BAB VII Aplikasi Internet

TOC?

Internet saat ini tidaklah lagi termasuk ke dalam kebutuhan tersier atau mewah. Kini, Internet menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang untuk mengakses informasi atau berkomunikasi dengan orang lain di seluruh penjuru dunia. Biaya untuk jaringan Internet sudah tidak semahal seperti pada saat pertama kali diperkenalkan. Bahkan, beberapa tempat umum menyediakan jaringan hotspot yang kebanyakan bersifat gratis agar Anda bisa mengakses Internet melalui notebook atau perangkat lain yang memiliki fitur Wifi.

Untuk memanfaatkan jaringan Internet, BlankOn Linux menyediakan berbagai aplikasi yang siap dipakai untuk keperluan Anda internet seperti peramban atau peramban web, klien e-mail atau surat elektronik dan pesan instan.

Koneksi ke Jaringan Internet

Sebelum berselancar di dunia maya menggunakan BlankOn, tentunya Anda harus menyambungkan komputer ke jaringan Internet melalui LAN, Wireless LAN (Wifi), Modem 3G/HSDPA, atau Modem ADSL.

Melalui kabel LAN

Pada umumnya, tempat-tempat kerja menyediakan jaringan Internet melalui jaringan kabel atau wired. Untuk melakukan koneksi internet melalui kabel, cukup sambungkan kabel RJ-45 dari jaringan LAN Anda ke LAN Card atau NIC yang ada di komputer Anda.

Jika muncul pesan bahwa sambungan sudah terjalin pada area notifikasi, berarti komputer telah sukses bergabung dengan jaringan tanpa masalah. Jika koneksi ternyata gagal, berarti tempat kerja Anda menerapkan pengaturan jaringan secara manual. Untuk itu, Anda perlu men-set pengaturan jaringan pada komputer Anda terlebih dahulu. Untuk melakukan hal ini, klik kanan pada ikon dua buah komputer pada area notifikasi, kemudian klik menu “Rubah Sambungan”.

Pada tab “Kabel”, klik tombol “Add” untuk menambahkan pengaturan jaringan baru. Maka akan muncul jendela baru untuk membuat pengaturan jaringan baru. Pada kotak teks “Sambungan nama:”, ketik nama pengaturan jaringan Anda. Misalnya, jika jaringan adalah jaringan kantor, Anda bisa memberi nama “Kantor”.

Anda bisa memberi centang pada “Sambungan otomatis” agar pengaturan jaringan tersebut langsung diterapkan jika Anda bergabung dengan jaringan kabel. Kemudian buka tab “Pengaturan IPv4”. Pada tab ini, pilih opsi “Manual” pada method, kemudian klik tombol “Tambah” untuk menambah setting IP jaringan.

Isilah “Address”, “Netmask”, dan “Gateway” sesuai dengan pengaturan jaringan di kantor Anda. Kemudian, isi kotak teks “DNS Servers” dengan nomor IP dari DNS Server di Internet. Anda bisa menanyakan bagaimana pengaturan jaringan di kantor kepada administrator jaringan di kantor Anda. Setelah semua pengaturan selesai, klik tombol “Apply”.

Untuk melakukan koneksi dengan jaringan kabel dengan pengaturan jaringan yang baru dibuat, klik pada ikon dua komputer pada area notifikasi. Pada bagian “Wired Networks”, pilih nama pengaturan jaringan Anda. Maka tidak lama kemudian akan muncul pesan bahwa jaringan telah berhasil terjalin.

Melalui hotspot atau Wireless LAN

Saat ini, banyak sekali terdapat tempat-tempat umum atau perkantoran yang menerapkan jaringan melalui teknologi wireless LAN atau yang sering dikenal dengan istilah hotspot. Dengan jaringan seperti ini, tidak perlu lagi direpotkan dengan penggunaan kabel karena jaringan ini menggunakan gelombang microwave seperti jaringan GSM Handphone.

Untuk melakukan koneksi Internet melalui hotspot, sangat mudah sekali. Jika kartu jaringan tanpa kabel sudah terdeteksi dengan baik oleh BlankOn, cukup klik pada ikon dua komputer pada area notifikasi, kemudian pada bagian “Jaringan Nirkabel”, pilih nama jaringan hotspot yang akan dikoneksikan. Tidak beberapa lama kemudian, koneksi akan langsung terjalin.

Jika ternyata koneksi tidak terjalin, mungkin Anda perlu melakukan penyetelan konfigurasi jaringan secara manual. Untuk melakukan hal ini, klik kanan pada ikon dua buah komputer pada area notifikasi, lalu klik menu “Rubah sambungan”.

Buka tab “Nirkabel”. Pada tab ini, klik pada nama jaringan yang ingin Anda atur yang diawali dengan teks “Auto”, lalu klik pada tombol “Ubah”. Lalu buka tab “Pengaturan IPv4”. Pada tab ini, pilih opsi “Manual” pada bagian method. Kemudian, klik tombol “Tambah” dan isikan “Address”, “Netmask”, dan “Gateway” sesuai dengan pengaturan jaringan hotspot tersebut. Setelah semua pengaturan selesai, klik tombol “Apply”.

Sekarang, Anda bisa mengulangi melakukan koneksi ke jaringan hotspot yang sudah Anda atur. Maka tidak akan lama, koneksi akan terjalin.

TIP : Jika kartu jaringan wireless tidak terdeteksi dengan baik, Anda bisa menuju ke Bab 13 pada subbab tentang konfigurasi kartu WLAN.

Melalui modem ADSL

Saat ini, modem ADSL banyak digunakan untuk keperluan Internet melalui jaringan telepon PSTN. Penggunaan modem ADSL tidak serepot menggunakan ISP berbasis radio yang menjamur saat ini, karena tidak perlu membangun tower yang tinggi. Cukup mengandalkan jaringan telpon PSTN yang sudah terpasang.

Biasanya, modem ADSL yang ada saat ini sekaligus berfungsi sebagai router untuk jaringan. Anda cukup menyambungkan kabel LAN RJ-45 dari modem ADSL ke LAN Card pada komputer, maka komputer akan langsung melakukan koneksi terhadap modem tersebut. Tidak akan lama, koneksi akan terjalin dan Anda bisa mulai ber-internet ria.

Melalui modem 3G/HSDPA

Saat ini, banyak operator telekomunikasi berbasis 3G/HSDPA di Indonesia yang menawarkan koneksi Internet yang cepat dan murah serta menjangkau banyak tempat.

Nah, jika Anda ingin berkeinginan untuk melakukan koneksi internet melalui jaringan tersebut, Anda dapat menggunakan alat bernama Modem 3G/HSDPA. Modem ini biasanya dipaketkan bersamaan dengan paket perdana dari produk Internet 3G/HSDPA yang diberikan oleh operator.

Untuk menggunakan modem 3G/HSDPA pada BlankOn Linux, bukanlah perkara yang sangat sulit karena, BlankOn sudah memiliki peralatan yang mendukung banyak modem 3G/HSDPA. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pertama-tama, klik kanan ikon dua buah komputer pada area notifikasi, kemudian pilih “Rubah Koneksi”. Kemudian, klik pada tab “Broadband alat bergerak”.
  2. Klik tambah untuk menambahkan operator baru. Pada jendela “New Mobile Broadband”, klik pada tombol “Maju” untuk maju ke langkah selanjutnya.
  3. Pada pemilihan provider, pilih operator/provider dari layanan 3G/HSDPA yang Anda gunakan. Kemudian, klik tombol “Maju”.

  1. Kemudian, tentukan dari nama operator yang diinginkan. Lalu klik tombol “Terapkan”.
  2. Jika ingin melakukan pengaturan lebih lanjut, Anda bisa klik pada operator yang baru dibuat, lalu klik tombol “Ubah”. Kemudian, sesuaikan pengaturan sesuai dengan pengaturan dari operator Anda.
  3. Sekarang, colokkan modem 3G/HSDPA melalui port USB. Kemudian, klik pada ikon dua buah komputer pada notifikasi area. Lalu pada bagian Mobile Broadband, klik pada nama operator yang sudah dibuat sebelumnya. Jika koneksi berhasil dilakukan, maka akan muncul pesan notifikasi bahawa sambungan berhasil terjalin.

TIP. Jika modem 3G/HSDPA tidak terdeteksi, Anda bisa berdiskusi melalui Mailing List atau Forum BlankOn Linux untuk menemukan pemecahannya.

Peramban web Mozilla Firefox

Kebanyakan orang memanfaatkan jaringan internet dengan melakukan browsing atau merambah halaman web untuk keperluan mencari suatu informasi atau keperluan lainnya. Untuk melakukan browsing pada BlankOn Linux, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bernama Mozilla Firefox. Untuk membuka aplikasi ini, klik menu BlankOn > Internet > Firefox web peramban.

INFO: Mozilla Firefox hanya tersedia pada BlankOn edisi Reguler. Untuk edisi Minimalis, Anda bisa menggunakan aplikasi serupa bernama Epiphany yang bisa diakses melalui menu BlankOn > Network > Epiphany Web peramban. Penampilan dari Epiphany tidak jauh berbeda dengan Firefox, bahkan mesin atau engine yang digunakanpun sama.

Jika Anda sudah pernah menggunakan Mozilla Firefox di sistem operasi Microsoft Windows, Anda tidak akan asing dengan Firefox di BlankOn karena tampilannya sangat mirip. Berikut adalah bagian-bagian dari jendela aplikasi Firefox :

  • Menu bar, berisikan semua perintah-perintah berbentuk menu yang bisa Anda jalankan.
  • Toolbar navigasi, berisikan ikon-ikon perintah yang berfungsi untuk melakukan navigasi seperti “Back” untuk kembali ke halaman sebelumnya, “Forward” untuk balik ke halaman semula, “Reload” untuk membuka kembali isi halaman web dari Internet.
  • Bar alamat, disinilah Anda mengisi alamat situs yang ingin Anda buka.
  • Pencarian, merupakan fitur yang ada di Firefox untuk melakukan pencarian di Internet menggunakan mesin pencari atau search engine. Secara default, Firefox memanfaatkan Google sebagai mesin pencari. Untuk menggunakan mesin pencari lainnya, klik pada ikon mesin pencari dan pilih mesin pencari yang Anda inginkan.
  • Halaman web, disinilah halaman web ditampilkan.
  • Status, menampilkan status dari pembukaan suatu halaman web.

Untuk membuka suatu situs, ketik alamat situs yang Anda buka pada bar alamat. Misalnya, untuk membuka situs resmi BlankOn Linux, ketik www.blankonlinux.or.id. Setelah alamat diketik, tekan tombol Enter untuk memulai membukanya. Tunggu sebentar sampai halaman situs dibuka. Firefox juga bisa Anda gunakan untuk membuka berbagai macam situs dalam satu waktu. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa menambahkan tab baru pada Firefox melalui menu Berkas > Tab Baru. Semakin banyak tab yang Anda buka maka akan semakin banyak memori RAM komputer yang akan dibuka. Jika komputer terasa agak lambat, sebaiknya mengurangi tab yang sudah Anda buka.

TIP. Anda juga bisa menyingkat nama situs yang Anda buka. Misalnya, situs http://www.google.com bisa Anda buka hanya dengan mengetik google.com. Jika Anda ingin memanfaatkan fitur mesin pencari Google, Anda tinggal ketik apa yang ingin Anda cari pada kotak teks di pojok kanan atas jendela aplikasi, kemudian tekan tombol Enter. Kemudian, Anda akan melihat hasil pencarian yang diinginkan pada bagian halaman. Selain Google, Anda juga bisa menggunakan mesin pencari lainnya dengan cara mengklik ikon mesin pencari pada kotak teks pencarian. Terdapat berbagai pilihan mesin pencari, antara lain Yahoo, Amazon, Answers, Wikipedia, Ask, Ebay, dsb.

Untuk mencatat situs favorit, Anda bisa memanfaatkan fitur Bookmark. Untuk menambahkan situs yang Anda buka ke dalam bookmark, klik menu Bookmark > Buat Bookmark halaman ini atau Anda bisa tekan tombol Ctrl+D pada keyboard. Kemudian, ketik nama situs, deskripsi serta letak folder pada bookmark dan klik tombol “Selesai”. Pengelolaan folder bookmark dapat dilakukan melalui fitur pengelolaan bookmark yang dapat dibuka melalui meni Bookmark > Kelola bookmark.

Mozilla Firefox juga mendukung penggunaan Add-Ons atau pengaya untuk menambah fitur-fitur yang ada di Mozilla Firefox. Anda bisa mengunjungi situs http://addons.mozilla.com untuk mencari dan menambah pengaya untuk Mozilla Firefox.

TIP. Untuk menggunakan fitur Flash dan Java pada Mozilla Firefox, Anda bisa memasang paket “flashplugin-nonfree” serta “sun-java6-plugin” melalui APT.

Klien E-Mail Evolution

E-Mail merupakan sarana bersurat melalui Internet yang saat ini banyak digunakan oleh pengguna layanan Internet untuk melakukan komunikasi melalui surat. E-Mail bisa dibuka melalui dua jalur, yang pertama adalah melalui jalur Webmail yaitu E-Mail dibuka, dilihat dan dikelola melalui halaman web menggunakan aplikasi peramban web. Yang kedua adalah E-Mail dibuka melalui jalur POP3 atau IMAP menggunakan aplikasi klien e-mail. Kelebihan dari jalur kedua adalah e-mail bisa diunduh terlebih dahulu ke komputer dan kemudian bisa dibaca secara offline. Lain halnya dengan Webmail yang mengharuskan internet tetap tersambung.

BlankOn menyediakan aplikasi klien E-Mail bernama Evolution yang merupakan paket aplikasi pengelolaan tugas yang sangat lengkap dan setara dengan aplikasi Microsoft Outlook di Microsoft Windows.

Untuk membuka Evolution, klik menu BlankOn > Internet > E-Mail Evolution. Pada saat pertama kali dibuka, Evolution akan menampilkan program bantu/wizard pengaturan awal. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Langkah pertama, klik tombol “Maju”.
  2. Jika memiliki backup data tugas, klik pada centang “Restore Evolution from Backup file” dan tentukan berkas backupnya. Kemudian, klik tombol “Maju”.
  3. Isikan identitas lengkap anda, kemudian klik tombol “Maju”.
  4. Tentukan jenis server penerimaan E-Mail serta atur parameter server E-Mail sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh layanan E-Mail. Kemudian, klik tombol “Maju”.

  1. Tentukan opsi penerimaan e-mail yang diinginkan, kemudian klik tombol “Maju”.
  2. Tentukan jenis server pengiriman E-Mail serta atur parameter server pengiriman sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh penyedia layanan E-Mail. Selanjutnya, klik tombol “Maju”.
  3. Berikan nama dari akun E-Mail Anda. Lalu klik tombol “Maju”.
  4. Tentukan lokasi Anda pada peta yang disediakan, lalu klik tombol “Maju”.
  5. Evolution selesai diatur, sekarang klik tombol “Terapkan” untuk menerapkan pengaturan Anda.

Sekarang, Anda akan melihat aplikasi jendela utama dari fitur E-Mail pada aplikasi Evolution. Untuk menerima surat dari server, klik ikon “Kirim/Terima?” pada toolbar. Kemudian, Evolution akan mengunduh surat dari server dan membawanya ke folder. Setelah pengunduhan selesai, Anda siap membaca surat baru Anda.

Selain fitur klien E-Mail, Evolution sebagai aplikasi pengelola tugas juga memiliki fungsi untuk mengelola kontak dan alamat, memo, kalender dan tugas. Untuk menggunakan fitur tersebut, klik pada salah satu pilihan tombol yang tersedia di pojok kiri bawah jendela aplikasi Evolution. Untuk pembahasan mengenai fitur-fitur tersebut, Anda bisa membaca bab selanjutnya mengenai aplikasi perkantoran.

Perpesanan Instan (IM) dengan Pidgin

Untuk keperluan komunikasi berbasis teks secara langsung atau chatting menggunakan fitur perpesanan instan (Instant Messanging), BlankOn Linux menyediakan aplikasi bernama Pidgin. Aplikasi ini mendukung IM dari berbagai protokol, antara lain Yahoo! Messenger, AIM, Gtalk, ICQ, IRC, MSN, MySpace? dan berbagai protokol lainnya. Untuk membuka aplikasi ini, klik menu BlankOn > Internet > Pesan Instan Pidgin. Maka jendela aplikais Pidgin akan muncul beserta sebuah ikon tray yang berada di area notifikasi.

Untuk login menggunakan Pidgin, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan identitas akun IM Anda pada Pidgin. Untuk melakukan hal ini, klik menu “Add” pada jendela akun, lalu pilih jenis layanan IM serta informasi akun anda, lalu klik menu “Add”.

Anda bisa mendaftarkan banyak akun IM pada Pidgin serta melakukan login pada beberapa/semua akun tersebut secara bersamaan. Untuk login pada suatu akun, beri tanda centang pada akun IM yang ingin Anda login. Kemudian, daftar nama teman akan muncul pada jendela Daftar Teman. Sekarang, Anda bisa klik ganda pada teman yang ingin Anda chat dan lakukanlah chatting terhadap teman Anda.

TIP. Secara default, Pidgin hanya menampilkan teman yang Online saja. Untuk menampilkan nama teman yang Offline, klik menu Teman > Tampilkan > Teman-teman Online.

Untuk mengatur status akun IM, Anda bisa memanfaatkan pilihan yang terletak di bagian bawah jendela Daftar Teman. Status ini akan muncul pada daftar teman dari teman Anda.

TIP. Jika Anda tidak menggunakan Pidgin selama 5 menit, maka Pidgin akan secara otomatis untuk mengubah status Anda menjadi “Saya tidak ada disini sekarang”.

Untuk menambahkan teman, klik menu Teman > Tambah Teman. Lalu atur akun yang ingin ditambahkan sebuah teman (jika login lebih dari satu akun) dan berikan nama id akun Anda beserta deskripsinya. Kemudian, klik tombol “Tambah Teman.”. Anda juga bisa melakukan chatting tanpa perlu menambahkannya ke daftar teman dengan klik menu Teman > Kirim Pesan Baru, lalu ketik nama id akun teman yang ingin diajak chat.

Anda dapat menyembunyikan jendela daftar teman tanpa perlu melakukan logout dengan cara menutupnya. Daftar teman pada Pidgin bisa Anda buka kembali dengan klik ikon Pidgin pada area notifikasi. Untuk benar-benar keluar dari Pidgin serta melogout semua akun, klik menu Teman > Keluar pada jendela “Daftar Teman” atau tekan tombol Ctrl+Q pada keyboard.

Last modified 8 years ago Last modified on 07/06/2009 03:28:39 PM

Attachments (12)

Download all attachments as: .zip