Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

BlankOn

Misi Proyek BlankOn

Proyek BlankOn bertujuan untuk mengembangkan ekosistem baru dalam konteks perangkat lunak bebas dan terbuka. Pengembangan dilakukan dengan cara meningkatkan kecakapan sumber daya lokal sehingga mampu dan kompeten di dalam pengembangan perangkat lunak bebas dan terbuka, mulai dari yang teknis seperti pengembangan aplikasi dan distribusi Linux, hingga hal-hal non-teknis seperti kepemimpinan dan kemampuan membangun komunitas hingga solusi komersial berbasis BlankOn.

Ekosistem yang diharapkan tercipta adalah kumpulan perorangan, entitas pendidikan, perusahaan, dan organisasi baik nirlaba, komersial maupun pemerintahan, yang menggunakan BlankOn sebagai landasan dalam melakukan kegiatannya. Di sini, terdapat orang-orang yang semula berjiwa konsumtif namun setelah terjun dan terlibat dalam ekosistem, menjadi orang-orang yang berjiwa produsen dan inovatif. Dalam ekosistem, orang-orang dirangsang untuk menghasilkan, apa pun bentuknya, mulai dari kode, pemikiran-pemikiran, karya seni, hingga kegiatan-kegiatan bisnis yang menguntungkan.

Ekosistem yang tercipta diharapkan akan menghasilkan beragam produk dan hasil karya, dan menjadi ​Swacala_Abadi yang kembali memberi manfaat ke proyek BlankOn dalam bentuk dana, masukan-masukan, dan tenaga.

Distribusi Linux BlankOn dijadikan ajang latihan untuk mencapai cita-cita ini. Dalam kegiatan pengembangan, diasah beragam keterampilan teknis dan non-teknis, mulai dari perancangan hingga proses produksi, mulai dari penulisan kode hingga pembangunan komunitas. Kegiatan dilakukan dengan sistem perekrutan dan mentoring berantai, artinya, orang yang direkrut dan dilatih hari ini besok diharapkan dapat merekrut dan melatih orang yang baru. Misi yang tercantum di sini mungkin dapat dianggap terlalu bombastis dan merindukan bulan. Tapi inilah cita-cita yang hendak dicapai, berapa lama pun waktu yang perlu dihabiskan.

Proses transformasi Blank menjadi On

Saat ini mental kebanyakan dari kita adalah mental pembeli dan pengguna. Pasar dalam negeri dipenuhi barang-barang dan produksi luar negeri.

BlankOn ingin berpartisipasi dalam mengubah mental tersebut menjadi mental produsen dan penghasil. Ekosistem yang dicita-citakan merupakan sarana untuk mencapai transformasi ini.

Daftar Singkat Indikator Keberhasilan

Berikut adalah beberapa contoh hal-hal yang menjadi indikator keberhasilan misi proyek ini. Tidak perlu semua contoh di bawah tercapai, bila ada 2-3 contoh di bawah yang terealisasi, maka proyek BlankOn sudah dapat dikatakan cukup membawa perubahan baru di Indonesia.

Last modified on 10/16/2014 02:23:06 PM


Konten ini adalah sumber terbuka.
Edit.

Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri