BAB IX Aplikasi Grafis

TOC?

Untuk menunjang kebutuhan Grafis, BlankOn Linux telah aplikasi grafis yang lengkap dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pengolahan grafis Anda. Pada bab ini, dijelaskan mengenai beberapa aplikasi grafis yang ada di BlankOn Linux seperti : Penampil gambar, Penampil berkas E-Book, Pengelola fotografi F-Spot, GIMP untuk editor bitmap pada fotografi, Inkscape untuk editor ilustrasi berbasis vektor dan Scribus untuk editor publikasi.

Kesemua aplikasi grafis yang ada berfungsi untuk menggantikan aplikasi grafis komersial yang ada di sistem operasi Microsoft Windows. Walaupun ada kemiripian, ada beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui dan dikuasai. Namun dengan pembiasaan diri, tidak akan sulit untuk menggunakan aplikasi grafis yang ada di BlankOn Linux untuk berproduktivitas.

Penampil Gambar/Foto?

BlankOn Linux mendukung berbagai format gambar/fotografi yang bisa Anda buka menggunakan aplikasi bernama Eye of GNOME (Eog). Untuk membuka suatu gambar/foto, Anda bisa klik ganda berkas gambar/foto yang ingin dibuka pada peramban berkas Nautilus.

Eog dapat digunakan untuk melihat-lihat gambar/foto yang ada di suatu folder. Anda bisa manfaatkan tombol “Balik” atau “Lanjut”. Jika ingin melakukan slide show pada gambar/foto, Anda bisa tekan tombol F5 pada keyboard atau klik menu Lihat > Deretan Gambar. Eog juga bisa dimanfaatkan untuk memutar atau membalikkan foto. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa manfaatkan perintah yang ada pada menu “Gambar”.

TIP: Anda bisa menampilkan deretan gambar foto pada suatu folder seperti gaya film strip dengan memilih menu Lihat > Koleksi Gambar

Pembaca Buku Elektronik

Buku elektronik atau e-book merupakan format distribusi buku yang sangat umum saat ini. Buku-buku atau majalah luar negeri banyak mendistribusikan buku jenis ini selain juga mengedarkan edisi cetaknya. Harga dari buku elektronik jelas lebih murah daripada buku cetak karena tidak memerlukan kertas. Sehingga, global warming dapat ditekan karena penggunaan kertas sama sekali tidak diperlukan.

Hampir semua buku elektronik didistribusikan dalam bentuk format PDF yang merupakan format dari perusahaan Adobe, inc. Untuk membuka format ini di distro BlankOn Linux, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Evince Document Reader. Klik ganda pada berkas PDF yang ingin Anda buka pada peramban berkas, maka aplikasi Evince akan membukakannya kepada Anda.

Untuk mempermudah navigasi antar halaman, Anda bisa memanfaatkan side pane yang tersedia di sebelah kiri jendela Evince. Anda juga bisa memanfaatkan tombol arah atau tombol Page Up/Down?.

Untuk mempebesar ukuran halaman dengan memanfaatkan fitur zooming dengan memilih ukuran zoom yang diinginkan pada opsi yang terdapat di bagian kanan toolbar.

Agar lebih enak dibaca, Anda bisa membuka halaman dengan layar penuh melalui menu Lihat > Layar Penuh atau Anda bisa tekan tombol F11 pada keyboard.

TIP: Anda dapat menampilkan setiap halaman dari buku elektronik dengan gaya slide show layaknya presentasi. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa klik menu Lihat > Presentasi atau tekan tombol F5 pada keyboard.

Editor bitmap/raster GIMP

Untuk keperluan editing gambar/foto yang berbasis bitmap, BlankOn Linux menyediakan aplikasi bernama GIMP (www.gimp.org). Aplikasi ini merupakan salah satu bagian dari paket aplikasi perkantoran GNOME Office.

Aplikasi ini merupakan aplikasi padanan dari editor foto terkenal di sistem operasi Microsoft Windows, yaitu Adobe Photoshop. Jika Anda sudah ahli menggunakan Adobe Photoshop, menggunakan GIMP tidaklah hal yang sulit yang penting adalah Anda harus terbiasa menggunakan aplikasi ini.

Memulai aplikasi GIMP

Untuk membuka GIMP, klik menu BlankOn > Grafik > GIMP Image Editor. Tunggu sebentar hingga jendela utama aplikasi GIMP muncul.

Tidak seperti Photoshop, jendela GIMP terpisah-pisah menjadi tiga bagian, yaitu bagian toolbox (kiri), bagian utama (tengah) dan jendela bantu (kanan). Berbeda dengan Photoshop yang menggabungkan semua jendela tersebut menjadi sebuah jendela.

TIP: Untuk keluar dari aplikasi GIMP, Anda bisa klik tombol keluar (x) pada bagian utama

Untuk membuat kanvas baru, klik menu File > New. Kemudian, tentukan ukuran kanvas serta pengaturan lainnya. Sedangkan untuk membuka suatu gambar/kanvas, klik menu File > Open dan pilih berkas gambar/kanvas yang ingin dibuka. Format kanvas default yang digunakan oleh GIMP adalah XCF. Untuk format lainnya, GIMP mendkung format : GIF, JPEG, PNG, PSD, EPS, BMP, dan ada puluhan format lainnya yang didukung.

Bekerja dengan GIMP

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika Anda sudah terbiasa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, Anda hanya memerlukan sedikit pembiasaan untuk menggunakan GIMP karena penampilannya memang didesain semirip mungkin dengan Adobe Photoshop.

Karena jendelanya yang terpisah-pisah, Anda bisa mengatur sedemikian rupa sehingga semua bagian jendela yang dibutuhkan bisa Anda lihat dan langsung digunakan tanpa perlu lagi memperlihatkan jendela tersebut.

GIMP menyediakan berbagai toolbox yang berfungsi untuk melakukan pemotongan, pemindahan dan menggambar. Untuk mempermudah mengakses toolbox tersebut, Anda bisa menggunakan keyboard shorcut seperti yang dijelaskan pada tabel berikut ini :

FungsiTombol Keyboard
Rectangle selection toolR
Elipse selection toolE
Free/Glasso? select toolF
Fuzzy/Magic? select toolU
Select by colorShift+O
Scissors select toolI
Foreground select tool<tidak ada>
Paths toolB
Color pickerO
Zoom toolZ
Measurement toolShift+M
Move toolM
Allignment toolQ
Crop toolShift+C
Rotate toolShift+R
Scale toolShift+T
Shear toolShift+S
Perspective toolShift+T
Flip toolShift+F
Text toolT
Bucket fill toolShift+B
Blend/Gradient? toolL
Pencil toolN
Paintbrush toolP
Erase toolShift+E
Airbrush ToolA
Ink toolK
Clone toolC
Healing toolH
Perspective clone tool<tidak ada>
Burn/Sharpen? ToolShift+U
Smudge toolS
Dodge/Burn? toolShift+D

TIP. Pengaturan dari tiap-tiap tool terdapat di bagian bawah ikon-ikon tool.

Untuk mempermudah editing, Anda bisa memanfaatkan fitur layer yang akan memisahkan setiap objek yang ada di kanvas Anda. Pengaturan layer bisa Anda lakukan melalui toolbox bantu di bagian kanan layar. Dengan membedakan layer dari setiap objek, Anda bisa lebih mudah memanipulasi suatu objek tanpa perlu menganggu objek lainnya.

Berbagai menu untuk keperluan manipulasi gambar secara keseluruhan dapat ditemukan pada menu Image. Sedangkan untuk memanipulasi suatu layer atau objek yang dipilih, Anda bisa manfaatkan menu Layer. Bagi yang ingin bermain-main dengan warna, silahkan manfaatkan menu Colours untuk melakukan manipulasi warna pada objek.

GIMP menyediakan berbagai efek-efek yang bisa Anda buka melalui menu Filters. Untuk memberi efek pada bagian tertentu, Anda bisa memilih bagian yang ingin diberi efek dengan menggunakan toolbox untuk memilih (selection tool), lalu pilih efek yang diingin pada menu Filters. Kemudian, atur pengaturan efek agar sesuai dengan keinginan Anda.

Lebih lanjut dengan GIMP

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai GIMP, Anda bisa membuka layar bantuan melalui menu Help > Help. Jika ingin membaca bantuan GIMP tanpa perlu koneksi internet, Anda bisa menginstal paket “gimp-help-en” (Bahasa Inggris) melalui APT. Jika Anda baru pertama kali mempelajari editing fotografi, Anda bisa mempelajari dari awal menggunakan aplikasi Adobe Photoshop dan kemudian membiasakan diri untuk menggunakan GIMP.

Editor Inkscape

Inkscape merupakan aplikasi editor grafis vektor yang secara default sudah terinstal di BlankOn. Aplikasi ini adalah padanan dari aplikasi editor grafis vektor komersial Corel Draw yang ada di Microsoft Windows.

Memulai Inkscape

Untuk membuka aplikasi Inkscape, klik menu BlankOn > Grafik > Inkscape Vector Image Editor. Tidak lama kemudian, jendela aplikasi Inkscape akan dibuka. Penampilan dan tata letak dari Inkscape sangat mirip dengan Corel Draw. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan Corel Draw, menggunakan Inkscape tidaklah menjadi hal yang sulit.

Berikut adalah bagian dari aplikasi Inkscape :

  • Menu dan command bar, berisi perintah-perintah untuk aplikasi Inkscape.
  • Tool control bar, berisi pengaturan dari objek yang Anda pilih pada kanvas.
  • Kanvas, disinilah tempat untuk melihat dan mengedit objek-objek pada gambar.
  • Toolbox, berisi berbagai alat-alat menggambar objek serta alat-alat bantu.
  • Pallete, berisi pilihan warna yang bisa Anda gunakan untuk mewarnai suatu objek.
  • Status bar, menampilkan status dari aplikasi, layer, lokasi kursor serta besaran zooming.

Untuk membuka berkas yang sudah tersimpan, Anda bisa klik menu File > Open. Kemudian, pilih berkas yang ingin dibuka. Hampir semua jenis berkas grafis didukung oleh Inkscape, termasuk format dari Corel Draw (*.cdr).

Bekerja dengan Inkscape

Pertama kali bekerja dengan Inkscape, Anda perlu mengatur besar dari ukuran kanvas yang akan digunakan. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa membuka Document Properties melalui menu File > Document Properties, atau Anda bisa tekan tombol Shift+Ctrl+D.

Kemudian, tentukan ukuran dari kanvas serta orientasinya yang diinginkan. Jika ingin menggunakan ukuran Anda sendiri, Anda bisa melakukan pengaturan pada “Custom Size”.

Sekarang, Anda bisa menggambar objek yang diinginkan dengan memanfaatkan toolbox yang berada di kiri jendela aplikasi. Anda bisa mengatur bentuk-bentu pada objek yang Anda buat sedemikian rupa sesuai dengan keinginan Anda. Untuk mengatur bentuk garis pada objek, Anda bisa klik kanan pada objek dan memilih menu “Fill and Stroke”. Maka akan muncul sebuah sidepane di bagian kanan jendela aplikasi yang berisikan pengaturan garis objek. Untuk menyimpan hasil kerja anda, klik menu File > Save. Kemudian, tentukan nama dan letak berkas serta format berkas yang akan digunakan. Format berkas default yang digunakan adalah SVG yang merupakan format universal untuk grafis berbasis vektor.

Mempelajari Inkscape lebih lanjut

Untuk menggunakan Inkscape lebih lanjut, Anda bisa membuka tutorial-tutorial yang bisa Anda akses melalui menu Help > Tutorial. Tutorial tersebut sangat cocok bagi para pemula baik yang baru menggunakan Inkscape atau sama sekali belum pernah melakukan editing grafis. Jika menginginkan yang lebih referensif, Anda bisa klik menu Help > Inkscape Manual. Anda memerlukan koneksi internet untuk membuka manual ini.

Editor publikasi Scribus

Scribus merupakan aplikasi untuk keperluan publikasi yang tersedia pada BlankOn Linux, seperti layaknya aplikasi Adobe InDesign? atau Microsoft Publisher yang ada di sistem operasi Microsoft Windows. Sebelum menggunakan scribus, Anda terlebih dahulu harus menginstalnya dengan cara menginstal paket “scribus” melalui APT.

Memulai Scribus

Untuk membuka aplikasi Scribus, pada desktop klik menu BlankOn > Grafik > Scribus.

Pada awal aplikasi dibuka, akan muncul dialog yang akan membimbing Anda untuk membuat publikasi baru pada tab “New Document” atau publikasi yang sudah ada melalui tab “Open Exiting Document” atau “Open Recent Documents”. Jika ingin membuat publikasi baru, Anda bisa atur pengaturan halaman yang terdapat pada tab “New Document” kemudian klik tombol OK.

Penampilan aplikasi Scribus sangat sederhana sekali, layaknya aplikasi Adobe PageMaker? pada masa lampau. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing bagian pada jendela aplikasi :

  • Menu bar, menampilkan daftar menu perintah pada aplikasi scribus.
  • Toolbar, menampilkan ikon-ikon perintah untuk manipulasi publikasi.
  • Ruler, atau penggaris membantu Anda dalam pengukuran suatu objek atau membuat tabulasi.
  • Bagian utama, tempat Anda melakukan pengeditan objek pada publikasi.
  • Pengaturan Navigasi, berisikan menu dan perintah untuk melakukan navigasi dan perbesaran (zooming) pada dokumen.

Format file yang akan digunakan dalam penyimpanan publikasi adalah SLA. Anda bisa mengekspor publikasi Anda ke format publikasi populer, PDF dengan memilih menu File > Export > Save as PDF.

Menggunakan Scribus

Mempelajari aplikasi Scribus sangat mudah sekali termasuk bagi Anda yang tidak memiliki kemampuan layouting. Jika ingin menggunakan templat-templat yang sudah ada, Anda bisa klik menu File > New from Template.

Untuk membuat suatu objek pada halaman, Anda bisa klik objek yang Anda buat melalui toolbar kemudian menempatkannya pada halaman. Jika ingin melakukan pengaturan suatu objek, Anda bisa membuka jendela pop-up pengaturan objek dengan memilih menu Window > Properties.

Dalam pembuatan publikasi yang memiliki banyak halaman seperti Buku, Majalah atau Tabloid, Anda perlu membuat Master Page dari publikasi Anda. Dengan membuat Master Page, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengatur tata letak pada masing-masing halaman yang sama. Untuk mengedit Master Page, klik menu Edit > Master Page. Untuk menerapkan Master Page pada halaman publikasi, klik menu Page > Apply Master Page.

Lebih lanjut dengan Scribus

Untuk mempelajari Scribus lebih lanjut, Anda bisa membuka dokumentasi Scribus melalui menu http://docs.scribus.com. Anda juga bisa mempelajari Scribus melalui buku-buku panduan Scribus yang ada di Indonesia maupun Mancanegara. Diharapkan, aplikasi Scribus ini bisa menjadi alternatif dari aplikasi publikasi yang ada.

Last modified 8 years ago Last modified on 07/13/2009 01:06:33 PM

Attachments (8)

Download all attachments as: .zip