BAB III : Pasang dan Hapus piranti lunak

TOC?

Bawaan dari BlankOn Linux sudah menyertakan berbagai piranti lunak untuk keperluan dasar seperti aplikasi perkantoran, multimedia, internet, grafis, dll. Namun, jika Anda merasa kurang dengan piranti lunak, Anda bisa melakukan pemasangan piranti lunak yang Anda inginkan sesuai dengan keperluan.

INGAT! Pemasangan dan penghapusan piranti lunak membutuhkan hak administratif karena dapat merubah sistem. Untuk itu, yang hanya bisa melakukan hal tersebut hanyalah pengguna yang memiliki kewenangan administratif.

Pengaturan piranti lunak pada BlankOn Linux

Cara pemasangan dan penghapusan piranti lunak pada BlankOn Linux sangat berbeda dengan cara yang ada di sistem operasi Microsoft Windows. Jika pemasangan piranti lunak di Windows menggunakan sebuah installer atau program pemasang dari masing-masing piranti lunak, maka pada BlankOn Linux pemasangan piranti lunak dilakukan menggunakan sistem manajemen paket piranti lunak seperti pada Distro Linux lainnya. Manajemen paket yang ada di BlankOn Linux bernama APT yang juga digunakan pada Distro Linux berbasis Debian.

Dengan APT, Anda tidak perlu mengunduh sendiri paket piranti lunak yang ingin Anda pasang. Anda hanya perlu menentukan sumber paket atau repository piranti lunak tersebut melalui APT, dan meminta piranti lunak yang ingin dipasang atau dihapus. Maka APT akan melakukan apa yang Anda inginkan termasuk mengunduh paket, memasang, pemasangan konfigurasi, melakukan konfigurasi sistem, pemutakhiran (update) serta penghapusan. Sumber paket atau repository bisa berada dari empat sumber, yaitu :

  • Server Web
  • Jaringan Lokal, misalnya dari server NFS,
  • CD/DVD-ROM,
  • Folder lokal.

Komunitas BlankOn Linux memiliki repository resmi yang berada di situs http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon. Untuk memasang lebih banyak piranti lunak lagi, Anda dapat menggunakan repository dari Ubuntu karena BlankOn Linux merupakan distribusi Linux turunan dari Ubuntu. Repository resmi Ubuntu Indonesia berada di situs http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu.

Selain repository resmi, juga terdapat repository-repository lainnya yang isinya sama, namun hanya berbeda letak servernya. Kebanyakan dari repository yang ada disediakan oleh penyedia jasa cermin (mirror) dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Berikut adalah beberapa alamat repository yang ada di Indonesia :

Mirror BlankOn :

Mirror Ubuntu :

Pengaturan Repository

Untuk melakukan pengaturan repository APT, Anda bisa klik menu System > Administrasi > Sumber Perangkat Lunak pada BlankOn Linux edisi Reguler, atau menu BlankOn > Peralatan Sistem > Sumber Perangkat Lunak pada BlankOn Linux edisi Minimalis. Berikut adalah cara – cara pengaturan repository dari setiap jenis sumber.

Repository Resmi BlankOn Linux (Internet)

Jika Anda ingin melakukan pengaturan sumber perangkat lunak dari mirror resmi BlankOn Linux, Anda bisa lihat pada tab “Perangkat Lunak BlankOn”. Pilih semua cabang piranti lunak yang tersedia pada bagian “Dapat diunduh dari Internet”. Kemudian, tentukan cermin yang akan Anda gunakan pada bagian “mengunduh dari”.

Sebelum melakukan pemutakhiran atau update sistem, terlebih dahulu Anda harus mengaktifkan repository update dari repository resmi BlankOn Linux yang Anda pilih. Untuk melakukan hal ini, klik tab “Pemutakhiran”, dan pilih repository update yang ingin Anda aktifkan dan memberi centang pada semua jenis pemutakhiran pada bagian “BlankOn pembaharuan”.

Repository pihak ketiga (Internet)

Repository resmi BlankOn Linux hanya menyediakan paket-paket piranti lunak dalam jumlah yang terbatas. Jika Anda ingin memasang lebih banyak piranti lunak lagi, Anda bisa menggunakan repository tambahan dari Ubuntu dengan membuka tab “Perangkat Lunak Piranti Ketiga”.

Secara bawaan, BlankOn Linux sudah disetel untuk menggunakan repository Ubuntu dari mirror http://dl2.foss-id.web.id. Jika Anda ingin mengubah servernya, Anda bisa klik pada salah satu cabang repository, lalu klik tombol “Ubah...”. Kemudian, atur alamat server pada bagian “URI”. Lalu klik tombol “OK”. Terdapat tiga cabang repository Ubuntu yang bisa Anda aktifkan, yaitu :

  1. Resmi disokong (Main) dan Driver tak bebas (Restricted) berisi paket piranti lunak umum yang sudah didukung oleh Ubuntu secara resmi dan juga berisi paket piranti lunak pengendali piranti lunak yang tidak bebas.
  2. Dikelola oleh komunitas (Universe) berisi paket piranti lunak yang umum namun tidak didukung secara resmi oleh Ubuntu.
  3. Perangkat Lunak Terbatas (Multiverse) berisi paket piranti lunak tertutup dan tidak didukung secara resmi oleh Ubuntu.

Jika ingin mengaktifkan pemutakhiran pada piranti lunak yang berasal dari repository Ubuntu, Anda bisa beri tanda centang pada “Pembaharuan yang disarankan” dan “Pemutakhiran keamanan yang penting” pada setiap cabang repository yang tertera pada daftar. Jika Anda ingin menambahkan repository lainnya, Anda bisa klik pada tombol “Tambah” lalu mengetik baris APT sesuai dengan repository yang diinginkan. Informasi dari baris APT bisa dilihat pada situs repository bersangkutan.

INFO: Repository Ubuntu berisikan sekitar 27000+ paket piranti lunak untuk Linux yang siap untuk dipasang. Jika masih merasa kurang, ada repository tambahan yang bernama Medibuntu yang berisikan berbagai piranti lunak non open source untuk Ubuntu. Informasinya, silahkan buka situs http://www.medibuntu.org.

Repository jaringan Lokal (Intranet)

Beberapa institusi pendidikan dan kantor menyediakan repository secara lokal yang bisa Anda manfaatkan untuk menekan biaya penggunaan bandwidth internet. Untuk memanfaatkannya, silahkan tanyakan kepada administrator jaringan Anda tentang baris APT dari repository termasuk repository untuk pemutakhiran (jika ada). Lalu tambahkan baris APT baru sesuai dengan cara yang dijelaskan di atas.

Menggunakan Cakram Pengaya atau DVD Repository Ubuntu

Tidak memiliki koneksi internet langsung? Anda bisa menggunakan media CD/DVD sebagai repository. Komunitas BlankOn Linux menyediakan Cakram Pengaya dalam bentuk CD/DVD yang bisa Anda unduh melalui situs http://www.blankonlinux.or.id atau membelinya di toko linux terdekat.

Selain itu, jika ingin menggunakan repository Ubuntu tanpa perlu jaringan Internet, Anda juga bisa mendapatkan DVD Repository Ubuntu yang versinya setara dengan versi BlankOn Linux yang digunakan (BlankOn 5.0 setara dengan Ubuntu 9.04). Silahkan merujuk ke situs http://ubuntu-id.org untuk cara mendapatkannya. Jika sudah mendapatkannya, masukkan CD/DVD tersebut dan klik tombol “Tambahkan CD-ROM” pada tab “Perangkat Lunak Pihak Ketiga”. Ulangi langkah ini untuk setiap CD/DVD repository.

Setelah semua pengaturan repository selesai dilakukan, klik tombol Tutup. Kemudian APT akan meminta Anda untuk mengunduh informasi paket dari setiap repository, klik pada tombol Muat Ulang. Sekarang, Anda siap melakukan penambahan piranti lunak untuk BlankOn Linux.

Memasang dan menghapus piranti lunak

Terdapat tiga cara untuk melakukan pemasangan dan penghapusan piranti lunak. Yaitu melalui fitur Tambah/Hapus?, menggunakan manajer paket Synaptic dan melalui antarmuka teks dengan perintah APT-GET.

Melalui fitur Tambah/Hapus?

Untuk pemasangan piranti lunak melalui fitur Tambah/Hapus?, klik menu BlankOn lalu pilih menu Tambah/Hapus? pada BlankOn reguler, atau klik menu BlankOn > Peralatan Sistem > Tambah/Hapus? pada BlankOn minimalis.

Agar semua piranti lunak ditampilkan, pilih item “Semua aplikasi tersedia” pada bagian tunjukkan. Sekarang, Anda bisa memberi centang pada paket piranti lunak yang ingin dipasang dan menghilangkan centang pada paket piranti lunak yang ingin dihapus. Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa klik jenis paket piranti lunak yang ingin Anda cari pada daftar yang ada di bagian kiri jendela. Selain itu, Anda juga bisa mencari paket piranti lunak secara spesifik melalui fitur pencarian yang ada di pojok kanan atas jendela.

Untuk menerapkan perubahan, Anda bisa klik tombol “Terapkan Perubahan”, dan klik tombol “Terapkan” kembali pada jendela dialog konfirmasi. Maka fitur Tambah/Hapus? akan memasang piranti lunak yang ingin Anda pasang dan menghapus piranti lunak yang ingin Anda hapus. Setelah selesai melakukan penerapan, Anda bisa klik tombol “Tambah/Hapus? piranti lunak” jika Anda ingin memasang atau menghapus piranti lunak. Atau klik tombol “Tutup” jika Anda ingin keluar dari aplikasi ini.

Manajer Paket Synaptic

Jika Anda ingin memasang atau menghapus piranti lunak secara detail, Anda bisa menggunakan aplikasi Synaptic yang bisa Anda buka melalui menu System > Administrasi > Manajer paket Synaptic pada BlankOn Linux edisi Reguler, atau melalui menu BlankOn > Peralatan Sistem > Manajer paket Synaptic pada BlankOn Linux edisi Minimalis.

Cara penggunaan aplikasi ini sangat mirip dengan cara menggunakan fitur Tambah/Hapus?. Namun, aplikasi ini menampilkan daftar paket piranti lunak secara detail. Selain Anda bisa menambah dan menghapus aplikasi, Anda juga bisa melakukan hal yang sama untuk pustaka sistem yang tersedia. Untuk menandai paket piranti lunak yang ingin dipasang, klik pada tanda kotak yang ada di sebelah kiri nama paket, lalu pilih menu “Tandai untuk instalasi”. Sedangkan jika ingin menghapus paket piranti lunak, klik pada kotak yang sama lalu pilih menu “Tandai untuk dibuang”. Kadangkala, suatu paket piranti lunak akan meminta satu atau beberapa paket piranti lunak untuk dipasang (ketergantungan). Jika muncul jendela yang menanyakan hal tersebut, Anda harus setuju untuk menandai paket piranti lunak yang dibutuhkan agar Anda bisa memasang paket piranti lunak yang Anda inginkan.

Untuk menerapkannya, Anda bisa klik ikon “Terapkan” pada toolbar dan klik tombol “Terapkan” pada jendela konfirmasi. Maka APT akan memasang/menghapus piranti lunak yang Anda minta.

Melalui perintah APT-GET

Menggunakan perintah apt-get sangat sederhana sekali. Anda cukup ketikkan nama paket piranti lunak yang ingin dipasang/dihapus, maka APT akan melakukan hal yang Anda inginkan.

Untuk menggunakan fitur ini, bukalah antarmuka teks misalnya melalui Terminal dengan menu BlankOn > Aksesoris > Terminal. Pada terminal, ketik perintah berikut, lalu tekan tombol Enter untuk memasang paket piranti lunak (Ubah “namapaket” sesuai dengan nama paket piranti lunak yang hendak Anda pasang) :

blankon@blankon:~$ sudo apt-get install namapaket↵

Sedangkan untuk menghapus suatu piranti lunak, ketik perintah berikut dan tekan tombol Enter (Ingat! Ubah “namapaket” sesuai dengan piranti lunak yang ingin Anda hapus”) :

blankon@blankon:~$ sudo apt-get remove namapaket↵

Jika APT meminta pemasangan/penghapusan piranti lunak ketergantungan, Anda harus menyetujuinya dengan menekan tombol Y, lalu tekan tombol Enter.

TIP: Untuk memasang/menghapus lebih dari satu paket piranti lunak, Anda bisa sebutkan lebih dari satu nama paket pada perintah APT yang dipisah dengan spasi. Contohnya, jika ingin memasang piranti lunak aplikasi Abiword dan Gnumeric sekaligus, Anda bisa ketik perintah berikut

blankon@blankon:~$ sudo apt-get install abiword gnumeric↵

Pemasangan melalui berkas DEB

Selain melalui repository, Anda juga bisa memasang suatu piranti lunak yang didistribusikan dalam format berkas DEB seperti aplikasi RealPlayer?, VirtualBox, Skype, dll. Untuk melakukan instalasi dari paket DEB, Anda bisa klik ganda pada berkas DEB tersebut melalui peramban berkas, maka akan muncul jendela yang akan menuntun Anda dalam melakukan pemasangan.

Pada jendela tersebut, Anda bisa klik tombol “Instal paket”. Maka paket tersebut akan di-instal ke komputer bersamaan dengan paket ketergantungannya.

Instalasi dukungan Bahasa

Bahasa yang terinstall secara otomatis dalam BlankOn Linux adalah Bahasa Indonesia. Jika Anda ingin memasang bahasa lainnya, Anda bisa membuka fitur dukungan bahasa melalui menu System > Administrasi > Dukungan Bahasa pada BlankOn Linux edisi Reguler, atau melalui menu BlankOn > Peralatan Sistem > Dukungan Bahasa pada BlankOn Linux edisi Minimalis.

Pada jendela pengaturan Bahasa, klik pada tombol “Install/Remove? Languages...” untuk memasang atau menghapus suatu paket bahasa.

Kemudian, pada daftar bahasa yang diberikan, Anda bisa memberi centang pada bahasa yang ingin Anda instal. Anda juga bisa memilih fitur pendukung bahasa seperti pengecek ejaan, metoda input, fonta, dll. yang ingin Anda pasang. Untuk menerapkan pengaturan, klik pada tombol Apply Changes. Kembali pada jendela pengaturan bahasa, Anda bisa memilih bahasa default yang ingin digunakan, Anda bisa memilihnya pada opsi “For everyone” jika ingin menerapkan default bahasa untuk semua pengguna, atau melalui opsi “For my menus and windows” untuk menerapkan bahasa default hanya pada desktop Anda.

TIP: Jika ingin mengaktifkan fitur metoda input (IME) pada BlankOn, Anda bisa memberi tanda centang pada “use input method engine (IME) to enter complex character”. Secara bawaan, BlankOn sudah menyertakan metoda input untuk aksara Lontara (Bugis) dan Batak Toba.

Melakukan pemutakhiran sistem

Untuk melakukan pemutakhiran sistem, pastikan Anda sudah menambahkan repository update pada APT seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemudian, klik menu System > Administrasi > Manajer Pemutakhiran pada BlankOn Linux edisi Reguler, atau menu BlankOn > Peralatan Sistem > Manajer Pemutakhiran pada BlankOn Linux edisi Minimalis untuk melakukan pemutakhiran sistem.

Klik tombol “Periksa” untuk memerika update yang sudah ada. Jika terdapat update paket piranti lunak, Anda bisa memberi centang paket update piranti lunak yang hendak Anda pasang. Untuk mengunduh dan memasang update, klik tombol “Instal Update”. Maka APT akan melakukan pemutakhiran pada paket piranti lunak yang Anda pilih.

Selain cara yang dibahas di atas, Anda bisa melakukan pemutakhiran sistem melalui terminal. Untuk melakukan hal ini, buka terminal melalui menu BlankOn > Aksesoris > Terminal. Lakukan pemeriksaan update dengan mengetik perintah “sudo apt-get update” seperti berikut, lalu tekan Enter :

blankon@blankon:~$ sudo apt-get update↵

Kemudian, ketik perintah “sudo apt-get upgrade” seperti berikut untuk melakukan update paket piranti lunak, lalu tekan tombol enter :

blankon@blankon:~$ sudo apt-get upgrade↵

INGAT! Pastikan Anda terhubung dengan repository update agar proses pemutakhiran bisa berjalan dengan lancar.

Memasang aplikasi Windows

Sebenarnya, Anda juga bisa memasang aplikasi-aplikasi berbasis Microsoft Windows favorit Anda ke dalam BlankOn Linux. Caranya adalah dengan menggunakan piranti lunak emulator yang bernama WINE (Windows Emulator). Sebelum melakukan pemasangan aplikasi Windows, terlebih dahulu Anda harus memasang paket “wine” melalui APT. Setelah paket WINE terpasang, Anda bisa memasang aplikasi Windows Anda dengan melakukan klik ganda pada berkas installer dari aplikasi tersebut melalui peramban berkas, seperti cara melakukan pemasangan aplikasi pada Windows.

Perlu diingat, tidak semua aplikasi didukung oleh WINE. Beberapa aplikasi mungkin tidak bisa berjalan dengan maksimal atau bahkan tidak bisa berjalan sama sekali. Untuk informasi lebih lanjut mengenai WINE, Anda bisa membuka situs resminya yaitu http://www.winehq.com.

Last modified 8 years ago Last modified on 06/01/2009 03:40:10 PM

Attachments (10)

Download all attachments as: .zip