Wiki Pengembangan Proyek BlankOn

Tim Pengembang

Wiki

Build Status

Selamat Datang di Wiki Pengembangan BlankOn

Silakan lihat halaman Misi BlankOn untuk memahami tujuan proyek ini.

BlankOn Linux merupakan salah satu distribusi GNU/Linux yang berisikan perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk keperluan desktop, laptop, dan workstation. Dengan dipadukan oleh berbagai pernak-pernik khas Indonesia, distribusi ini sangat cocok digunakan untuk pengguna komputer di Indonesia.

Daftar isi

Pertanyaan Umum

  1. T: Mengapa diberi nama BlankOn?
    J: Arti lain BlankOn adalah perubahan dari blank (kosong) menjadi on (menyala atau berisi). Filosofi BlankOn adalah harapan agar pengguna distro BlankOn berubah dari belum sadar (kosong) menjadi sadar (berisi); selain itu pengguna juga dapat memanfaatkan Linux untuk meningkatkan keahlian di bidang TI, serta meningkatkan martabat dan kemandirian bangsa Indonesia.
  2. T: Apakah BlankOn ada hubungannya dengan topi tradisional etnis Jawa “Belangkon” ?
    J: Ya dan tidak. Ya karena dirilis di Indonesia sedapat mungkin mengambil identitas Indonesia. Tidak karena BlankOn secara bahasa bukan berasal dari “Belangkon” (lihat pertanyaan no 1).
  3. T: Apa hubungan BlankOn dengan Debian?
    J: BlankOn merupakan distribusi turunan Debian yang kompatibel 100%. Aplikasi untuk Debian dapat dijalankan di atas BlankOn dan juga sebaliknya aplikasi khas yang ada di BlankOn dapat diinstal di Debian. BlankOn juga dapat diinstal di atas sistem Debian yang sudah ada.
  4. T: Apakah BlankOn hanya distro remaster dari Debian?
    J: Tidak, BlankOn adalah distro turunan Debian, bukan remastering, karena punya paket dan repositori sendiri.
  5. T: Apakah BlankOn gratis?
    J: Ya. BlankOn bisa Anda unduh dan gunakan secara gratis, tetapi tidak tertutup kemungkinan bagi Anda jika ingin memberikan donasi pada pengemb angan BlankOn.
  6. T: Di mana saya bisa mendapatkan BlankOn?
    J: Anda bisa mengunduhnya di blankonlinux.or.id
  7. T: Apakah lisensi BlankOn?
    J: BlankOn di bawah lisensi GPL.

Bagaimana Berkontribusi

BlankOn selalu terbuka menerima kontribusi dari Anda. Hanya 3 syarat yang diperlukan untuk menjadi pengembang BlankOn :

  1. Akses internet
  2. Kemauan yang kuat
  3. Kekonsistenan yang mantap

Jika Anda berminat menjadi Tim Pengembang BlankOn, silakan daftarkan diri Anda pada milis Pengembang BlankOn sekaligus memperkenalkan diri. Adapun panduan memulai berkontribusi pada proyek BlankOn, dapat Anda baca panduan berikut ini Memulai Berpartisipasi.

Tentang Wiki BlankOn

Wiki BlankOn ini adalah wadah pengembangan BlankOn, digunakan untuk koordinasi dan mencatat pekerjaan-pekerjaan kolaborasi, dokumentasi pengembangan dan segala hal yang terkait proyek BlankOn. Wiki ini dikelola secara bersama-sama oleh tim-tim pengembang dan disupervisi oleh Tim Dokumentasi. Jika ingin menyunting halaman wiki ini, silakan menuju ke sini.

Konten ini adalah sumber terbuka.
Edit.

Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk, dan oleh anak negeri