BAB XIV Pengaturan pengguna dan kelompok

Sistem operasi Linux merupakan sistem operasi multiuser atau banyak pengguna. Linux bisa digunakan oleh banyak pengguna yang memiliki ruang dan lingkungan masing-masing. Setiap pengguna juga memiliki nama akun pengguna (userid) dan password. Nama pengguna dan sandi ini akan diminta pada saat pertama kali menjalankan Linux.

Selain itu, di Linux juga dikenal istilah grup yaitu sekumpulan dari pengguna yang memiliki hak dan wewenang tertentu. Oleh karena itu, pengetahuan tentang manajemen pengguna dan grup sangat dibutuhkan dalam mempelajari linux, khususnya BlankOn Linux. Baik bagi mereka yang sekadar pengguna rumahan yang hanya memilik satu jenis pengguna di sistem mereka, ataupun mereka yang bertindak sebagai sistem administrator. Pada bab ini, dibahas mengenai cara untuk memanajemen pengguna dan grup yang ada di BlankOn melalui fitur Pemakai dan Kelompoknya.

Pengaturan pengguna

Untuk melakukan pengaturan pengguna melalui antarmuka grafis, Anda bisa klik menu System > Pemakai dan Kelompoknya. Sebelum melakukan pengaturan pengguna, klik pada tombol “Buka Kunci” dan masukkan sandi Anda karena pengaturan pengguna bersifat administratif.

Menambah Pengguna

Untuk menambah pengguna baru, klik pada tombol “Tambah Pemakai”.

Pada jendela yang baru muncul, ketik nama akun (tanpa spasi) dari pengguna baru yang Anda buat pada bagian “Nama User”. Nama ini akan digunakan pada saat melakukan login dengan akun tersebut. Kemudian, isi password, nama lengkap dan data pribadi pengguna (opsional).

Untuk mengatur kewenangan pada pengguna baru yang Anda buat, klik pada tab “Hak Akses Pemakai”. Kemudian, beri tanda centang pada wewenang yang diberikan kepada pengguna baru tersebut. Setelah semua pengaturan selesai, Anda bisa klik pada tombol “OK”.

Sekarang, Anda bisa melihat pengguna baru pada daftar pengguna. Untuk masuk ke sistem menggunakan pengguna tersebut, lakukan Log Out pada desktop melalui menu System > Keluar.

Mengatur pengguna yang sudah ada

Untuk mengatur pengguna yang sudah ada, Anda bisa klik pengguna yang ingin Anda atur pada jendela “Pengaturan Pengguna”, lalu klik pada tombol “Properti”. Kemudian, Anda bisa melakukan pengaturan terhadap pengguna tersebut.

Menghapus pengguna

Untuk menghapus pengguna, cukup klik pengguna yang ingin dihapus pada daftar yang terdapat di jendela “Pengaturan Pengguna”, kemudian klik tombol “Hapus”. Pada jendela konfirmasi yang muncul, klik pada tombol “Hapus”. Data pengguna yang tersimpan pada folder /home tidak akan ikut dihapus.

Pengaturan Grup

Grup merupakan sekumpulan dari pengguna yang sama-sama memiliki suatu wewenang, seperti wewenang pada sistem dan wewenang pada berkas sistem.

Untuk melakukan pengaturan grup, klik tombol “Kelola Kelompok” pada jendela “Pengaturan Pengguna”. Maka akan muncul daftar grup yang ada di sistem.

Membuat grup Baru

Untuk membuat grup baru, klik pada tombol “Tambah Kelompok”.

Kemudian, tentukan nama kelompok (tanpa spasi) dan beri centang pada pengguna yang menjadi anggota dari grup tersebut, kemudian klik tombol “OK” untuk membuat grup baru.

Mengatur grup yang sudah ada

Untuk mengatur grup yang sudah ada, cukup klik pada grup yang ingin diatur, lalu klik tombol “Properti”. Kemudian, Anda bisa mengatur siapa saja yang menjadi anggota dari grup yang Anda atur.

Last modified 8 years ago Last modified on 07/23/2009 03:02:40 PM

Attachments (3)

Download all attachments as: .zip