Last modified 5 years ago Last modified on 07/13/2009 01:16:14 PM

BAB VIII Aplikasi Perkantoran

TOC?

Untuk kebutuhan perkantoran, BlankOn Linux menyediakan sebuah paket aplikasi perkantoran yang bernama OpenOffice?.org. OpenOffice?.org merupakan aplikasi perkantoran open source yang dapat digunakan dengan bebas dan didapatkan secara gratis. Penggunaan aplikasi ini sangat mirip dengan Microsoft Office 2003, sehingga ramah terhadap pengguna yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi tersebut.

Pada bab ini, dijelaskan mengenai penggunaan paket aplikasi perkantoran OpenOffice?.org untuk keperluan pengolahan kata, pengolahan sheet dan presentasi. Selain itu, dijelaskan juga penggunaan aplikasi perkantoran Abiword dan Gnumeric yang merupakan aplikasi perkantoran sederhana yang terdapat di BlankOn Linux minimalis. Diharapkan dengan membaca bab ini, Anda mampu untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut untuk berproduktivitas.

Pengolah kata OpenOffice?.org Writer

OpenOffice?.org Writer merupakan aplikasi pengolah kata yang merupakan bagian dari paket aplikasi perkantoran OpenOffice?.org. Fitur dan penggunaan aplikasi ini sangat mirip dan setara dengan Microsoft Word. Dalam subbab ini, dijelaskan mengenai pengenalan dan sedikit penjelasan mengenai OpenOffice?.org Writer.

Mulai bekerja dengan OpenOffice?.org Writer

Untuk membuka aplikasi ini, klik menu BlankOn > Perkantoran > OpenOffice?.org Writer. Pada saat pertama kali dibuka, Anda akan melihat sebuah kertas kosong yang siap Anda gunakan untuk keperluan pengolahan kata. Jika Anda ingin membuka dokumen yang telah tersimpan, Anda bisa klik menu File > Open. Berikut adalah format dokumen yang didukung oleh OpenOffice?.org Writer :

  • Open Document Text (Format default yang telah menjadi standar ISO)
  • OpenOffice?.org 1.x
  • Microsoft Word 97/2000/XP/2003
  • Microsoft Word 2007 (Hanya membuka saja)
  • Rich Text Format
  • HTML Document
  • Docbook XML

PERHATIAN''' Untuk menjaga agar semua isi dan formatting yang dibuat menggunakan OpenOffice?.org Writer tersimpan dengan baik, disarankan untuk menyimpan menggunakan format default OpenDocument? Format.

Pengenalan Antarmuka

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, antarmuka dari OpenOffice?.org Writer sangat mirip dengan aplikasi Word 2003. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing bagian didalam aplikasi ini :

  • Menu bar, menampilkan daftar perintah yang bisa digunakan berupa menu.
  • Toolbar utama, menampilkan ikon-ikon yang merupakan perintah utama dan esensial dalam bekerja di OpenOffice?.org Writer, seperti perintah New, Open, Save, Print, Undo, Paste, Copy, dsb.
  • Toolbar formatting, menampilkan ikon-ikon serta pengaturan untuk melakukan format dokumen, seperti pengaturan fonta, jenis huruf, perataan teks, penomoran, dsb.
  • Penggaris/ruler, merupakan alat bantu untuk mengukur panjang kertas, margin, serta jarak tabulasi.
  • Status bar, menampilkan status dalam bekerja.

Selain toolbar yang ada, Anda juga bisa menambahkan beberapa toolbar lainnya melalui menu View > Toolbars > Toolbar yang ingin ditambahkan. Setiap toolbar memiliki fungsi masing-masing dan sangat membantu mempercepat Anda dalam bekerja.

Walaupun fiturnya setara dan antarmukanya mirip dengan Microsoft Word. Namun ada beberapa perintah di OpenOffice?.org yang letaknya berbeda. Berikut adalah perbedaan letak menu antara Word 2003 dengan Writer :

Microsoft WordOpenOffice?.org Writer
File > Page SetupFormat > Page
Format > FontFormat > Characters
Format > Border and ShadingFormat > Page > Border
Format > TabsFormat > Paragraph > Tabs
Format > Drop CapFormat > Paragraph > Drop Cap
Insert > Picture > WordartToolbar Drawing > Fontwork
Insert > Picture > ChartInsert > Object > Chart

Perlu sedikit pembiasaan diri dan kesabaran untuk melatih diri agar terbiasa menggunakan OpenOffice?.org jika Anda belum terbiasa. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mencoba-coba mengerjakan suatu naskah dengan OpenOffice?.org jika tidak dalam keadaan sangat penting.

Bekerja dengan Writer

Sebelum mengetik isi dokumen, Anda perlu mengatur terlebih dahulu pengaturan halaman pada dokumen meliputi pengaturan ukuran kertas dan margin. Untuk melakukan hal ini, klik menu Format > Page.

Kemudian, klik tab “Page” dan aturlah ukuran kertas serta orientasi dokumen yang diinginkan pada pengaturan “Paper format”, sedangkan untuk pengaturan margin (jarak batas), aturlah pada pengaturan “Margins”. Setelah pengaturan selesai, Anda bisa klik tombol OK. Sekarang, Anda bisa mengetik dan mengedit isi dokumen Anda. Untuk mempercepat waktu, Anda bisa gunakan keyboard shortcut berikut ini untuk melakukan penyuntingan. Penggunaan keyboard shortcut akan meminimalisasi penggunaan mouse.

FungsiKeyboard Shortcut
Memblok (memilih) teksShift+tanda panah kiri/kanan
Copy (menyalin)Ctrl+C
Cut (memotong)Ctrl+X
Paste (menempel apa yang disalin/dipotong)Ctrl+V
Blok semuaCtrl+A
Undo (batalkan)Ctrl+Z
Redo (kembalikan apa yang dibatalkan dengan perintah Undo)Ctrl+Y

Agar dokumen Anda lebih menarik, tentunya Anda perlu melakukan formatting pada dokmen sehingga membuat dokumen Anda lebih cantik, elegan dan profesional. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa memblok teks yang ingin diformat lalu memanfaatkan toolbar formatting yang terdapat di bagian atas penggaris. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai keyboard shortcut berikut ini :

FungsiKeyboard Shortcut
Bold (menebalkan)Ctrl+B
Italic (miring)Ctrl+I
Underline (bergaris bawah)Ctrl+U
Double underline (garis bawah ganda)Ctrl+D
Hilangkan formatCtrl+0
Heading 1-5Ctrl+1-5
Rata kiriCtrl+L
Rata kananCtrl+R
Rata kiri-kananCtrl+K
SubscriptCtrl+Shift+B
SuperscriptCtrl+Shift+P

Untuk mengelola berbagai jenis gaya formatting, Anda bisa memanfaatkan fitur Styles and Formatting yang bisa Anda akses melalui menu Format > Styles and formatting atau dengan menekan tombol F11 pada keyboard. Melalui fitur ini, Anda bisa mengatur berbagai gaya formatting untuk format paragraf, karakter, halaman, bingkai dan daftar.

Jika Anda ingin menggambar bentuk atau objek lainnya, Anda bisa memanfaatkan toolbar drawing yang bisa Anda buka melalui menu View > Toolbars > Drawing. Sama seperti toolbar drawing di Microsoft Word, disini Anda bisa menggambar suatu bentuk, menyisipkan gambar, mengatur bayangan dan 3D pada objek.

Untuk menyimpan hasil pekerjaan anda, klik menu File > Save. Lalu, tentukan lokasi penyimpanan berkas serta format berkas yang diinginkan. Kemudian, klik tombol “Save”. Anda juga bisa menyimpan hasil pekerjaan Anda dengan menekan tombol Ctrl+S pada keyboard.

Membuat tabel

Untuk membuat tabel, Anda bisa klik menu Table > Insert > Table. Kemudian, tentukan jumlah baris pada pengaturan “Rows” dan jumlah kolom pada pengaturan “Collumn”. Jika ingin membuat judul kolom, Anda bisa beri centang pada “Heading” dan “Repeat heading”. Setelah itu, klik tombol OK.

Jika ingin membuat baris/kolom baru pada tabel, Anda bisa klik kanan pada baris/kolom yang ingin disisipi, lalu klik menu Rows/Column? > Insert. Kemudian, tentukan jumlah baris/kolom yang ingin ditambahkan serta posisi disisipinya baris/kolom baru tersebut. Setelah itu, klik tombol OK.

Mungkin Anda perlu menggabungkan beberapa bagian sel pada tabel, untuk melakukan hal ini, blok pada sel yang ingin digabung lalu klik kanan dan pilih menu Cells > Merge. Sedangkan untuk memecah sel, klik kanan pada sel yang ingin dipecah lalu pilih menu Cells > Split. Kemudian, tentukan jumlah baris/kolom hasil pecahan sel tersebut, dan terakhir klik tombol OK.

TIP: Untuk menambah koleksi gallery pada OpenOffice?.org dengan berbagai clipart, Anda bisa memasang paket openclipart-openoffice.org melalui APT.

Pengolah Kata ringan Abiword

Selain aplikasi OpenOffice?.org Writer, terdapat juga aplikasi pengolah kata yang sangat ringan bernama Abiword. Aplikasi ini sudah terdapat di BlankOn edisi Minimalis. Jika ingin mencobanya pada BlankOn regular, Anda bisa memasang paket “abiword” melalui APT.

Memulai Bekerja

Untuk membuka Abiword, klik menu BlankOn > Perkantoran > AbiWord?. Sama seperti aplikasi pengolah kata lainnya, pada pertama kali dibuka Abiword akan menampilkan kertas kosong yang siap untuk diisi atau diolah.

Antarmuka dari Abiword sangat sederhana dan lebih minimalis daripada aplikasi OpenOffice?.org Writer. Selain antarmuka, fiturnya pun juga lebih sedikit. Fitur-fitur yang tidak esensial pada aplikasi pengolah kata seperti drawing tidak akan Anda temukan pada aplikasi ini. Abiword memang ditujukan bagi yang menginginkan aplikasi pengolah kata yang sederhana dan ringan.

Untuk membuka suatu berkas pengolahan kata menggunakan Abiword, klik pada menu Berkas > Buka. Abiword menggunakan format khusus bernama ABW. Untuk format lainnya, Abiword mendukung berbagai format berikut :

  • OpenDocument? Text (ODT)
  • Microsoft Word Document (DOC)
  • Rich Text Format (RTF)
  • Hypertext Markup Language (HTML)
  • Adobe Portable Document Format (PDF)

dll.

Pengenalan Antarmuka

Berikut adalah bagian-bagian dari jendela antarmuka aplikasi Abiword dari atas ke bawah :

  • Menu bar, berisikan berbagai perintah untuk Abiword dalam bentuk menu.
  • Toolbar standar, berisikan berbagai ikon-ikon perintah esensial. Seperti membuat dokumen baru, membuka, menyimpan, mencetak, menyalin, dll.
  • Toolbar formatting, berisikan berbagai ikon-ikon perintah serta pengaturan formatting. Seperti pengaturan jenis paragraph, ukuran fonta, jenis fonta, perataan, dll.
  • Mistar/Ruler?, membantu dalam mengukur panjang serta mengatur jarak tabulasi.
  • Dokumen anda, disinilah dokumen Anda untuk disunting dan ditampilkan.
  • Selain toolbar yang ada, Anda juga bisa menambahkan dua toolbar tambahan lagi yaitu : toolbar tabel dan toolbar ekstra. Masing-masing bisa dibuka melalui menu Tampilan > Papan Simbol Perintah.

Bekerja dengan Abiword

Bekerja dengan Abiword sebenarnya sama dengan cara bekerja dengan aplikasi pengolah kata lainnya, seperti OpenOffice?.org Writer dan Microsoft Word. Pertama-tama, Anda bisa melakukan pengaturan halaman melalui menu Berkas > Aturan Halaman. Pengaturannya sangat sederhana, sebatas mengatur ukuran kertas dan jarak margin saja.

Kemudian, Anda bisa mulai melakukan pengetikan dokumen serta melakukan formatting dengan memanfaatkan toolbar format. Anda juga bisa memanfaatkan perintah dalam Format untuk melakukan formatting.

Abiword mendukung pembuatan tabel. Untuk membuat tabel, Anda bisa klik menu Table > Insert > Table. Kemudian, Anda bisa menentukan jumlah baris dan kolom pada tabel.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Abiword hanyalah berupa pengolah kata yang sederhana dan sangat esensil. Anda tidak akan menemukan fitur-fitur yang tidak terlalu penting dalam pengolahan teks. Namun, untuk melakukan ekspansi fitur, Abiword juga mendukung berbagai plugins yang bisa dipasang. Untuk menyimpan suatu berkas, klik pada menu Berkas > Simpan. Kemudian, tentukan lokasi penyimpanan, nama berkas serta format yang akan digunakan.

Pengolah lembar kerja OpenOffice?.org Calc

Untuk membuat suatu lembar kerja, Anda bisa menggunakan aplikasi OpenOffice?.org Calc. Aplikasi ini sangat mirip dan memiliki fitur yang setara dengan padanannya, Microsoft Excel. Aplikasi ini juga sangat kompatibel dengan berkas yang dibuat dengan Microsoft Excel.

Memulai bekerja

Untuk membuka OpenOffice?.org Calc, klik menu BlankOn > Perkantoran > OpenOffice?.org Spreadsheet. Beberapa detik kemudian, Anda akan melihat jendela aplikasi OpenOffice?.org Calc yang sangat mirip dengan aplikasi Microsoft Excel. Untuk membuka suatu lembar kerja, klik menu File > Open. Berikut adalah format file yang didukung oleh OpenOffice?.org Calc :

  • Open Document Spreadsheet (format Default yang telah menjadi standar ISO),
  • Microsoft Excel 97/2000/XP,
  • Microsoft Excel 2007 (hanya membuka saja),

dll.

Pengenalan Antarmuka

Antarmuka OpenOffice?.org memiliki beberapa bagian, yaitu (dari atas ke bawah) :

  • Menu bar, menampilkan daftar perintah untuk bekerja berupa menu.
  • Toolbar standard, berisikan ikon-ikon perintah utama untuk OpenOffice?.org Calc.
  • Toolbar formatting, berisikan ikon-ikon serta pengaturan untuk melakukan formatting pada lembar kerja.
  • Toolbar formula, berfungsi untuk mengatur formula/rumus pada setiap sel.
  • Bagian utama, disinilah Anda bekerja untuk membuat lembaran kerja/worksheet. Lembaran kerja.
  • Navigasi sheet, berfungsi untuk berpindah dari suatu sheet ke sheet yang lainnya dalam satu buku kerja atau workbook.

Selain toolbar tersebut, Anda juga bisa menambahkan toolbar lainnya melalui menu View > Toolbars > Toolbar yang ingin ditambahkan. Setiap toolbar memiliki fungsi masing-masing dan berguna sekali untuk mempercepat pengerjaan lembar kerja.

Bekerja dengan Calc

Pertama kali dalam membuat lembar kerja, Anda harus membuat terlebih dahulu judul kolom data pada baris pertama. Jika dibutuhkan, Anda bisa menggabungkan beberapa sel dengan cara membloknya, lalu memilih menu Format > Merge > Merge and center cells. Agar judul kolom selalu muncul pada setiap halaman yang akan dicetak, Anda bisa mengatur area pencetakan melalui menu Format > Print Ranges > Edit. Kemudian, isi range dari judul kolom pada bagian “Rows to repeat”. Anda bisa klik tombol disebelah kanan kotak teks untuk membantu memilih range yang diinginkan.

Setelah pembuatan judul kolom selesai, Anda bisa mengisi setiap kolom dengan data yang ingin Anda buat. Anda bisa tekan tombol F2 untuk mengisi sel yang dipilih. Untuk membuat suatu data lebih dinamis, Anda bisa memanfaatkan rumus-rumus atau formula yang tersedia sangat banyak di Calc. Jika Anda belum terbiasa mengetikkan rumus secara langsung, Anda bisa klik ikon “f(x)” pada formula bar dan mengikuti arahan yang diberikan. Rumus-rumus yang dapat Anda gunakan antara lain rumus perhitungan, statiska, finansial, tanggal dan waktu, logika, matematika, dsb.

Untuk memformat sel agar lebih menarik, Anda bisa blok sel yang ingin diformat, lalu manfaatkan berbagai perintah formatting yang terdapat di toolbar formatting (di atas formula bar). Selain itu, Anda bisa memanfaatkan pengaturan sel yang bisa Anda akses melalui menu Format > Cells. Keyboard shorcut untuk formatting yang dijelaskan pada penjelasan tentang OpenOffice?.org Writer juga bisa Anda manfaatkan.

Jika Anda ingin menyisipkan suatu baris/kolom diantara baris/kolom yang sudah diisi, Anda bisa klik kanan pada nomor baris/kolom, lalu klik menu Insert Row/Collumn?. Anda bisa memanfaatkan seluas-luasnya jumlah sel yang sangat banyak untuk keperluan pembuatan data.

Untuk memisahkan setiap lembar kerja, Anda bisa memanfaatkan fitur sheet pada Calc. Secara default, terdapat tiga sheet yang bisa Anda gunakan untuk membuat buku kerja yang bisa Anda ganti melalui navigasi sheet yang terdapat di bagian kiri scrollbar samping. Untuk menambah sheet baru, Anda bisa klik kanan pada navigasi sheet, lalu memilih menu “Insert Sheet”. Sebaliknya, jika Anda ingin menghapus suatu sheet, klik pada sheet yang ingin Anda hapus, lalu klik menu “Delete Sheet”.

Salah satu fitur menarik yang terdapat di Calc untuk membantu pengolahan data adalah fitur Sort. Dengan fitur ini, Anda bisa mengurutkan data Anda sehingga lebih runtun dan berurut. Untuk menggunakan fitur ini, blok pada data yang ingin diurut dan klik menu Data > Sort. Lalu atur skema pengurutan sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk menyimpan buku kerja yang Anda buat, klik menu File > Save. Lalu, tentukan lokasi penyimpanan berkas serta format berkas yang diinginkan. Kemudian, klik tombol “Save”. Anda juga bisa menyimpan hasil pekerjaan Anda dengan menekan tombol Ctrl+S pada keyboard.

Membuat grafik/chart

Untuk membuat grafik/chart, klik menu Insert > Chart pada menu bar. Pada langkah pertama, pilih jenis dari grafik/chart yang Anda inginlkan. Kemudian, klik tombol Next.

Pada kotak teks “Data Range”, tentukan sel data yang akan dijadikan sumber data. Anda bisa klik ikon di sebelah kanan kotak teks, lalu memblok sel yang diinginkan. Setelah itu, tentukan urutan data dengan memilih opsi “Data series in row” jika data ada di setiap baris (memanjang ke kanan), atau “Data series in collumn” jika data ada di setiap kolom (memanjang ke bawah). Selain itu, Anda bisa memberi tanda centang pada “First row as Label” jika ingin baris pertama dijadikan label data dan/atau memberi tanda centang pada “First collumn as Label” jika ingin kolom pertama dijadikan label data. Setelah selesai, klik tombol “Next”.

Langkah ketiga, Anda bisa menngkustomisasi data yang akan ditampilkan pada chart. Jika tidak perlu kustomisasi, klik saja tombol “Next”. Langkah terakhir, tentukan judul grafik beserta opsi-opsi lainnya yang diberikan. Kemudian, klik tombol “Finish”.

Pengolah Lembar Kerja ringan Gnumeric

Selain OpenOffice?.org Calc, terdapat juga aplikasi pengolah kerja sederhana dan ringan bernama Gnumeric. Aplikasi ini tidak disertakan pada BlankOn edisi regular, namun dapat Anda temukan pada BlankOn minimalis.

Senasib dan sepenanggungan dengan Abiword, aplikasi ini juga merupakan aplikasi tidak kaya fitur. Aplikasi ini hanya menyediakan fitur-fitur esensil pada pengolah lembar kerja. Namun, jika Anda menginginkan kesederhanaan, Anda dapat menggunakan aplikasi ini sebagai alternatif dari OpenOffice?.org Calc yang agak berat.

Memulai Gnumeric

Untuk membuka Gnumeric pada BlankOn minimalis, klik pada menu BlankOn > Perkantoran > Gnumeric. Maka dalam beberapa saat, aplikasi Gnumeric yang sangat sederhana akan muncul.

Jika Anda ingin membuka berkas dengan Gnumeric, klik menu File > Open pada aplikasi Gnumeric. Kemudian, pilih berkas yang ingin dibuka. Berikut adalah berkas yang didukung oleh Gnumeric :

  • Gnumeric XML Format (Format Default)
  • OpenOffice?.org Calc
  • LaTeX
  • PDF Format
  • dll.

Pengenalan Antarmuka

Penampilan dari aplikasi Gnumeric secara umum hampir sama namun lebih sederhana daripada OpenOffice?.org Calc. Berikut adalah bagian-bagian dari jendela Gnumeric dari atas ke bawah :

  • Menu bar, menampilkan daftar perintah untuk bekerja berupa menu.
  • Toolbar standard, berisikan ikon-ikon perintah utama untuk OpenOffice?.org Calc.
  • Toolbar formatting, berisikan ikon-ikon serta pengaturan untuk melakukan formatting pada lembar kerja.
  • Toolbar formula, berfungsi untuk mengatur formula/rumus pada setiap sel.
  • Bagian utama, disinilah Anda bekerja untuk membuat lembaran kerja/worksheet. Lembaran kerja.
  • Navigasi sheet, berfungsi untuk berpindah dari suatu sheet ke sheet yang lainnya dalam satu buku kerja atau workbook.

Bagi yang sudah terbiasa dengan OpenOffice?.org Calc maupun Microsoft Excel, menggunakan Gnumeric tidaklah perkara yang sulit. Selain tata letak menu yang hampir sama, daftar menunya pun lebih sedikit sehingga suatu menu akan lebih mudah dicari. Fitur-fitur yang tidak esensial pada aplikasi pengolah lembar kerja tidak disertakan di dalam Gnumeric.

Presentasi dengan OpenOffice?.org Impress

Untuk keperluan membuat presentasi professional, BlankOn Linux menyediakan aplikasi bernama OpenOffice?.org Impress. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk keperluan membuat presentasi dan tampilannyapun mirip dengan Microsoft PowerPoint? 2003. Pada subbab ini, dijelaskan mengenai pengenalan aplikasi presentasi OpenOffice?.org Impress serta penjelasan singkat mengenai aplikasi ini.

Mulai bekerja

Untuk membuka OpenOffice?.org Impress, klik menu BlankOn > Perkantoran > OpenOffice?.org Presentation pada desktop GNOME.

Pada saat pertama dibuka, Anda akan melihat sebuah wizard yang membantu Anda untuk membuat presentasi secara cepat atau membuka presentasi yang sudah tersimpan. Jika ingin langsung bekerja dengan Impress mulai dari nol, Anda bisa langsung klik Create. Sedangkan jika Anda ingin membuka berkas presentasi yang sudah ada, klik pada opsi “Open Exiting Presentation” lalu klik tombol Open dan pilih berkas presentasi yang ingin dibuka. Untuk dukungan berkas, OpenOffice?.org Impress mendukung berbagai format, antara lain :

Pengenalan antarmuka

Bagi yang sudah pernah membuat presentasi, antarmuka Impress tidak akan sangat asing. Berikut adalah bagian-bagian dari antarmuka OpenOffice?.org Impress :

  • Menu bar, menampilkan daftar perintah Impress berupa menu.
  • Toolbar standar, menampilkan ikon-ikon perintah esensial untuk dokumen Anda.
  • Toolbar formatting, menampilkan ikon-ikon atau pengaturan untuk melakukan formatting objek yang Anda pilih dalam presentasi.
  • Daftar slide, menampilkan slide yang terdapat dalam presentasi yang Anda buat.
  • Bagian utama, menampilkan dan mengedit isi suatu slide.
  • Task pane, berisi berbagai macam pengaturan yang membantu Anda dalam mengatur presentasi. Seperti pengaturan layout (tata letak), template, animasi, dsb.
  • Toolbar drawing, menampilkan ikon-ikon untuk menambah berbagai objek baru pada suatu slide.

Anda bisa menambahkan berbagai toolbar tambahan sesuai keperluan dengan cara klik menu View > Toolbars > Toolbar yang ingin ditambahkan.

Bekerja dengan Impress

Membuat suatu slide presentasi dengan OpenOffice?.org Impress bisa dilakukan langkah per langkah, sehingga Anda bisa sangat mudah membuat suatu presentasi. Sebelum mengerjakan isi slide, Anda terlebih dahulu dapat memilih tema dari slide Anda melalui pengaturan “Master Page” pada bagian task pane. Jika template terasa kurang, Anda bisa memasang berbagai template tambahan melalui add-ons yang tersedia di situs http://www.openoffice.org.

Tata letak atau layout pada suatu slide bisa Anda buat sendiri dengan memanfaatkan toolbar drawing, atau dengan menggunakan layout yang sudah ada melalui pengaturan “Layout” pada task pane. Tentukan layout sesuai keinginan, dan isilah slide Anda. Untuk membuat presentasi lebih menarik, Anda bisa menambahkan animasi pada setiap objek melalui pengaturan “Custom Animation” pada taskpane. Selain itu, Anda juga bisa memberi animasi pada saat transisi antar slide melalui pengaturan “Slide Transition” pada task pane.

Setelah sebuah slide selesai dibuat, Anda bisa membuat slide baru melalui menu Insert > Slide. Kemudian, Anda bisa mengerjakan slide baru Anda. Untuk berpindah dari suatu slide ke slide lain, klik pada slide yang diinginkan pada daftar slide yang terlihat di bagian kiri jendela aplikasi. Untuk menampilkan presentasi, klik menu Slide Show > Slide Show atau tekan tombol F5 pada keyboard.

Jika ingin menyimpan hasil pekerjaan anda, klik menu File > Save. Lalu, tentukan lokasi penyimpanan berkas serta format berkas yang diinginkan. Kemudian, klik tombol “Save”. Anda juga bisa menyimpan hasil pekerjaan Anda dengan menekan tombol Ctrl+S pada keyboard.

Evolution PIM

Selain sebagai aplikasi klien e-mail, Evolution juga bisa digunakan sebagai aplikasi PIM untuk keperluan pengelolaan tugas, alarm, memo dan buku alamat. Untuk membuka Evolution sebagi PIM, klik menu BlankOn > Perkantoran > Evolution Mail and Calendar.

TIP: Jika Anda belum pernah membuka aplikasi Evolution sebelumnya, Anda akan dibimbing melalui wizard untuk melakukan pengaturan. Pembahasaan dari langkah-langkah pada wizard bisa Anda lihat pada Bab 7 pada subbab tentang Evolution Mail.

Pada jendela Evolution, Anda bisa memilih salah satu fungsi yang diinginkan, yaitu :

  • Alamat, melakukan pengelolaan terhadap identitas, alamat dan kontak dari teman, keluarga atau kolega Anda..
  • Kalender, melakukan pengelolaan terhadap kegiatan pada setiap harinya. Kegiatan-kegiatan tersebut akan langsung terintregrasi dengan jam sistem yang ada di pojok kanan atas desktop.
  • Tugas, melakukan pengelolaan terhadap tugas-tugas yang dikerjakan.
  • Memo, melakukan pengelolaan terhadap memo atau pengingat.

Fungsi-fungsi ini bisa diakses melalui tombol-tombol yang ada di pojok kiri bawah jendela Evolution.

Attachments