Jika muncul jendela yang menanyakan hal tersebut, Anda harus setuju untuk menandai paket perangkat lunak yang dibutuhkan agar Anda bisa memasang paket perangkat lunak yang Anda inginkan.

Untuk menerapkannya, Anda bisa klik ikon [>Terapkan<] pada toolbar dan klik tombol [>Terapkan<] pada jendela konfirmasi. Maka APT akan memasang/menghapus perangkat lunak yang Anda minta.

Melalui perintah APT-GET

Menggunakan perintah apt-get sangat sederhana sekali. Anda cukup ketikkan nama paket perangkat lunak yang ingin dipasang/dihapus, maka APT akan melakukan hal yang Anda inginkan.

Untuk menggunakan fitur ini, bukalah antarmuka teks misalnya melalui Terminal dengan menu Aplikas > Aksesoris > Terminal.

Pada terminal, ketik perintah berikut, lalu tekan tombol Enter untuk memasang paket perangkat lunak (Ubah “namapaket” sesuai dengan nama paket perangkat lunak yang hendak Anda pasang):

blankon@blankon:~$ sudo apt-get install namapaket↵

Sedangkan untuk menghapus suatu perangkat lunak, ketik perintah berikut dan tekan tombol Enter (Ingat! Ubah “namapaket” sesuai dengan perangkat lunak yang ingin Anda hapus”):

blankon@blankon:~$ sudo apt-get remove namapaket↵

Jika APT meminta pemasangan/penghapusan perangkat lunak yang dibutuhkan oleh perangkat lunak yang Anda akan pasang/hapus, Anda harus menyetujuinya dengan menekan tombol Y, lalu tekan tombol Enter.

TIP: Untuk memasang/menghapus lebih dari satu paket perangkat lunak, Anda bisa sebutkan lebih dari satu nama paket pada perintah APT yang dipisah dengan spasi. Contohnya, jika ingin memasang perangkat lunak aplikasi Abiword dan Gnumeric sekaligus, Anda bisa ketik perintah berikut

blankon@blankon:~$ sudo apt-get install abiword gnumeric↵

Pemasangan melalui berkas DEB

Selain melalui lumbung paket, Anda juga bisa memasang suatu perangkat lunak yang didistribusikan dalam format berkas DEB seperti aplikasi RealPlayer?, VirtualBox, Skype, dll. Untuk melakukan instalasi dari paket DEB, Anda bisa klik ganda pada berkas DEB tersebut melalui peramban berkas, maka akan muncul jendela yang akan menuntun Anda dalam melakukan pemasangan.

gdebi

Pada jendela tersebut, Anda bisa klik tombol [>Instal paket<]. Maka paket tersebut akan diinstal ke komputer bersamaan dengan paket ketergantungannya.

Merawat Sistem

Secara berkala Tim Pengembang BlankOn dan komunitas menerbitkan paket-paket perangkat lunak dengan versi yang lebih baru ke dalam lumbung. Jika komputer Anda terhubung ke Internet, maka keberadaan paket-paket baru tersebut akan diinformasikan kepada Anda. Jika Anda mau menerima paket-paket baru tersebut, maka sistem akan dimutakhirkan oleh APT dengan mengunduh dan memasang paket-paket itu.

Dengan melakukan pemutakhiran berkala menjadikan sistem Anda terawat karena pada versi baru, biasanya telah dilakukan pemeriksaan dan perbaikan cacat yang telah diketahui sebelumnya. Kadangkala versi baru diterbitkan untuk menutup celah-celah keamanan yang ditemui pada suatu paket.

Untuk melakukan pemutakhiran sistem, pastikan Anda sudah mengaktifkan informasi pemutakhiran dari lumbung paket pada APT seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemudian, klik

menu Sistem > Administrasi > Manajer Pemutakhiran untuk melakukan pemutakhiran sistem.

manajer pemutakhiran

Klik tombol [>Periksa<] untuk memeriksa ketersediaan pemutakhiran. Jika terdapat paket-paket perangkat lunak dengan versi baru, Anda bisa memberi centang paket perangkat lunak yang hendak Anda perbarui. Untuk mengunduh dan memasang update, klik tombol [>Instal Update<]. Maka APT akan melakukan pemutakhiran pada paket perangkat lunak yang Anda pilih.

Selain cara yang dibahas di atas, Anda bisa melakukan pemutakhiran sistem melalui terminal. Untuk melakukan hal ini, buka terminal melalui menu BlankOn > Aksesoris > Terminal. Lakukan pemeriksaan ketersediaan pemutakhiran dengan mengetik perintah seperti berikut, lalu tekan Enter:

blankon@blankon:~$ sudo apt-get update↵

Kemudian, ketik perintah eperti berikut untuk melakukan pemutakhiran paket perangkat lunak, lalu tekan tombol enter:

blankon@blankon:~$ sudo apt-get upgrade↵

INGAT! Pastikan Anda terhubung dengan lumbung paket update agar proses pemutakhiran bisa berjalan dengan lancar.

Last modified 7 years ago Last modified on 06/26/2010 04:48:07 PM

Attachments (6)

Download all attachments as: .zip