BAB IV Desktop BlankOn Reguler

TOC? BlankOn Linux edisi Reguler menyediakan lingkungan kerja atau desktop environment yang sangat mudah digunakan bernama GNOME (www.gnome.org). Desktop ini juga sangat sederhana, namun sangat lengkap dari sisi fitur.

Pada bab ini, dijelaskan mengenai pengenalan bagian serta pengaturan pada desktop GNOME yang ada di BlankOn untuk keperluan bekerja sehari-hari.

Bagian desktop GNOME

Setelah Anda melakukan login pada saat startup menggunakan akun pengguna Anda pada BlankOn Linux edisi Reguler, Anda akan bertemu dengan desktop GNOME yang siap Anda gunakan untuk bekerja dan berproduktivitas menggunakan sistem operasi BlankOn.

Desktop GNOME terdiri dari dua bagian utama, yaitu Area Kerja dan Panel. Area kerja merupakan tempat dimana jendela-jendela aplikasi ditempatkan serta ikon-ikon desktop ditampilkan. Sedangkan panel berisikan ikon-ikon dan objek yang membantu Anda dalam bekerja. Panel di BlankOn secara default ada dua, yaitu panel atas dan panel bawah. Berikut adalah bagian-bagian dari setiap panel :

Panel Atas

Menu utama dari desktop GNOME. Terdiri dari menu Aplikasi atau menu BlankOn untuk membuka suatu aplikasi, menu “Komponen” untuk membuka isi suatu folder dengan peramban berkas serta menu “System” untuk melakukan pengaturan desktop maupun administrasi sistem.
Ikon satu klik untuk menjalankan aplikasi.
Area untuk menampilkan notifikasi sistem (tray)
Pengatur volume suara dan mixing kartu suara
Penanda tanggal dan waktu sistem

Panel Bawah

Menyembunyikan semua jendela dan menampilkan ikon desktop
Berisi daftar aplikasi yang terbuka pada suatu area kerja
.png)]]Penukar area kerja

Panel pada GNOME bisa Anda ubah penampilan serta tata letaknya sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa memindahkan, menambah atau mengurangi panel sesuai dengan keinginan Anda. Penjelasan mengenai pengaturan panel dibahas pada subbab “Pengaturan Panel”.

Bekerja dengan Aplikasi

Untuk membuka suatu aplikasi pada GNOME, Anda bisa memanfaatkan menu BlankOn pada bagian menu utama. Aplikasi yang berada di dalam menu tersebut dikelompokkan berdasarkan jenisnya, yaitu : Aksesoris, Perkantoran, Internet, Suara & Video, dsb. Jadi, Anda bisa lebih mudah mencari aplikasi yang ingin Anda buka.

Jendela aplikasi akan terbuka pada bagian area kerja. Jika sebuah area kerja penuh, Anda bisa berpindah ke area kerja lainnya dengan memanfaatkan penukar area kerja yang ada di pojok kanan bawah desktop. Anda dapat menggeser suatu jendela dari suatu area kerja ke area kerja lainnya dengan cara klik kanan pada judul jendela aplikasi, lalu pilih menu “Pindahkan ke area kerja lain” dan pilih tujuan area kerja.

Bawaan BlankOn Linux hanya menyediakan dua area kerja yang bisa Anda gunakan. Untuk menambahnya, Anda bisa klik kanan pada penukar area kerja, lalu pilih menu Pengaturan.

Atur jumlah area kerja berdasarkan baris dan kolom. Setelah pengaturan selesai, Anda bisa klik tombol Tutup.

Keyboard Shortcut

Untuk mempermudah Anda bekerja menggunakan desktop GNOME dan memanipulasi jendela aplikasi, Anda bisa menggunakan perpaduan tombol keyboard atau keyboard shortcut tertentu yang setiap perpaduannya memiliki fungsi khusus. Berikut adalah penjelasan masing-masing keyboard shortcut :

ShortcutFungsi
Alt + F1Membuka Menu BlankOn
Alt + F2Menjalankan program dengan memasukkan perintah.
PrtSc? SysRq?Mengambil tangkapan layar pada desktop
Alt + Prt ScMengambil tangkapan layar dari jendela yang sedang aktif
Alt + TabBerpindah antar jendela yang sedang aktif
Ctrl + Alt + Left/Right? CursorBerpindah antara area kerja.
Alt+F4Menutup jendela yang sedang aktif.
Alt+F5Mengembalikan ukuran jendela yang sedang aktif ke ukuran normal.
Alt+SpaceMenampilkan menu untuk memanipulasi jendela yang aktif
Alt+F10Memperbesar jendela yang sedang aktif.
Alt+F8Mengubah ukuran jendela yang sedang aktif
Alt+F7Memindahkan jendela yang sedang aktif

Mengunci Layar

Jika Anda hendak meninggalkan komputer dalam keadaan hidup dan Anda tidak ingin komputer diutak-atik oleh orang lain, Anda bisa mengunci layar komputer Anda. Sehingga, jika ingin kembali bekerja dengan desktop, Anda harus kembali memasukkan sandi Anda terlebih dahulu. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa mengaktifkan fitur kunci layar dengan memilih menu System > Kunci Layar. Kemudian, monitor komputer akan lansung dalam keadaan blank. Jika ingin mengaktifkan desktop, geser mouse atau tekan sembarang tombol di keyboard, lalu masukkan sandi Anda kembali.

Jika Anda bukan pemilik komputer tersebut, Anda bisa meninggalkan pesan kepada si pemilik komputer dengan mengklik tombol “Tinggalkan Pesan” dan ketik pesan yang hendak Anda sampaikan.

Pengaturan Panel

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, panel di GNOME sangat fleksibel dan mudah untuk dikonfigurasi. Maka dari itu, Anda bisa membuat panel GNOME sesuai dengan selera Anda.

Mengatur penampilan Panel

Untuk mengatur penampilan dari suatu panel, klik pada panel yang ingin Anda atur lalu pilih menu “Properti”. Pada jendela properti, terdapat dua tab yaitu tab Umum dan tab Latar

Pada tab Umum, Anda dapat melakukan pengaturan antara lain :

  • “Orientasi”, mengatur letak/orientasi dari suatu panel.
  • “Ukuran”, mengatur lebar dari panel dalam satuan piksel.
  • “Perbesar lebar jika perlu”, beri centang pada opsi ini jika Anda ingin memperlebar panel sampai selebar layar.
  • “Sembunyi otomatis”, beri centang pada opsi ini jika Anda ingin panel sembunyi otomatis jika jika tidak diperlukan.
  • “Aktifkan tombol tersembunyi”, beri tanda centang pada opsi ini untuk menampilkan tombol di kedua sisi panel yang berfungsi untuk menyembunyikan panel.

Pada tab Latar, Anda bisa memilih jenis latar belakang dari panel yang Anda atur. Ada tiga opsi, yaitu :

  • Tidak ada, jika Anda ingin menggunakan warna bawaan sistem,
  • Warna, jika Anda ingin menggunakan warna solid pada panel,
  • Gambar, jika Anda ingin menggunakan gambar sebagai latar belakang panel.
  • Setelah pengaturan selesai, Anda bisa klik tombol “Tutup” untuk menutup jendela pengaturan.

Menambah/Menghapus? Panel

Untuk menambah panel baru, Anda bisa klik kanan pada ruang kosong pada suatu panel, lalu pilih menu Panel Baru. Maka akan dibuatlah sebuah panel baru yang masih kosong. Sekarang Anda bisa mengisi aplet yang Anda inginkan pada panel baru tersebut.

Sedangkan untuk menghapus panel, Anda bisa klik kanan pada panel yang hendak Anda hapus, lalu pilih menu “Hapus panel ini”.

Menambah/Menghapus? aplet pada suatu panel

Untuk menambah aplet pada suatu panel, klik kanan pada panel yang ingin Anda tambahkan objek, lalu pilih menu “Masukkan ke Panel”.

Pilih aplet panel yang ingin Anda tambah, lalu klik tombol “Add”. Maka akan ada sebuah objek baru pada panel tersebut. Untuk memindahkan letak suatu aplet, klik kanan pada aplet tersebut dan pilih menu “Pindah”. Kemudian, geser mouse ke tempat tujuan memindahkan dan klik pada tempat tersebut. Agar objek tidak bisa sembarangan dipindahkan, Anda bisa klik kanan pada aplet dan mencetang menu “Kunci pada Panel”. Untuk menghapus suatu aplet, Anda bisa klik kanan pada objek dan pilih menu “Hilangkan pada Panel”.

Pengaturan penampilan

BlankOn memiliki fitur yang disebut dengan desktop berkonteks yang memungkinkan penampilan dari desktop berubah sesuai dengan waktu secara otomatis. Fitur ini membuat desktop menjadi lebih enak dilihat.

Namun, jika Anda ingin mengubah penampilan pada desktop secara manual, Anda bisa melakukan pengaturan penampilan melalui fitur yang sudah disediakan melalui menu System > Preferensi > Penampilan. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing pengaturan penampilan.

Pengaturan Latar Belakang

Untuk melakukan pengaturan pada latar belakang desktop, Anda bisa buka tab “Latar Belakang” pada jendela “Preferensi tampilan”. Atau Anda juga bisa klik kanan pada area kerja yang kosong, lalu pilih menu “Ubah latar belakang desktop”.

Klik gambar latar belakang yang diinginkan. Jika Anda ingin menambah gambar sendiri, Anda bisa klik tombol “Tambah” dan memilih file gambar yang hendak dijadikan latar belakang. Selain itu, Anda juga perlu mengatur sifat penampilan latar belakang pada opsi “Model”. Anda bisa memilih salah satu opsi model yang telah disediakan.

TIP: Agar gambar pada mode “Disusun menutupi Layar” dan “Disimpan di tengah” bisa terlihat dengan sempurna, Anda harus menggunakan gambar yang lebih kecil daripada besarnya resolusi layar.

Jika Anda tidak menggunakan gambar latar belakang, menggunakan mode “Disimpan di tengah” atau “Diperbesar (Proporsional), Anda bisa mengatur warna belakang melalui opsi “Warna”. Pada opsi ini, Anda bisa menentukan jenis warna serta warna yang di-inginkan. Setelah pengaturan selesai, Anda bisa melihat langsung perubahannya.

TIP: Jika Anda menginginkan fitur desktop berkonteks BlankOn kembali, Anda bisa memilih gambar latar belakang bawaan BlankOn yang sudah ada pada daftar.

Pengaturan tema

Untuk mengatur tema, Anda bisa membuka tab “Tema” pada jendela preferensi penampilan. Pada tab ini, Anda bisa memilih tema yang ingin Anda gunakan dengan cara meng-klik-nya. Setelah dipilih, maka tema akan langsung diterapkan dan Anda akan merasakan hal yang berbeda pada desktop Anda.

Jika Anda ingin mengkustomisasi tema sesuai dengan keinginan, Anda bisa klik tombol “Atur”. Kemudian, atur jenis bentuk kontrol, warna, bingkai jendela, bentuk ikon dan bentuk mouse pointer sesuai dengan kombinasi yang Anda inginkan. Tidak puas dengan tema yang tersedia, Anda bisa memasang tema baru dengan melakukan klik pada tombol “Pasang” dan pilih berkas tema baru yang ingin Anda pasang. Tema dari GNOME bisa Anda dapatkan melalui situs http://www.gnome-look.org atau http://art.gnome.org.

Pengaturan Fonta Untuk mengubah fonta/jenis huruf yang digunakan pada antarmuka GNOME, Anda bisa membuka tab “Fonta” pada jendela preferensi penampilan.

Pada pengaturan fonta, Anda bisa mengatur jenis fonta untuk menampilkan huruf pada antarmuka aplikasi, desktop, judul jendela, dan lebar tetap (pada terminal atau penampilan kode sumber).

Selain itu, Anda juga bisa mengatur penghalusan penampilan fonta pada bagian “Pengolahan”. Pilih yang sesuai dengan keinginan Anda agar sesuai dengan mata. Untuk monitor LCD, Anda disarankan untuk memilih mode “Penghapusan Subpixel” karena penampilan fonta akan lebih halus.

Efek Desktop

Jika Anda ingin membuat desktop lebih atraktif dengan berbagai efek, Anda bisa mengaktifkan fitur Efek Visual pada desktop dengan membuka tab “Efek Visual” pada pengaturan Penampilan.

Kemudian, pilih jenis efek visual yang ingin Anda gunakan. Terdapat tiga opsi yang disediakan, yaitu :

  • Tidak satupun, tidak menggunakan efek visual sama sekali.
  • Normal, menggunakan efek visual yang sederhana.
  • Ekstra, menggunakan efek visual yang sangat indah, namun membutuhkan kemampuan kartu video yang tinggi.

Tidak semua kartu video mendukung fitur ini karena fitur ini membutuhkan akselerasi 3D yang tertanam pada kartu video. Jika Anda memiliki kartu grafis NVIDIA atau ATI, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur akselerasi 3D ini dengan cara yang sudah dibahas pada Bab 13 tentang Konfigurasi Kartu Video.

Pengaturan Screensaver

Untuk melakukan pengaturan Screensaver, Anda bisa klik menu System > Preferensi > Screensaver.

Pilih screensaver yang ingin Anda gunakan pada bagian “Tema screensaver”. Agar screensaver aktif, Anda harus memberi centang pada “Aktifkan screensaver ketika komputer lagi nganggur” dan atur waktu penampilan screensaver jika komputer menganggur pada slider “anggap komputer menganggur setelah ....”. Agar layar dikunci setelah screensaver aktif, Anda bisa beri tanda centang pada “Kunci layar pada saat screensaver aktif”.

Mengatur menu

Untuk mengatur menu yang ada di GNOME, Anda bisa membuka jendela preferensi menu utama melalui menu System > Preferensi > Menu Utama.

Kelompok/jenis menu ditampilkan pada kotak di bagian kiri jendela. Sedangkan isi dari kelompok menu tersebut ditampilkan di sebelah kanannya. Anda bisa memberi/menghilangkan centang pada menu yang ingin/tidak ditampilkan.

Selain itu, Anda juga bisa menambah kelompok menu baru dengan mengklik tombol “Menu Baru” dan menentukan nama menu. Sedangkan untuk menambah isi menu, Anda bisa mengklik tombol “Item Baru” dan menentukan nama, perintah dan ikon dari isi menu.

Pengaturan informasi pribadi

Untuk melakukan pengaturan informasi pribadi seperti nama, alamat, kontak, dan sebagainya untuk disimpan oleh sistem, Anda bisa membuka pengaturannya melalui menu System > Preferensi > Informasi Pribadi.

Pada jendela pengaturan, Anda bisa memberi informasi pribadi Anda. Pengaturan dibagi menjadi tiga tab, yaitu :

  • Informasi kontak, mengatur informasi kontak Anda seperti nomor telepon, handphone, e-mail, fax, dan jalur chatting.
  • Alamat, mengatur informasi alamat rumah dan alamat kerja.
  • Informasi pribadi, mengatur informasi pribadi lainnya seperti situs web, blog, alamat kalender dan jabatan kerja.

Selain untuk mengatur informasi pribadi, Anda juga bisa mengubah sandi akun pengguna Anda dengan mengklik tombol “Ganti Sandi”. Sebelum mengganti sandi, Anda harus mengetik sandi Anda saat ini lalu mengklik tombol “Otentikasi”. Kemudian, ketik dua kali kata sandi baru Anda. Setelah itu, klik tombol “Ganti Sandi” untuk mengganti sandi Anda.

Mengakhiri Sesi

Untuk mengakhiri sesi bekerja Anda di GNOME tanpa mematikan komputer, Anda bisa klik menu System > Keluar. Klik tombol “Keluar” untuk mengakhiri sesi dan kembali ke layar login. Jika Anda ingin membuka sesi baru tanpa keluar dari sesi sebelumnya, Anda bisa klik tombol “Pindah Pengguna”. Untuk berpindah dari satu sesi ke sesi lainnya yang aktif, Anda bisa tekan salah sati tombol dari Ctrl+Alt+F6 sampai Ctrl+Alt+F12.

Mematikan Komputer

Untuk mematikan komputer, Anda bisa klik menu System > Matikan. Terdapat empat perintah yang bisa Anda jalankan, yaitu :

  • Matikan Komputer, untuk mengakhiri sesi dan mematikan komputer.
  • Restart, untuk mengakhiri sesi, mematikan komputer dan menghidupkannya lagi.
  • Suspend, untuk mengistirahatkan komputer dan masuk ke mode tidur. Pada mode ini, semua komponen pada komputer akan mati kecuali Memory yang masih menyimpan sesi kerja Anda.
  • Hibernate, untuk mematikan komputer tanpa perlu mengakhiri sesi Anda. Sesi di Memory akan disimpan ke Harddisk dan akan dikembalikan jika komputer kembali dihidupkan.
Last modified 8 years ago Last modified on 06/01/2009 02:29:04 PM

Attachments (24)

Download all attachments as: .zip