Desktop Compiz Fusion

BlankOn datang dengan Compiz Fusion yang sudah terinstall. Dalam beberapa kasus Compiz membutuhkan driver untuk kartu grafis anda agar supaya compiz berjalan dengan baik. Pastikan anda telah memasang driver kartu grafis anda di sistem anda

Untuk mengaktifkan efek Desktop dalam komputer anda, silakan buka Menu-GNOME ke System > Preference > Apparance. Dalam tab desktop effect anda akan menemukan tiga pengaturan yaitu: None, Normal dan Ekstra. Untuk mengaktifkan compiz, pilih salah satu dari ke tiga pilihan tersebut

Jika anda menginginkan pengaturan lebih pada pengaturan opsi compiz dan plugin, seperti desktop cube dan animations, pertama install paket konfigurasi compiz:

sudo apt-get install compizconfig-settings-manager

Setelah itu anda dapat mengatur plugin dan opsi lanjut compiz yang terletak di System > Preferences > Advanced Desktop Effects Settings. Anda juga dapat menjalankan aplikasi ini dari terminal atau run dialog (ALT+F2) dengan perintah ccsm.

Bagi Pengguna Kartu Grafis ATi

Bebarapa katu grafis ATI terkadang membutuhkan driver propietary untuk menjalankan compiz, hal ini di karenakan driver terbuka (open Source) radeon terkadang tidak secepat driver proprietary fglrx, sehingga jika anda menginginkan compiz berjalan dengan baik anda garus memasang driver proprietary. Berikut adalah petunjuknya:

  1. Setelah anda menasang drivernya, baik itu dari manajeman driver proprietary atau dari situs ATI, anda harus mengatur konfigurasi berkas xorg agar xorg dapat bekerja dengan diver terbaru anda. Buka termimal anda dan masukkan:
    sudo cp /etc/X11/xorg.conf /etc/X11/xorg.conf.bak
    sudo aticonfig --initial --input=/etc/X11/xorg.conf
    
    Tindakan tersebut akan menonaktifkan driver radeon default dan menggantinya dengan Driver ATI.
  2. Sekarang atur compiz agar melewatkan pngecekan tentang driver yang mereka blacklist:
    echo SKIP_CHECKS="yes" >> $HOME/.config/compiz/compiz-manager
    
    Cara alternatif anda dapat mengedit driver yang di percaya karena ini adalah cara yang lebih baik. Jalankan paerintah ini untuk mengubah skript-startup compiz:
    gksu gedit /usr/bin/compiz
    
    Cari Driver yang dipercaya dan masukkan fglrx kedalam barisnya, seperti ini:
    # Driver whitelist
    WHITELIST="nvidia intel ati radeon i810 fglrx"
    
  3. Matikan ulang komputer anda, kemudian login dan aktifkan compiz anda.

Bagi Pengguna Kartu Grafis nVidia

Instalasi driver Kartu Grafis nVidia sangat mudah sekali hal ini di karenakan driver nvidia telah ada dalam repository. Buka terminal dan masukkan perintah:

sudo apt-get install nvidia-glx-new nvidia-kernel-common

Matikan ulang komputer anda, kemudian login dan aktifkan compiz

Last modified 9 years ago Last modified on 09/23/2008 08:18:00 PM