BAB V Desktop BlankOn Minimalis

TOC? Berbeda dengan BlankOn Linux edisi Reguler, BlankOn minimalis menggunakan desktop bernama LXDE (www.lxde.org) yang sangat ringan. Desktop ini tidak berbeda jauh dengan desktop GNOME.

Pada bab ini, dijelaskan mengenai penggunaan desktop LXDE pada BlankOn edisi minimalis beserta cara konfigurasinya.

Bagian-bagian LXDE

Desktop LXDE pada BlankOn Linux edisi Minimalis memiliki dua bagian utama, yaitu area kerja dan panel. Area kerja menampilkan aplikasi-aplikasi yang sedang dibuka serta menampilkan gambar latar belakang dan ikon-ikon untuk membuka suatu folder.

Panel pada LXDE berjumlah dua, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Panel bagian terdiri dari berbagai bagian dengan fungsi masing-masing yang membantu Anda dalam bekerja, berikut adalah penjelasannya masing-masing bagian :

Panel Atas

Menu BlankOn, merupakan menu utama untuk memulai suatu aplikasi dan melakukan suatu pekerjaan pada desktop LXDE.
Ikon satu klik untuk menjalankan aplikasi.
Menampilkan grafik beban pekerjaan yang dilakukan komputer, semakin banyak warna hijau yang dilihat, berarti komputer sedang bekerja dengan berat.
BlankArea untuk menampilkan notifikasi sistem (tray)
Penanda tanggal dan waktu sistem
Mengaktifkan fitur kunci layar
Keluar dari sistem

Panel Bawah

Menyembunyikan semua jendela dan menampilkan ikon desktop
Berisi daftar aplikasi yang terbuka pada suatu area kerja
Penukar area kerja

Untuk melakukan konfigurasi suatu panel, Anda bisa klik kanan pada panel, lalu memilih menu “Pengaturan Panel”. Pembahasan mengenai pengaturan panel lebih lanjut dijelaskan pada subbab tentang pengaturan panel.

Bekerja dengan aplikasi

Untuk membuka suatu aplikasi di desktop LXDE, Anda bisa klik menu BlankOn pada pojok kiri atas, kemudian memilih kategori dari aplikasi yang ingin Anda buka dan terakhir memilih aplikasi dengan cara mengklik mouse.

Desktop LXDE juga menyediakan lebih dari satu area kerja. Untuk memindahkan suatu jendela aplikasi ke area kerja lainnya, Anda bisa klik kanan pada baris judul jendela, lalu memilih menu “Send to desktop”, kemudian memilih nomor desktop atau area kerja yang diinginkan.

Untuk berpindah antar satu area kerja dengan area kerja lainnya, Anda bisa memanfaatkan penukar area kerja yang ada di pojok kanan bawah desktop.

Pengaturan Panel

Panel pada LXDE bisa Anda atur sesuai dengan keinginan Anda. Pada subbab ini, dijelaskan mengenai manipulasi dan pengaturan panel pada desktop LXDE. Anda bisa mengatur panel sesuai dengan selera Anda.

Mengatur penampilan Panel

Untuk mengatur penampilan suatu panel, klik pada panel yang ingin Anda atur lalu pilih menu “Pengaturan Panel”. Pada jendela properti, terdapat dua tab yaitu tab General, Panel Applets, dan Advanced.

Pada tab General, Anda dapat melakukan pengaturan antara lain :

  • “Posisi”, mengatur letak/orientasi dari suatu panel.
  • “Ukuran”, mengatur ukuran lebar dan tinggi dari panel.
  • “Latar Belakang”, mengatur latar belakang dari suatu panel, Anda bisa menggunakan warna sistem, transparansi atau menggunakan latar belakang
  • “Fonta”, mengatur warna dari fonta pada panel.

Setelah pengaturan selesai dilakukan, Anda bisa klik tombol “Tutup” untuk keluar dari jendela pengaturan panel LXDE.

Menambah/Menghapus? Panel

Untuk menambah panel baru, Anda bisa klik kanan pada ruang kosong pada suatu panel, lalu pilih menu “Buat Panel Baru”. Maka akan dibuatlah sebuah panel baru yang masih kosong. Sekarang Anda bisa mengisi objek yang Anda inginkan pada panel baru tersebut. Sedangkan untuk menghapus panel, Anda bisa klik kanan pada panel yang hendak Anda hapus, lalu pilih menu “Hapus Panel ini”.

Menambah/Menghapus? aplet pada suatu panel

Bila panel sudah terpasang dengan baik, Anda bisa menambahkan aplet baru pada panel yang berfungsi untuk membantu pekerjaan Anda di desktop. Misalnya, Anda bisa menambahkan aplet monitor baterai untuk melihat atau memonitor penggunaan baterai pada notebook atau laptop.

Untuk melakukan hal ini, klik kanan panel yang hendak di setting kemudia pilih Panel settings. Untuk melakukan menambahan applet, klik pada tab “Aplet Panel”, kemudian klik tombol “Add” yang berada di pojok atas.

Penambahan dapat dilakukan dengan cara memilih daftar aplet yang disediakan, misalnya saja, aplet kendali volume. Bila sudah melakukan pemilihan kemudian klik “Add” yang terdapat di pojok kanan bawah. Untuk melakukan penambahan aplet yang lain, ulangi lagi cara diatas. Untuk menghapus aplet yang terdapat pada panel caranya sukup sederhana. Klik kanan pada applet yang hendak di hilangkan dari panel. Kemudian pilihlah Hapus dari panel. Maka secara otomatis aplet tersebut akan di hapus dari panel.

Mengganti Tema

Untuk mengubah tema pada lingkungan desktop LXDE, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. Pertama, klik pada menu BlankOn > Preferensi > Appearance. Kemudian akan muncul jendela pengaturan tampilan. Pada tab “Jendela”, pilihlah jenis tema yang hendak digunakan, kemudian lihat preview tema pada bagian kanan jendela pengaturan tampilan tersebut.

Pada tab “Ikon”, pilihlah jenis icon yang ingin digunakan. Selanjutnya pada tab “Lainnya”, digunakan untuk pengaturan penempatan text pada icon tertentu, biasanya ada beberapa pilihan yang dapat dipilih, misalnya “text only”, “icon only” dan lain sebagainya.

Pada jendela pengaturan tampilan ini, pengguna juga dapat mengatur jenis font yang digunakan oleh sistem mereka. Hal ini dilakukan dengan cara mengklik bagian “fonta” yang terdapat pada kiri bawah pada tab window. Bila pengaturan sudah dirasa cukup, perubahan dapat langsung dilihat dengan mengklik “Terapkan”, yang terdapat di kanan bawah jendela pengaturan tampilan tesebut.

Sementara untuk pengaturan bingkai jendela, Anda bisa membuka jendela pengaturannya melalui menu BlankOn > Preferensi > Openbox Configuration Manager.

Kemudian, Anda bisa memilih tema bingkai jendela yang diinginkan. Setelah selesai melakukan perubahan, Anda bisa klik tombol “Close”.

Mengubah Latar Belakang

Diantara semua bagian area kerja, kita akan hampir selalu melihat yang namanya latar belakang atau wallpaper. Jadi sangatlah wajar, jika para pengguna komputer yang sangat sering mengubah latar belakang dari area kerja mereka.

Untuk mengubah latar belakang pada lingkungan desktop LXDE, caranya cukup sederhana. Yaitu dengan klik kanan pada sembarang tempat di layar desktop, kemudian pilihlah menu “Desktop Settings”. Kemudian akan muncul sebuah jendela baru, pada tab “Dekstop”, pilihlah pada bagian “Wallpaper”, pada bagian inilah Anda dapat melakukan perubahan pada latar belakang yang dimiliki.

Untuk melakukan perubahan latar belakang, kliklah garis yang terdapat di sebelah kanan tulisan “wallpaper”, kemudian cari tempat dimana wallpaper yang yang Anda inginkan berada, bila sudah klik “Open”, akhiri perubahan yang dilakukan dengan cara mengklik tombol “OK”.

Mengakhiri Sesi

Setelah Anda selesai bekerja, Anda bisa mengakhiri sesi bekerja Anda pada dekstop. Untuk melakukan hal ini, klik menu BlankOn pada pojok kiri atas, kemudian pilihlah Logout. Kemudian, Anda akan diberi beberapa pilihan, yaitu :

  • Shutdown, mematikan komputer Anda.
  • Reboot, mematikan komputer Anda dan menghidupkannya kembali.
  • Suspend, mengaktifkan mode tidur pada komputer. Semua komponen komputer akan mati kecuali Memory.
  • Hibernate, menyimpan sesi ke harddisk dan mematikan komputer. Sesi akan dikembalikan setelah komputer dihidupkan.
  • Switch User, untuk berpindah antar sesi pengguna.
  • Log Out, untuk keluar dari sesi pengguna yang sedang aktif.
Last modified 8 years ago Last modified on 07/05/2009 07:33:49 PM

Attachments (18)

Download all attachments as: .zip