BAB X : Aplikasi Multimedia dan Hiburan

TOC?

BlankOn Linux menyediakan berbagai aplikasi multimedia dan hiburan yang bisa menghibur Anda disaat sibuk bekerja untuk berproduktivitas. Selain itu, ada juga beberapa aplikasi multimedia yang memang didedikasikan untuk mereka yang bekerja di studio musik atau video.

INFO: Tidak seperti distribusi Linux lainnya, BlankOn secara default sudah menyertakan codec atau pustaka pemutar format multimedia yang tertutup seperti MP3, DVD, WMA, dll. Jadi, Anda tidak perlu lagi memasang codec tambahan untuk memutar format tersebut

Pengatur volume suara

Untuk mengatur volume suara secara umum, Anda bisa klik ikon speaker yang ada di bagian notification area, kemudian mengatur seberapa besar volume suara pada slider yang disediakan.

Jika ingin pengaturan volume suara yang lebih detail, Anda bisa klik pada ikon speaker tersebut, lalu klik pada tombol “Pengatur suara”. Kemudian akan muncul jendela kendala volume. Pada jendela tersebut, Anda bisa mengatur pengaturan volume dari masing-masing jenis output dan input. Jika opsi terasa kurang, Anda bisa menambahkannya dengan cara mengklik tombol “Pengaturan”, kemudian beri tanda centang pada jenis input/output yang belum ditandai centang.

Pemutar Musik Rhythmbox

Untuk keperluan mengelola musik yang ada di komputer serta memutarnya, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Rhythmbox. Aplikasi ini bisa dibuka melalui menu BlankOn > Suara & Video > Pemutar Musik Rhythmbox.

Jika dilihat sekilas, aplikasi ini sangat mirip dengan aplikasi iTunes yang ada di Microsoft Windows maupun Mac OS X. Sebelum menggunakan aplikasi ini, terlebih dahulu Anda harus mendaftarkan folder koleksi lagu Anda agar masuk ke dalam database Rhythmbox. Untuk melakukan hal ini, klik Musik > Import Folder. Kemudian, pilih folder tempat koleksi musik anda, lalu klik tombol “Buka”.

Untuk mencari lagu yang ingin diputar, Anda bisa manfaatkan kotak teks “Cari”. Isi kotak teks ini dengan lagu/artis/album yang ingin dicari, kemudian hasilnya akan langsung terlihat pada daftar trek. Jika ingin memutar salah satu lagu, klik ganda pada lagu tersebut.

Anda juga bisa mendaftarkan beberapa lagu ke dalam daftar antrian pemutaran agar urutan lagu yang ingin diputar sesuai dengan keinginan Anda. Untuk melakukan hal ini, klik kanan pada salah satu lagu kemudian pilih menu “Add to play Queue”.

Aplikasi Rhytmbox sudah terintregasi dengan toko musik Magnatune. Untuk mengakses toko musik ini, klik “Magnatune” pada bagian kiri jendela. Anda memerlukan koneksi internet untuk melakukan hal ini.

Pemutar video Totem

Untuk memutar video, BlankOn menyediakan aplikasi bernama Totem Media Player yang tampilannya mirip dengan Windows Media Player yang ada di Microsoft Windows. Untuk membuka aplikasi ini, klik menu BlankOn > Suara & Video > Pemutar Film.

Untuk membuka berkas video pada Totem, klik menu Film > Buka, kemudian pilih berkas video yang ingin diputar, kemudian klik tombol “Tambah”. Sedangkan jika Anda ingin membuka video dari kepingan CD/DVD, klik menu Film > Putar Disc. Untuk memulai memutar berkas video yang dibuka, klik tombol “>” (Putar) pada bagian bawah jendela. Jika Anda ingin menonton video secara full screen, klik menu Tampil > Layar penuh atau tekan tombok F11 pada keyboard.

Perekam suara

Ingin merekam suara? Anda bisa menggunakan aplikasi Perekam Suara yang bisa Anda buka melalui menu BlankOn > Suara & Video > Perekam Suara. Sebelum melakukan perekaman, pastikan alat input suara berfungsi dengan baik serta pengaturan input pada pengontrol volume sudah diatur sedemikian rupa sehingga bisa menangkap suara dari alat input.

Pada opsi “rekam dari input”, pilih input yang ingin Anda gunakan sebagai sumber rekaman, sedangkan pada opsi “rekaman sebagai”, tentukan format berkas hasil rekaman Anda. Setelah semua siap, klik ikon “Rekam” pada toolbar untuk mulai merekam. Jika sudah selesai merekam, klik ikon “Stop”.

Sebelum menyimpan hasil rekaman, Anda bisa klik ikon “Putar” untuk memutar rekaman Anda tadi. Kemudian untuk menyimpannya, Anda bisa klik ikon “Simpan” dan tentukan lokasi serta nama berkas yang ingin disimpan.

Pembakar cakram CD/DVD Brasero

Selain pembakar cakram CD/DVD pada peramban berkas Nautilus, Anda juga bisa membakar CD/DVD menggunakan aplikasi yang bernama Brasero. Aplikasi ini mendukung pembakaran CD/DVD dengan berbagai format, yaitu Data, Audio dan Video. Untuk membuka aplikasi ini, klik menu BlankOn > Suara & Video > Brasero pembakar cakram.

Pada jendela utama aplikasi Brasero, Anda akan diminta untuk memilih salah satu proyek yang ingin dibuat, antara lain :

  • Proyek audio, membuat CD Audio/Musik? tradisional (menggunakan batas waktu 79 menit) yang bisa diputar di semua pemutar CD/DVD.
  • Proyek video, membuat SVCD/DVD untuk keperluan video.
  • Proyek data, membuat CD/DVD untuk penyimpanan data.
  • Salin keping, untuk menyalin/menggandakan CD/DVD.
  • Bakar image, untuk membakar berkas cetakan/image CD/DVD ke dalam kepingan CD/DVD.

Proyek Audio

Untuk membuat CD Audio (CD-DA), klik pada tombol “Proyek Audio” pada menu utama atau klik menu Proyek > Proyek Baru > Proyek Audio Baru pada menu bar. Kemudian, pilih berkas audio yang ingin dimasukkan dalam CD-Audio pada peramban berkas yang terdapat di bagian kiri jendela, lalu klik ikon “Tambah” pada toolbar. Lakukan berkali-kali untuk berkas audio selanjutnya. Ingat, Anda hanya memiliki batas waktu pemutaran sekitar 79 menit.

Jika sudah selesai menambahkan berkas audio ke daftar, klik tombol “Bakar...”. Kemudian, masukkan CD kosong pada CD/DVD-RW drive Anda dan tentukan opsi pembakaran pada jendela “Disc Burning Setup”. Setelah semua siap, klik pada tombol “Bakar” untuk mulai membakar CD Audio.

Proyek video

Untuk membuat CD/DVD Video, klik pada tombol “Proyek Video” pada menu utama. Atau Anda bisa klik menu Proyek > Proyek Baru > Proyek Video Baru. Sebelum menambahkan berkas video, Anda perlu memilih jenis media pembakaran. Untuk melakukan hal ini, klik ikon “...” yang berada di sebelah kiri indikator penunjuk kapasitas. Pilih jenis media sesuai dengan media yang akan digunakan untuk pembakaran. Setiap jenis media memiliki kapasitas video yang berbeda.

Setelah menentukan jenis media, klik ikon “Tambah” pada toolbar dan pilih berkas video yang ingin Anda tambahkan. Anda bisa menambahkan lebih dari satu berkas video. Ingat, karena kapasitas CD/DVD terbatas, jumlah video yang ditampungpun juga terbatas.

Jika semua sudah siap, Anda bisa masukkan media pembakaran sesuai dengan jenis yang Anda pilih sebelumnya, lalu klik tombol “Bakar...”. Aturlah opsi pembakaran, dan terakhir klik tombol “Bakar” untuk melakukan pembakaran CD/DVD Video.

Proyek data

Jika ingin membuat CD/DVD untuk menampung data, klik “Proyek Data” pada menu utama, atau klik Proyek > Proyek Baru > Proyek Data Baru pada menu bar. Sebelum memilih berkas-berkas yang akan ditampung ke dalam CD/DVD, atur terlebih dahulu jenis media pembakaran yang akan digunakan dengan mengklik tombol di sebelah kiri indikator kapasitas CD/DVD.

Kemudian, Anda bisa memilih berkas yang ingin ditampung dalam CD/DVD dengan cara memilihnya pada peramban berkas yang terdapat di bagian kiri, lalu klik tombol “Tambah” pada toolbar. Ulangi langkah ini untuk berkas lainnya yang juga ingin Anda tambah. Jika ingin membuat folder baru, Anda bisa klik ikon “Tambah Folder” pada toolbar.

Setelah selesai memilih berkas, klik pada tombol “Bakar...”. Pastikan media pembakaran sudah dimasukkan ke dalam alat penulis CD/DVD. Atur opsi pembakaran (label, jumlah penggandaan, kecepatan, dsb) sesuai dengan keinginan, kemudian klik tombol “Bakar” untuk mulai melakukan pembakaran.

Menyalin keping

Brasero menyediakan fitur untuk menyalin atau menggandakan keping CD/DVD. Untuk melakukan hal ini, klik tombol “Salin keping” pada menu utama, atau klik Proyek > Proyek Baru > Salin Keping pada menu bar.

Pada jendela “Opsi Penyalinan”, tentukan media yang akan dijadikan sumber untuk menggandakan pada opsi “Pilih keping untuk disalin”. Kemudian, tentukan tujuan media untuk penggandaan pada “Pilihan keping untuk ditulis”. Anda bisa membuka opsi penyalinan dengan mengklik tombol “Properti”. Setelah semua selesai, klik tombol “Salin” untuk mulai melakukan penyalinan.

Pembakar Cetakan

Cetakan/Image? merupakan sebuah berkas yang berisikan informasi dan isi dari suatu CD/DVD. Umumnya, format berkas ini berekstensi ISO. Berkas jenis ini digunakan oleh pembuat distro Linux untuk mendistribusikan distronya melalui jalur Internet.

Untuk membakar berkas citra tersebut, Anda bisa klik tombol “Bakar Image” pada menu utama, atau klik menu Proyek > Proyek Baru > Bakar Image pada menu bar. Pada jendela “Image burning setup”, tentukan alat penulis CD/DVD yang akan digunakan pada opsi “Pilih keping untuk ditulis”. Anda juga bisa membuka jendela opsi penyalinan dengan mengklik tombol “Properti”. Kemudian, tentukan berkas citra yang akan dibakar pada opsi “Image”. Setelah semua selesai, klik tombol “Bakar” untuk melakukan pembakaran berkas citra yang dipilih.

Penyunting suara Audacity

Untuk melakukan penyuntingan suara, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Audacity. Aplikasi ini sangat terkenal pada sistem operasi Microsoft Windows sebagai aplikasi penyunting suara yang gratis dan bebas pakai.

Untuk menggunakan Audacity pada BlankOn, Anda harus memasangnya terlebih dahulu dengan memasang paket “audacity” pada APT. Setelah terpasang, Anda bisa menjalankan Audacity melalui menu Aplikasi > Suara & Video > Audacity

Audacity dapat digunakan untuk merekam suara dari suatu input suara. Untuk melakukan hal itu, Anda terlebih dahulu dapat mengatur alat perekam yang akan digunakan melalui menu Edit > Preferensi, kemudian atur pada opsi Merekam. Selain itu, Anda dapat mengatur mixer suara agar perekaman suara dapat optimal. Setelah semua pengaturan selesai, tekan tombol “Rekam” (lambang bulatan merah) pada toolbar untuk memulai perekaman. Kemudian setelah perekaman selesai, klik tombol “Berhenti” (lambang kotak).

Untuk menyunting hasil rekaman, Anda dapat memanipulasi suara seperti layaknya gaya copy-paste pada aplikasi pengolah kata. Jika ingin memanfaatkan berbagai efek yang tersedia, blok pada bagian suara yang ingin diberi efek, kemudian pilih salah satu efek yang terdapat pada menu Efek. Terdapat ratusan efek yang bisa Anda pilih dan siap digunakan.

Selain melalui perekaman, Anda dapat mengimpor suatu berkas suara melalui menu Berkas > Impor > Audio. Setelah proyek suara selesai, Anda bisa menyimpannya melalui menu Berkas > Simpan Proyek, sedangkan jika ingin mengekspor ke berbagai format suara, Anda bisa gunakan fitur ekspor melalui menu Berkas > Ekspor.

Peramban Wikipedia Daluang

Ada sebuah fitur menarik yang hanya ada di BlankOn Linux, yaitu sebuah aplikasi edukasi bernama Daluang. Daluang merupakan peramban artikel-artikel yang ada di Wikipedia, salah satu Ensiklopedia internet yang sangat terkenal. Dengan menggunakan Daluang, anda bisa membaca artikel-artikel dari Wikipedia tanpa memerlukan jaringan Internet, sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai sumber referensi yang sangat murah.

Aplikasi Daluang secara bawaan sudah disertakan pada BlankOn Linux edisi Minimalis. Jika ingin memasangnya pada BlankOn Linux edisi Reguler, anda bisa memasang semua paket berawalan “daluang*” melalui APT dengan terlebih dahulu mengaktifkan sumber paket atau repository resmi BlankOn Linux. Untuk membuka Daluang, anda bisa klik menu BlankOn > Pendidikan > Daluang. Pada jendela awal, anda akan disuguhi menu pilihan bahasa Wikipedia yang diinginkan. Pilih salah satu bahasa yang diinginkan, kemudian ketik artikel yang ingin dicari pada kotak pencarian pada bagian atas jendela, kemudian tekan enter. Jika artikel ditemukan, maka artikel akan segera ditampilkan.

Bermain dengan BlankOn Linux Butuh hiburan setelah Anda selesai bekerja, Anda bisa menggunakan paket permainan GNOME Games yang secara default sudah terpasang pada BlankOn Linux. Anda bisa mengakses berbagai permainan ini melalui menu BlankOn > Permainan.

Jika permainan terasa kurang, Anda bisa memasang berbagai permainan tambahan melalui APT. Agar lebih mudah menginstalnya, Anda bisa memanfaatkan fitur Add/Remove? melalui menu BlankOn > Add/Remove?.

Untuk memainkan permainan besar berbasis Windows pada BlankOn Linux, ada tiga alternatif yang bisa Anda lakukan, yaitu :

  • Mencari versi Linux dari permainan tersebut. Pembuat permainan yang telah membuka kode sumber untuk mesin permainan mereka biasanya menyediakan versi Linux dari permainan tersebut, seperti permainan Doom, Quake, Wolfenstein, dll (kesemuanya merupakan permainan dari mesin Id Software). Ada juga mesin permainan yang dibuat oleh pihak ketiga, seperti Lokigames. Anda akan diminta untuk menggandakan berkas data permainan yang ada di CD/DVD permainan yang asli ke dalam folder sistem agar permainan bisa berjalan.
  • Menjalankan permainan menggunakan WINE. WINE (www.winehq.com) merupakan program bantu untuk mengemulasikan aplikasi-aplikasi Windows untuk dijalankan di Linux. WINE sudah tersedia di dalam repository Ubuntu dengan nama paket “wine”. Tidak semua permainan bisa berjalan lancar dengan WINE, beberapa diantaranya yang diketahui bisa berjalan dengan WINE antara lain : Warcraft, Counter Strike, dll.
  • Menggunakan emulator komersial. Jika menggunakan WINE tidak berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan emulator komersial turunan dari WINE yang dikhususkan untuk menjalankan permainan Windows ke dalam Linux. Dua emulator komersial yang terkenal saat ini adalah Cedega (www.transgaming.com) dan CrossOver? Games (www.crossover.com). Namanya juga aplikasi komersial, Anda harus membayar kepada pihak pembuat kedua aplikasi tersebut untuk mendapatkan aplikasi tersebut.
Last modified 8 years ago Last modified on 07/13/2009 01:34:28 PM

Attachments (12)

Download all attachments as: .zip